Penyebab Dempul Mobil Retak yang Harus Anda Ketahui - Suryadidik.com


Penyebab dempul mobil retak - Pendempulan bodi mobil merupakan serangkain proses yang dikerjakan saat melakukan body repair atau perbaikan bodi mobil yang penyok sebelum ke tahap pengecatan.

Proses pendempulan ini merupakan jalan satu-satunya untuk meratakan dan memuluskan body mobil yang lacet ataupun habis dipakai tabrakan.

Memang jika bodi mobil yang penyok tidak akan terlihat bila sudah didempul tapi jika bodi mobil sudah pernah di dempul pastinya akan mengurangi harga jual mobil tersebut.


Selain mengurangi harga jual jika proses pendempulan dilakukan dengan asal-asalan sudah dipastikan dempul tersebut tidak akan bertahan lama atau mudah mengelupas dan mudah retak.

Penyebab dempul mobil retak sebenarnya terjadi karena beberapa faktor baik itu faktor manusia ataupun karna faktor alam. Nah agar anda tidak semakin penasaran berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan dempul mobil mudah retak.  

Anda juga bisa membaca 5 penyebab mobil keluar asap dari kap mesin

  • Penyebab yang pertama adalah Faktor Manusia 
Mengapa faktor manusia ?

Ini biasanya terjadi karena proses pendempulan permukaan bodi mobil yang akan didempul tidak diamplas dengan bersih sehingga jika didempul maka dempul tersebut akan mudah retak dan mengelupas.

Alangkah baiknya lakukan pengamplasan sebersih mungkin hingga jamur dan kotoran menghilang. Jika ada noda karat yang menempel anda bisa mengamplasnya dengan mesin grinda. Setelah bersih baru anda bisa melakukan proses pendempulan.
  • Kualitas Dempul
Selain karna faktor manusia penyebab dempul mobil retak selanjutnya adalah kualitas dempul yang digunakan. Jika dempul berkualitas baik digunakan, maka dempul akan menempel dengan kuat sehingga dempul tidak mudah retak dan mengelupas.

Selain menempel dengan kuat dempul yang berkualitas baik meskipun pendempulan dilakukan cukup tebal, jika bodi mobil diketuk-ketuk akan terasa ringan sehingga mobil tidak kelihatan jika pernah di dempul.

Salah satu merk dempul mobil yang bagus adalah dempul body light dan dempul autoglow. Kedua merk dempul tersebut berwarna putih jika dempul tersebut dicelupkan ke air maka akan mengambang karna kedua dempul tersebut sangat rinagn sekali.

Memang kedua harga dempul tersebut lebih mahal bahkan harganya 3 kali lipat dengan dempul biasa atau dempul yang berwarna hijau. Kalau dihitung-hitung ya sepadan lah dengan harga dan kualitas dempul tersebut.
  •  Faktor Cuaca
Penyebab dempul mobil retak yang ke tiga adalah karna faktor cuaca.

Kok bisa ??

Hal ini bisa terjadi karena bodi mobil terlau sering terkena panas matahari langsung secara terus menerusb sehingga dempul mobil akan mudah retak dan mengelupas. Alangkah baiknya jika mobil tidak anda bisa memarkirkanya ditempat yang teduh. Selain bisa membuat dempul cepat rusak panas matahari juga akan membuat cat mobil cepat pudar kusam.

Anda juga bisa membaca cara mudah mendempul body mobil yang keropos

Penyebab dempul mobil retak yang terakhir adalah terlalu seringnya bodi mobil terkena embun  pada malam hari.

Kita semua pasti sudah tahu bahwa embun di malam hari memiliki zat asam tinggi sehingga bisa mempercepat semua logam dan besi berkarat. Hal inilah yang bisa membuat dempul dan cat mobil cepat retak bahkan jika dibiarkan terus menerus maka jangka panjang bodu mobil anda akan kropos.

Alangkah baiknya jika tidak memiliki garasi anda bisa menutupi bodi mobil menggunakan sarung bodi sehingga mobil anda terhindar dari embun ataupun hujan saat malam hari.

Untuk cara mengatasi dempul yang retak adalah dengan melakukan proses pendempulan ulang. Jika retakan dibiarkan secara terus menerus maka air akan merembes ke dalam dempul sehingga bisa membuat bodi mobil anda cepat kropos.

Demikian lah sedikit tips dari kami tentang Penyebab dempul mobil retak semoga tips diatas bisa membantu anda untuk memperbaiki cat mobil yang retak.

NB : Jika anda berminat anda bila melakukan proses pendempulan dan pengecatan bodi mobil yang beralamat di Ds Dengkek Kec. pati Kab. pati Jawa Tengah WA/Tlp 085640379019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel