Cara Mudah dan Cepat Menambal Body Motor Yang Bolong Dan Pecah


Cara Menambal Body Motor Yang Bolong - Selain pada mesin, salah satu masalah yang sering kita jumpai pada body motor adalah dek motor lecet, pecah atau bahkan bolong. Hal ini biasanya terjadi karena habis kecelakaan, dan terkena benturan dengan benda lainya, ya wajar lah namanya juga dijalan. Atau mungkin juga karena faktor umur dari motor tersebut.

Jika dek motor mengalami pecah atau bolong tentunya akan menggurangi penampilan motor anda apa lagi motor tersebut masih tergolong baru dan repotnya lagi sparepat motor tersebut belum keluar. Kalau pun ada kita harus menunggu berbulan-bulan baru dapat sparepat tersebut, yaa maklum lah namanya juga motor baru.

Namun tenang, karena ada cara mudah dan tepat untuk menjahit dek motor yang patah dan bolong sehingga dek motor anda kembali seperti semula. Dan cara ini sangatlah sederhana yang bisa anda lakukan sendiri dirumah tanpa memerlukan ongkos yang cukup banyak.

Turtorial cara menambal body motor yang bolong dan pecah ini bisa anda aplikasikan pada semua dek sepeda motor yang terbuat dari serat fiber dan plastik. Berikut penjelasanya cegidot..

Untuk melancarkan cara menambal body motor yang bolong dan pecah anda harus menyiapkan peralatan pendukung seperti :
  • Pisau atau cutter yang pada ujung matanya masih tajam
  • Lem alteco(lem G/lem Korea)
  • Solder
  • dan kawat kecil atau bendrat
Baca juga cara sederhana menampal tangki yang bocor tanpa merusak cat

Jika dek motor anda bolong, maka anda bisa menempelkan pecahan atau serpihan dek tersebut dengan proses pengeleman dan penjahitan. Berikut adalah cara menjaghit dek motor yang patah :

Satukan bagian dek yang patah tersebut, kemudian rekatkan menggunakan lem alteco tadi, agar lem menempel dengan kuat anda bisa menaburkan bubuk semen atau bubuk kopi diatas lem tersebut kemudian teteskan lem kembali.

Jika bagian yang pecah atau bolong cukup luas, anda bisa  menambahkan proses penjahitan pada dek motor yang patah tersebut. Cara menjahit dek motor yang patah sama halnya juga dengan proses penjahit pakain robek yang membedakan hanyalah benang yang kita gunakan.

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk menjahit dek yang patah adalah dengan melubangi kedua sisi pada bagian yang patah. Anda bisa melubanginya dengan solder. Jika tidak memiliki solder anda bisa menggunakan paku kok, yaitu dengan memanaskan paku di atas api kompor gas kemudian lubangi pada setiap sisi dek yang akan anda jahit.



Setelah dek yang patah terlubangi semua anda bisa langsung memulai proses penjahian dengan cara memasukkan kawat kecil pada setiap sisi tersebut kemudian tarik dan ikat dengan tang jepit. Ikat semua dek yang patah tadi hingga dek yang pecah tadi penyatu dengan kuat.

Agar ikatan kawat dan tidak terlihat, anda bisa mengikatnya dari dalam. Untuk memperkuat jahitan tersebut anda bisa meneteskan lem aleco dan gunakanlah kawat bendrat berbahan stenlistil agar tidak mudah berkarat dan putus.

Bila pecahan dek tersebut hilang, gimana cara menambal dek body motor tersebut ??

Jika serpihan atau pecahan dek tersebut hilang, maka untuk menambal dek yang bolong tersebut adalah dengan menambalnya menggunakan potongan plastik atau potongan dek yang tidak terpakai lagi.

Anda bisa memanfaatkan kertas karton untuk mengukur ukuran diameter atau pola dek motor anda yang bolong. Tempelkan kertas karton pada bagian dek yang bolong, gunakan spidol hitam atau bolpoin untuk mengambar bagian dek yang bolong kemudian potong pola yang telah anda gambar tadi dengan gunting.

Setelah pola terpotong, tempelkan pola tadi pada plasti atau bagian dek motor yang tidak terpakai kemudian potong menggunakan gergaji besi atau pisau cutter dan tempelkan potongan dek tadi pada bagian dek anda yang bolong.

Cara menambal dek motor yang bolong selanjutnya adalah dengan merekatkan atau menjahit potongan dek yang anda buat tadi dan dek yang bolong pun tertutup seperti semula.

Nah.. agar jahitan dek motor yang bolong tidak terlihat, anda bisa melakukan proses pendempulan dan proses pengecatan.

Berikut ini adalah sedikit tips cara mendempul dek motor yang pecah :

Pertama anda harus menyiapkan dempul dan alat untuk mendempul atau biasa disebut kape dempul. Jika sekiranya yang akan anda dempul hanya sedikit, anda bisa membeli dempul yang ukuran 1kg saja dengan kisaran harga Rp 40.000.

Baca juga cara alami menghitamkan dek motor matic secara permanen 

Agar dempul menempel dengan kuat lakukan pengamplasan menggunakan amplas yang agak halus nomor 360. tujuan menggunakan amplas yang halus ini adalah agar nantinyanbekas amplasan tidak terlihat setalah di cat.

Lakukan proses pendempulan secara tipis-tipis terlebih dahulu karena proses pendempulan tidak bisa dilakukan hanya dalam satu kali jadi sehingga butuh kesabaran dan ketelitian.

Setelah dempul mengering, anda bisa melakukan pengamplasan menggunakan amplas nomor 240. Agar hasil pengamplasan tidak bergelombang, gunakan alas papan tipis untuk melakukan proses pengamplasan. Lakukan proses pengamplasan hingga halus hingga rata pada bagian dek motor yang tidak di dempul.

Dan dan langkah yang terkahir adalah proses epoxy dan pengecatan. Agar warna catnya sama sdengan warna dek motot lainya, anda bisa membeli cat ditukang cat yang bisa mengoplos cat mobil atau motor.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang cara menambal body motor yang bolong semoga bisa membantu anda untuk mengatasi dek motor anda yang pecah. Semoga bermanfaat dan semoga sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel