jangan salah.!! Berikut Cara Yang Benar Menggunakan Dempul Isamu


Cara menggunakan dempul isamu - Dalam dunia body repair atau karoseri dempul merupakan salah satu bahan yang cukup penting. Dempul sendiri dipergunakan untuk meratakan bagian body atau bagian plat yang tidak rata atau juga pada sambungan plat.

Tak hanya dipergunakan untuk mendempul mobil, dempul juga bisa digunakan untuk mendempul motor misal mendempul tangki motor yang penyok dan juga bisa digunakan untuk mendempul motor vespa.


Merk dempul dipasaran sendiri sangatlah bermacam-macam mulai dari bodylight, autoglow, autoclass, osangloss, sanpolac, isamu dll. harganya pun bervariasi tergantung ukuran dan kualitas dempul tersebut. Salah satu merk dempul yang sering dipergunakan bengkel karoseri ataupun bengkel pinggir jalan adalah dempul isamu.

Ya dempul isamu merupakan salah satu dempul plastik atau biasa disebut polyester putty. Dempul isamu sendiri memiliki beberapa varian ukuran mulai 1 kg dan 1/4 atau 250 gram. Untuk harganya sendiri dempul isamu yang ukuran 1kg Rp 50.000 dan untuk ukuran 1/2 seharga Rp 20.000 itu harga  ditempat kami lo..

Sehingga jika anda memerlukan dempul sedikit anda bisa membeli dempul yang berukuran 1/4 atau 250 gram. Cara menggunakan dempul isamu ini sangatlah mudah dan jika anda masih pemula akan mudah anda belajari.

Berikut adalah beberpa cara menggunakan dempul isamu yang benar :

Sebelum anda melakukan tahap pendempulan, terlebih dahulu anda harus membersihkan media yang ingin anda dempul. Bersihkan dengan proses pengamplasan menggunakan amplas yang sedikit kasar nomor 240, ampas hingga partikel debu dan kotoran yang menempel menghilang dan pastikan juga tidak ada bekas oli ataupun bekas minyak(solar) yang menempel.

Jika ada bagian plat yang berkarat anda bisa menggunakan amplas gerinda untuk menghilangkan noda karat tersebut. Intinya, semakin bersih media yang akan anda dempul maka dempul akan semakin kuat menempel atau tidak mudah mengelupas.

Sebelum anda menggunakan dempul isamu, terlebih dahulu anda harus mengaduknya hingga dempul dan minyak dempul menyatu. Terkadang jika dempul stok lama baru dijual maka minyak dempul tidak menyadu dengan dempul sehingga perlu diaduk kembali.

Kemudian ambil sedikit dempul menggunakan kape dempul dan jangan lupa untuk mengambil sedikit hardenner dengan perbandingan 10:1 aduk hingga dempul dan hardenner menyatu. Intinya semakain banyak mencampurkan hardenner(resin) maka dempul akan semakin cepat mengering. Jika anda masih pemula anda bisa mengaduk dempul diatas papan kayu atau alas lainya.

Pengalaman pribadi waktu ane belajar ngaduk dempul pake kape, dempulnya malah pada terbang kesana kemari alias pada jatuh ke tanah๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Jika dempul dan hardenner sudah menyatu segara aplikasikan dempul isamu pada bagian yang ingin anda dempul, karena jika dempul yang sudah bercampur jika tidak segera digunakan akan mengering. Jika sudah mengering maka dempul tidak bisa dipakai kembali.

Lakukan pengolesan dempul secara tipis-tips terlebih dahulu karena proses pendempulan tidak bisa dilakukan hanya sekali jadi. Tunggu hingga dempul setengah mengering dan ulangi proses pendempulan hingga mendapatkan hasil pendempulan yang halus dan rata.

Perlu anda ingat, jangan sekali-kali mengambalikan dempul yang sudah tercampur hardenner ke dalam kaleng dempul karena hal tersebut bisa merusak dempul yang belum tercampur hardenner. Agar dempul tidak cepat kering tutuplah kaleng dempul setelah anda selesai mengambil atau menggunakanya.

Demikian tadi tips mengenai cara menggunakan dempul isamu, jika masih binggung anda juga bisa membaca petunjuk penggunaan yang ditulis pada kaleng dempul tersebut. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel