Cara 6 Sederhana Bikin Vleg Mobil Mengkilap Tanpa Harus Ke Bengkel


Cara mengkilapkan velg mobil aluminium - Vleg pada mobil merupakan salah satu target jika kita memiliki hoby modifikasi mobil, karena vleg bari bawaan pabrik umunya hanya berbentuk biasa saja dan kurang menarik dipandang.

Sehingga jika kita ingin mengati velg kaleng dengan vleg racing kita harus merogoh kantong yang cukup dalam untuk mendapatkan model vleg yang kita inginkan. Model, bahan dan ukuran vleg pun sangat lah bervariasi dipasaran. Anda dapat memilih jenis velg standar, model velg clasic, velg celong atau bahkan sampai model velg mobil racing.

Namun dari berbagai jenis model dan jenis velg mobil tersebut memerlukan perawatan yang cukup ektra agar velg tersebut tetap terlihat kinclong seperti baru. vleg mobil yang kotor dan kusam tentunya akan kurang sedap dipandang mata. Padahal usia velg mobil anda masih tergolong baru tetapi terlihat kuning dan kusam. Jika sudah terjadi hal semacam ini pastinya akan membuat anda jengkel bila noda yang menempel pada velg mobil anda susah dibersihkan.


Penyebab timbulnya noda pada velg yang membandel dan sulit untuk dihilangkan tersebut tentunya terjadi karena bermacam-macam faktor seperti :
  • Akibat perubahan cuaca yang tidak menentu dari terkena air hujan hingga panas matahari
  • Akibat terkena air yang mengandung garam
  • Akibat kotoran yang tidak segera dibersihkan sehingga akan mengendap dan menimbulkan karat dan jamur
  • Dan yang terakhir adalah minimnya perawatan
Lantas bagaimana cara mengkilapkan velg aluminium tersebut ??

Anda tak perlu khawatir dan tidak usah terburu-buru membawanya ke bengkel, berikut kami mempunyai beberapa tips sederhana tentang cara mengkilapkan velg mobil aluminium yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. Cara dibawah ini juga bisa anda gunakan untuk berbagai jenis dan model velg.

Vleg mobil berbahan chrome atau berlapis chrome memang sangat menarik, karena velg ini terlihat mengkilap dan terlihat lebih elegan. Namun velg mobil jenis chrome ini sangat rentan kusam dan berkarat sehingga anda harus telaten merawatnya .

Berikut adalah beberapa bahan sederhana untuk mengbersihkan karat dan jamur pada velg mobil jenis chrome.
1. Gunakan Aluminium Foil
Selain untuk bungkus rokok dan untuk memanggang roti, aluminium foil ternyata juga dapat membantu untuk membersihkan bahan chorme dari karat. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Pertama, cuci velg terlebih dahulu dengan air dan sabun cuci mobil, jika dirasa ada noda yang masih menempel anda dapat menaburkan sdekit cuka atau air garam. 
  • Kemudian gosokkan alumunium foil pada pada permukaan vleg dengan gerakan maju mundur secara perlahan. Saat penggosokan pada noda karat berilah sedikit tekanan agar karat tersebut menghilang. Tak lupa basahi alumunium foil tersebut menggunakan air bersih dan sabun.
  • Jika dirasa karat sudah menghilang dari velg, cuci kembali velg tersebut menggunakan air bersih dan sabun. 
  • Keringkan permukaan velg dengan kain yang bersih dan kering karena jika velg masih basah maka akan menimbulkan karat kembali.
2. Gunakan Pasta Gigi

Selain untuk menghilangkan goresan pada body mobil, kandungan yang terdapat pada pasta gigi juga dapat menghilangkan kerak pada velg yang berbahan aluminium dan chrome, anda cukup mengikuti beberapa langkah dibawah ini :
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencuci permukaan velg yang berkarat dengan air bersih dan sabun, lalu keringkan permukaan velg dengan kain kanebo.
  • Siapkan pasta gigi yang berwarna putih, kemudian oleskan secara merata pada permukaan velg yang berkarat . Tunggu beberapa saat hingga pasta gigi setengah mengering.
  • Kemudian gosok menggunakan lap yang bersih dan halus sampai bersih dan lihatlah aslisnya.
  • Jika diperlukan ulangi beberapa langkah diatas hingga karat benar-benar menghilang.
3. Gunakan Tepung Beras atau Bedak

Sejak dari dulu kedua bahan ini memang banyak digunakan untuk mengkilapkan velg chrome dan alumunium yang sudah kusam dan mengguning. Caranya pun sangatlah mudah dan sederhana sekali, berikut penjelasanya
  • Siapkan bedak atau tepung secukupnya dan kain yang bersih dan halus.
  • Bersihkan velg hingga partikle debu yang menempel menghilang, alangkah baiknya anda bisa mencucinya dengan sabun.
  • Kemudian segera keringkan dengan kanebo hingga dipastikan tidak ada sisi-sisa air yang masih menempel terutama apada bagian yang menguning dan kusam.
  • Oleskan bedak atau tepung secukupnya pada area velg yang kusam dan mengkuning secara merata, kemudian gosoksecara berulang menggunakan kain yang bersih dan halus dan lihatlah hasilnya velg anda akan mengkilap seperti baru.
  • Anda bisa mengulangi beberapa langkah-langkah diatas seminggu sekali(jika diperlukan) agar velg mobil anda selalu mengkilap dan kinclong.
4. Gunakan Kompon Putih

Selain digunakan untuk mempoles body mobil kompon juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda kusam dan kuning pada velg mobil anda, ngak percaya ?? coba saja tips dibawah ini dijamin noda kusam pada velg anda menghilang 
  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membersihkan velg terlebih dahulu agar semua debu dan kotoran yang menempel menghilang
  • Kemudian oleskan secara merata pada area velg yang terdapat noda kuning dan kusam
  • Gosok berulangkali hingga jamur dan noda kuning menghilang
  • Jika kain yang digunakan sudah kotor segeralah ganti dengan kain yang baru
  • Lakukan tahap ini berulangkali hingga velg chrome anda mengilap
5. Gunakan Minuman Bersoda

Seperti sudah kita ketahui, minuman bersoda memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga bisa untuk merontokkan karat pada velg mobil anda. Berikut tips yang bisa anda ikuti
  • Cucilah permukaan velg hingga bersih tak lupa juga untuk menambahkan sedikit sabun untuk menghilangkan noda yng menempel, setelah bersih lap menggunakan kain kanebo. 
  • langkah ke 2 tuangkan minuman bersoda merk apapun ke permukaan velg yang berkarat dan diamkan selama 20 menit
  • Kemudian gosok menggunakan busa atau spon cuci piring yang halus secara perlahan hingga karat yang menperl rontok.
  • Yang terakhir bilas dengan air kemudian keringkan. 
6. Gunakan Amplas waterproof(amplas air)

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengkilapkan velg mobil aslumunium anda adalah dengan melakukan pengamplasan. Apa ngak jadi lecet tu velg ? tenang, disini amplass syang digunakan adsalah amplass syang paling halus jasdi tidak akan melukain permukaan velg mobil anda. Berikut toritorialnya :
  • Siapkan selembar amplas waterproof nomor 1000, menggaspa harus nomor 1000 ? karena amplas nomor 1000 merupakan amplas yang paling halus sehingga jika digunakan tidak membuat lecet baret pada velg mobil anda.
  • Ampas permukaan velg yang kusam dan siram dengan air untuk membantu melicinkan saat anda menggosok atau mengaplas velg tersebut. Anda juga bisa mengoleskan sabun colek untuk membantu menghilangkan noda kuning dan kusam pada velg.
  • Lakukan prosess pengamplasan hingga noda kuning dan kusam menghilang, setelah menghilang segera keringkan dengan kanebo.
  • Agar hasilnya lebih maksimal anda bisa mengoleskan obat pengkilap dan lihat lah velg mobil anda yang awalnya kusam sekarang kinclong seperti baru
Agar velg mobil anda selalu terlihat mengkilap seperti baru, anda bisa mengikuti beberapa cara merawat velg mobil agar lebih awet dan tidak mudah kusam.
  1. Air hujan dan genangan banjir akan membuat velg anda mudah kusam,mengguning bahkan kropos. Sehingga bersihkanlah segera mobil anda setelah kehujanan dan melewati jalanan yang banjir, karen air banjir sangatlah kotor dan jangan biarkan sampai mengering. Segera bersihkan velg menggunkan air sabun hingga bersih kemudian keringkan menggunakan kanebi atau lap kering.
  2. Noda yang membandel memanglah sangat menjengkelkan, namun jangan menghilangkanya menggunakan bensin. Mengapa demikian? sebab senyawa yang terkandung dalam bensin jika digunakan secara terus menerus malah akan membuat velg mobil anda cepat kusam dan berkarat. Untuk menghindarinya gunakan cairan khusus untuk membersihkan lapisan velg yang dijual dipasaran.
  3. Saat pencucian velg mobil, gunakan lah kain atau spon yang halus dan hindari penggunaan sikat yang kasar untuk menjaga veleg racing anda tidak tergores dan satuhal lagi segera keringkan velg saat selesai mencucinya.
  4. Dan yang terakhir sebagai pelindung dari kotoran dan debu, lakukan prosess wax untuk melapissi permukaan velg anda yang bertujuan untuk memudahkan anda saat membersihkan velg tersebut. Anda bisa menggunkan produl kit atau turtell wax untuk melapisi permukaan velg anda.
Beberapa cara membersihkan dan merawat velg mobil diatas bisa anda jadikan referensi untuk mengatasi masalah pada velg mobil anda. Selain bisa mengkilapkan velg mobil, beberapa cara diatas juga bisa menghemat anggaran anda untuk membeli velg yang baru.

Semoga artikel diatas tentang cara mengkilapkan velg mobil alumunium dapat bermanfaat untuk anda semua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel