Cara Mendempul Body Motor Yang Patah Tanpa Harus Ke bengkel


Cara mendempul body motor yg patah - Kendaraan roda dua saat ini memang banyak sekali diminati oleh semua kalangan masyarakat. Selain harganya cukup terjangkau kendaraan bermotor sangat bisa diandalkan disaat jalanan yang macet seperti di ibukota. Bahkan saat ini untuk satu rumah memiliki lebih dari 2 motor.

Seiring dengan berjalanya waktu jika kita kurang melakukan perawatan maka motor tersebut akan menuai masalah. Selain pada mesin, masalah motor juga terjadi pada body motor. Ya body motor yang terbuat dari fiber atau plastik jika kita tidak berhati-hati saat mengendarai motor maka dek motor tersebut rawan pecah.

Salah satu faktor penyebab body motor yg patah atau pecah ini disebabkan beberapa faktor baik disengaja maupun tidak disengaja seperti terkena benturan benda keras saat berbelok, atau habis dipakai kecelakaan.

Tentunya body motor yg patah akan mengurangi penampilan motor anda apalagi motor tersebut masih tergolong baru. Nah jika pernah mengalami hal semacam ini pastinya anda berfikir bagaimana cara memperbaiki body motor yg patah agar kembali seperti semula. Lantas bagaimana cara memperbaiki body motor yang pecah dan retak tersebut ?

Baca juga cara mudah menghilangkan baret pada speedometer motor

Pendempulan, yaa pendempulan merupakan jalan utama untuk memperbaiki body motor anda yang patah atau pecah tersebut. Jika anda tidak bisa mendempul, kami akan menulis tips bagaimana cara mendempul body motor yg baik dan benar. Berikut penjelasanya

Sebelum anda mendempul body motor yg pecah, terlebih dahulu anda harus menyatukan bagian yang patah tersebut dengan cara menjahitnya.

Sebelum anda menjahit body motor yang patah, terlebih dahulu anda harus menyiapkan peralatan seperti :
  • Kawat kecil(kawat bendrat)
  • Solder
  • Lem alteco lem G dan
  • Tang penjepit
Setelah semua peralatan lengkap, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan melubangi pada setiap sisi dek motor yang patah atau pecah. Setelah semua sisi terlubangi, masukan kawat satu persatu pada lubang tersebut kemudian tarik kawat tersebut dengan kuat. Gunakan tang penjepit untuk menarik kawat, kemudian ikat dengan kuat. Perlu anda ingat, agar kawat tidak mudah putus karena berkarat, gunakanlah kawat bendart yang berbahan tembaga atau kawat  berbahan stenlistil.

Agar ikatan tidak terlihat, anda bisa mengikat kawat pada bagian dalam dek motor. Untuk memperkuat jahitan, teteskan lem alteco pada setiap jahitan tersebut dan taburkan sedikit semen ataupun kopi bubuk kemudian teteskan kembali lem diatas bubuk semen tersebut.

Sebenarnya cara menjahit dek motor yang patah sama halnya dengan menjahit pakain yang robek, sehingga pasti anda bisa melakukanya sendiri dirumah.


Setalah bagian yang patah sudah tersambung dengan kuat, anda bisa mendempul body motor yg patah tersebut.

Seperti biasanya sebelum anda melakukan proses mendempul, siapkan terlebih dahulu peralatan seperti dempul, ampas nomor 240, kape dempul dan jidar(jika diperlukan). Jika hanya memerlukan dempul sedikit anda bisa membeli dempul ukuran 250gram atau 1/4 dengan harga kisaran Rp 25.000.
 
Setelah semua peralatan lengkap, langkah pertama cara mendempul body motor yg patah adalah proses pengamplasan. Ya pengamplasan adalah cara untuk menghilangkan partikel debu, jamur dan kotoran yang menempel dan pastikan tidak ada bekas minyak atau oli yang menempel. Intinya semakin bersih anda melakukan pengamplasan maka dempul akan semakin kuat menempel atau tahan lama.

Setelah pengamplasan selesai jangan lupa untuk membersihkan debu-bebu bekas amplasan dengan lap yang bersih dan proses pendepulan bisa kita mulai.

Buatlah adonan dempul(dempul dan hardenner) secukupnya, kemudian oleskan dempul pada dek yang patah tadi(bekas jahitan) menggunakan kape dempul. Ingat proses pendempulan tidak bisa dilakukan hanya sekali jadi. Tunggu dempul setengah menggering kemudian oleskan dempul kembali begitu seterusnya hingga mendapatkan hasil pendempulan yang halus, rata dan kawat bekas jahitan tadi tidak terlihat.

Pada bagian lekukan seperti spakbor depan jika sulit didempul dengan kape dempul, anda bisa menggunakan kartu domino untuk melakukan proses mendempul. Mengapa harus dengan kartu domino ? karena kartu domino mudah dibekuk sesuai keinginan sehingga mempermudah anda untuk mendempul pada bagian lekukan.

Untuk proses mengaplas dempul dapat anda lakukan setelah dempul mengering keras atau sekitar 60 menit.

Itulah tadi sedikit tips tentang cara mendempul body motor yg patah, Semoga bermanfaat dan semoga bisa membantu masalah anda semua. Jika masih binggung dan ada pertanyaan anda bisa bertanya dikolom komentar dibawah artikel ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel