Cara Mengecat Sasis Mobil Agar Awet & Tidak Mudah Berkarat


Cara mengecat sasis mobil - Jika diibaratkan sasis seperti kaki kita mengapa demikian? Karena fungsi sasis adalah sebagai tumpuan atau sebagai kekuatan utama mobil tersebut. Jika sasis mobil kita kropos dan berkarat tentunya hal tersebut akan mengurangi kekuatan mobil tersebut tertama saat mengangkut banyak penumpang atau barang.

Pemberian pelapis cat anti karat merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi agar tidak mudah berkarat. Memang, sasis mobil terbuat dari plat yang cukup tebal namun tidak menutup kemungkinan akan cepat berkarat. Yahh namanya juga besi apalagi jika sering terkena air hujan dan air laut jadi cepat-cepat kropos dah tu sasis.

image by kumparan.com

Memang, pihak pabrik sebelum memasarkan mobil tersebut sudah melapisi cat anti karat pada sasis, kolong-kolong dan juga pada lantai mobil. Seiring dengan berjalanya waktu dan mobil sering digunakan maka lapisan anti karat tersebut lama kelamaan akan menghilang(mengelupas). Sehingga jika kita tidak melakukan pengecatan ulang maka sasis mobil anda akan cepat berkarat.

Sebenarnya cara mengecat sasis mobil sama halnya dengan melakukan pengecatan pada bodi namun, bahan atau cat yang kita gunakan akan berbeda.

Penasaran bagaimana caranya ??

Berikut ini kami tips cara mengecat sasis mobil agar awet dan tidak mudah terkelupas. Tips ini sudah kami praktekan bertahun dikami dan banyak konsumen yang merasa puas karna cat pelapis anti karat tersebut awet. Berikut penjelasanya

Sebelum melakukan pengecatan anda harus mencuci sasis tersebut dengan sabun atau detergen hingga kotoran dan bekas oli yang menempel benar-benar hilang. Anda bisa menyemprotkan air yang bertekanan tinggi agar kotoran yang menumpuk pada kolong mobil menghilang.

Jika tidak memiliki alat untuk mencuci mobil anda bisa mencuci mobil tersebut ke cucian mobil yang memiliki mesin hidrolis.

Lebih bagusnya lagi anda bisa mencucinya dengan air hangat/panas agar sisa-sia solar atau bensin dan oli yang menumpuk pada sasis mobil anda benar-benar hilang. Ngak usah binggung untuk mencarai tempat cuci mobil dengan air panas karna sekarang sudah banyak yang menyediakan jasa cuci sasis mobil dengan air panas.

Setelah dipastikan sasis bersih dari kotoran dan oli anda bisa langsung melakukan pengecatan pada sasis mobil tersebut.

Alangkah biaknya cat yang anda gunakan merupakan cat yang mengandung pelapis antikarat. Salah satu cat yang mengandung pelapis anti karat adalah cat hammertone.

Cat hammertone sendiri memiliki beberapa varian warna namun, untuk mengecat sasis mobil anda bisa menggunakan warna hitam. Untuk satu mobil sendiri menghabiskan satu kilo cat pelapis anti karat.

Cara mengecat sasis mobil selanjutnya adalah dengan melarutkan cat hammerton dengan satu liter 2 tiner. Jika tidak memiliki tiner anda bisa melarutkanya dengan bensin namun, bila anda menggunakan bensin maka cat tersebut akan lama mengering butuh waktu satu hari agar cat tersebut mengering.

baca juga cara mendempul mobil yang penyok

Lakukan pengecatan pada seluruh bagian luar dan dalam sasis secara merata. Agar memundahkan proses pengecatan anda bisa melepas ke 4 ban mobil tersebut supaya kolong bagian dalam selebor dapat terkena cat. cat juga bagian bawah lantai mobil anda agar tidak mudah kropos.

Agar cat sasis mobil anda agak tebal dan awet lakukan pengecatan hingga 2 sampai 3 lapis.

Karena sifat cat hammertone lengket seperti plingkut sebelum kering, maka gunakanlah masker, topi(penutup kepala) dan gunakan pakaian yang agak panjang agar tubuh anda tidak mengenai percikan cat. Dan jika cat antikarat terkena body mobil, anda bisa menghilangkanya dengan kompon setelah kerinng.

Kalau tidak punya komprosor cara ngecatnya gimana ??

Tenang, karena letak sasis dibawah kolong mobil(tidak terlihat) anda masih bisa melakukan pengecatan menggunakan kuas cat tembok.

Cara mengecat sasis mobil dengan kuas juga sama halnya dengan menggunakan kompresor. Namun, butuh kesabaran karena mengecat dengan kuas agak sedikit lama. Lakukan pengecatan hingga tiga lapis agar cat bisa menutup.

Saat mengecat dengan kuas buatlah adonan cat yang agak kental agar cat cepat nutup. Anda juga bisa mengoleskan cat hammertone pada pintu bagian dalam dengan cara membuka dinding pintu(door trim).

Selain menggunakan cat hammertone anda juga bisa menggunakan penta flingkut untuk melindungi sasis mobil anda dari karat. Flingkut sendiri memiliki 2 pilihan yaitu flingkut semprot dan flingkut kuas. Namun, jika menginginkan hasil catnya bagus, anda bisa menggunakan flingkut yang semprot.


Flingkut semprot sendiri bentunya seperti cat pylox sehingga kita tidak usah repot-repot menyampurnya dengan thiner tinggal kocok-kocok kemudian kita semprot dah tu sasis dan kolong mobil,

Demikianlah usalan seputar cara mengecat sasis mobil, semoga bermanfaat untuk anda semua.  Jika anda masih binggung seputar dunia pengecatan anda bisa bertanya dibawah kolom komentar. Janganlah sumkan untuk bertanya. Selamat mencoba๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel