Mobil Anda Penyok ?? Berikut cara mudah mendempulnya


Cara dempul mobil penyok - Pada dasarnya semua otomania pasti menginginkan body mobilnya selalu terlihat mulus dan kinclong namun semua hal bisa terjadi kapan pun dan dimana pun tanpa sepengetahuan kita salah satunya adalah bodi mobil penyok.


Penyok sendiri terdiri dari 2 macam yaitu penyok ringan dan penyok dalam. Banyak hal yang dapat menyebabkan mobil anda penyok seperti terbentur sesuatu, kurang hati-hati saat parkir, tertimpa benda dari atas, tabrakan dengan mobil lain dan masih banyak lainya.

Bodi mobil merupakan tampilan yang akan memperlihatkan kesan ke indahan dan ke eleganan ketika anda mengendarainya. Tentunya jika kondisi body mobil rusak akan membuat tambilan mobil anda kurang menarik lagi bahkan bisa minder saat menggunakanya.

Perlu anda ketahui permukaan body mobil yang penyok sebenarnya dapat anda atasi sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel. Karna tak sedikit biaya yang harus anda keluarkan untuk membayar jasa bengkel. Belum lagi kita harus antri berjam-jam bahkan berhari-hari agar bodi mobil kembali mulus seperti awalnya. Jika sudah terjadi hal semacam itu tentunya pasti kita yang akan rugi.

Namun tenang, anda padat memperbaiki bodi mobil anda yang penyok sendiri dirumah tanpa harus membawanya ke bengkel body reapir . Nah berikut ini adalah beberapa solusi cara memperbaiki body mobil yang penyok.

Jika penyok pada bodi mobil anda tergolong ringan anda bisa langsung melakukan proses pendempulan. Beriku cara dempul mobil penyok :

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah proses pengamplasan. Lakukan pengamplasam pada sekitar area bodi mobil yang penyok lakukan pengamplasan hingga jamur dan kotoran yang menempel hilang. Untuk pengamplasan anda bisa menggunakan amplas halus nomor 360/600.

Semakin bersih amplasan anda maka dempul akan semakin menguap begitu sebaliknya jika tidak diamplas terlebih dahulu maka dempul akan cepat mengelupas.

Baca juga cara dempul bodi mobil yang keropos

Langkah ke dua adalah proses pendempulan. Ingat proses pendempulan tidak bisa sekali jadi butuh kesabaran dan ketelatenan.

Lakukan pendempulan secara tips-tipis terlebih dahulu kemudian setalah dempul kering ulangi kembali pendempulan. Agar hasil pendempulan tidak bergelombang, lakukan pendempulan dari sisi kanan kemudian ulangi dari sisi kiri. Jika masih belum rata ulangi lagi pendempulan dengan menarik dempul dari sisi atas ke bawah atau dari bawah ke atas.

Setelah bodi yang penyok tertutup rata oleh dempul, lakukan proses pengamplasan dengan amplas air agak kasar nomor 240 kemudian ulangi kembali pengamplasan dengan amplas halus nomor 360/600. Agar hasil pengamplasan tidak bergelombang andai bisa menggunakan alas kayu saat proses pengamplasan.  Setelah dempul halus dan rata anda bisa langsung melakukan proses epoxy dan pengecatan.

Perlu anda ketahui, cara dempul mobil penyok hanya bisa anda lakukan jika penyok tersebut tergolong ringan atau tidak terlalu dalam. Jika penyok tersebut tergolong dalam dan lansung anda lakukan proses pendempulan maka dempul tersebut akan cepat mengelupas. Karna sifat dempul jika digunakan terlalu tepas maka akan cepat mengelupas dan retak.

Jika penyok tersebut termasuk penyok dalam maka anda harus memperbaikinya terlebih dahulu.

Caranya ??

Caranya sendiri sangatlah mudah dan sederhana. Anda cukup menyiapkan peralatan seperti :
  • Linggis kecil
  • Palu kecil
  • Balok kayu
  • Dan air panas (harus air yang mendidih)
Jika yang penyok bagian samping, atau pada bagian pintu maka cara mengatasinya adalah dengan membuka dinding pintu(door trim) dengan cara membuka kedua baut yang berada pada bawah dinding pintu. Setelah baut terlepas, lepaskan juga clip yang menempel pada pintu dengan cara mencongkel door trim tersebut dengan obeng agar cat tidak lecet, anda bisa melapisi obeng tersebut dengan kain atau busa. Lepaskan juga kabel-kabel penghubung power windwo.

Bila pintu mobil anda masih original pabrik maka setelah door trim dibuka maka akan ada lapisan plastik yang membungkus pintu anda. Kemudian lepas plastik yang masih membungkus dinding pintu anda dan cara pada titik mana yang mengalami penyok.

Jika sudah ketemu maka anda bisa mendorong dengan kuat dengan tangan pada bagian yang penyok tersebut dengan tangan. Biasanya sih kalau mobil baru seperti agya, ayla, brio, avanza, xenia, calya  atau istilahnya mobil krupuk akan mudah dikembalikan saat penyok tersebut didorong.

Baca juga Cara mudah menghilangkan bekas lem alteco lem G pada body mobil

Anda bisa menggunakan linggis kecil jika penyok tersebut tidak bisa di dorong dengan tangan atau bagian penyok berada dibagian sudut yang sulit dijangkau tangan.

Setalah anda dorong keluar kemudian gunakan palu kecil untuk meratakan bagian yang penyok tadi dengan cara memukulnya secara pelan-pelan dari luar. Untuk mempermudah tahap ini anda bisa memasukan kayu pada pintu bagian dalam. Kayu disini bertujuan sebagai tatakan saat kita meratakan dengan palu.

Untuk mengetahui mengetahui penyok tersebut sudah kembali rata atau belum, anda bisa merabanya dengan tangan jika masih ada yang belum rata anda bisa memukulnya kembali secara pelan-pelan dengan palu.

Kemudian lakukan proses pendempulan untuk meratakan dan menghaluskan bekas pukulan palu tadi. Berikut adalah cara dempul mobil penyok pada lambung pintu :

Lakukan pengamplasan hingga bersih pada bekas penyok tadi semakin bersih anda melakukan pengamplasan maka dempul tidak akan cepat mengelupas.

Ambil dempul secukupnya kemudian oleskan secara tipis-tipis hingga pukulan bekas palu tadi hilang. Lakukan proses pendempulan hingga penyok kembali rata dan halus.

Jika area pendempulan agak luas anda bisa menggunakan alat bantu jidar. Cara penggunaanya pun cukuplah mudah yaitu dengan mengoleskan dempul pada permukaan plat kemudian anda bisa menarik dempul tersebut dengan jidar. Cara menggunakan jidar sama halnya dengan cara memplester tembok rumah.

Terus kalau bagian dumper yang penyok gimana dempulnya ??

Cara mendempul dempul dumper yang penyok sama halnya dengan cara mendempul mobil lainya. Namun, terlebih dahulu anda harus memperbaiki dumper tersebut.

Berikut adalah cara mendempul demper mobil yang penyok :

Lepas demper tersebut dengan cara membuka baut yang terletak pada bagian samping kanan kiri diatas ban, atas dan bawah dumper terkadang baut juga terletak pada bagian dalam plat nomor. banyak amat ya ternyata bautnya😂😣 Jangan lupa lepas kabel-kabel yang menempel ya..

Perlu anda ingat, berhati-hatilah saat menggunaka dumper agar catokan dumper yang menempel pada bodi dan dumper tidak patah. Bila catokan ini patah maka demper mobil anda akan renggang.

Agar dumper tidak lecet dan tergores letakan dumper ditempat yang aman atau anda bisa menggunakan kardus bekas untuk meletakn dumper.

Langkah selanjutnya cara memperbaiki demper mobil yang penyok adalah dengan menyiramnya dengan air panas. Mengapa harus dengan air panas ?? karna jika bahan plastik jika disiram dengan air yang panas akan lentur. Masih ingat kan pelajaran fisika waktu smp😄😄

Anda bisa masak air sampai mendidih, kemudian siram bagian dumper yang penyok tersebut. proses penyiraman air panas harus dilakukan dari dalm dumper.

Baca juga cara mudah menghilangkan noda kuning pada lampu mobil 

Setelah tersiram air panas kemudian dorong bagian yang penyok tersebut menggunakan balok kayu. Dorong hingga penyok tersebut kembali seperti semula. Semakin panas air yang anda gunakan maka akan semakin mudah anda melakukan proses ini.

Biasanya jika dumper mobil masih original atau belum pernah di dempul maka dumper akan kembali seperti semula tanpa harus melakukan pendempulan atau pengecatan ulang.

Dan jika dumper pernah di dempul maka dempul tersebut akan pecah atau mengelupas sehingga anda harus melakukan pendempulan dan pengecatan ulang.

Untuk proses pendempulan demper juga sama dengan cara mendempul bodi mobil yang penyok. Amplas bekas penyok tadi hingga bersih dengan menggunakan amplas nomor 120 kemudian lakukan pendempulan secara tipis-tipis hinnga dumper rata seperti semula. Bila pendempulan dilakukan pada bagian yang melengkung anda bisa menggunakan sandal jepit bekas.

Mengapa menggunakan sandal bekas ? karan sandal terbuat dari kain sehingga akan lentur jika anda gunakan untuk mendempul pada bagian lekukan-lekukan.

Untuk memudahkan mendempul dengan sendal bekas, anda bisa memotong agak kecil sendal tersebut sehingga mudah anda gunakan.

Demikianlah ulasan tentang cara dempul mobil penyok semoga bisa membantu anda untuk belajar mendempul dan semoga sukses selalu. Selamat mencoba

NB : Jika anda sibuk dan tidak bisa mendempul sendiri, anda bisa melakukan proses pendempulan dan pengecatan di bengkel kami yang beralamat di KOTA PATI JAWA TENGAH. WA/TLp 085640379019
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel