Resep Sederhana Mengkilapkan Mobil Sendiri Tanpa Harus Ke Salon


Resep Mengkilapkan Body Mobil - Mobil-mobil lama atau mobil klasik yang sudah berusia lebih dari 10 tahun tentunya akan ada masalah yang bermunculan mulai dari body mobil mulai kropos, warna cat yang mengkilap mulai pudar, timbul goresan-goresan halus dan warna cat menjadi kusam.

Pudarnya cat pada  mobil lama ini terjadi karen beberapa faktor seperti, akibat paparan sinar matahari secara terus menerus, adanya reaksi oksidasi denagn udara, adanya kontak cat dengan benda asing(seperti kaki, tangan, debu) dan karna faktor usia cat tersebut.


Perawatan yang keliru juga turut mempercepat kusamnya cat mobil tersebut misalnya, pamakain shampo/sabun mobil yang kurang tepat, membersihkan debu dengan kemoceng(sulak) yang berserat kasar, menggunakan obat pengkilap yang tidak tepat dan lain-lain.

Lalu bagaimana cara mengembalikan warna cat yang kusam agar bisa mengkilap seperi baru ?

Sebenarnya resep untuk mengkilapkan body mobil sangatlah sederhana, bahkan anda bisa melakukanya sendiri tanpa harus membayar jasa bengkel untuk mengkilapkan body mobil anda.

Berikut adalah beberpa resep mengkilapkan body mobil yang kusam :
  • Pemolesan(polishing)
Pemolesan merupakan resep satu-satunya jika cat mobil anda sudah kusam dalam kategori berat. Cat kusam sendiri disebabkan banyaknya jamur yang menumpuk sehingga menutupi daya kilap cat tersebut. Sehingga untuk menghilangkan jamur pada permukaan cat tersebut harus dilakukan proses pemolesan.

Memang, pemolesan cat ini tidak dianjurkan untuk dilakukan sampai beberapa kali. Mengapa demikian ? karena pada dasarnya memoles cat adalah mengikis lapisan cat terluar yang sudah kusam tersebut sehingga warna cat yang kusam tersebut menghilang. Jadi lakukan proses memoles mobil seperlunya saja yaa..

Berikut adalah beberapa cara untuk mempoles body mobil yang kusam agar kembali mengkilap seperti baru :

Saipkan peralatan untuk mempoles seperti kompon putih, kain microfiber(lap yang bersih dan halus) dan yang terakhir siapkan mesin poles.

Setelah semua peralatan siap, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan permuakan cat yang ingin anda poles. Alangkah baiknya anda bisa mencucinya dengan shampo khusus mobil agar semua debu dan kotoran yang menempel menghilang.

Segera keringkan mobil setelah dicuci menggunakan kain kanebo, ini bertujuan agar tidak timbul jamur dan bercak air pada permukaan cat mobil yang menjadi penyebab mobil anda kusam. Selain untuk mengkilapkan cat mobil proses waxing juga untuk melindungi cat mobil dari paparan panas matahari secara langsung.

baca juga 6 cara sederhana bikin velg mengkilap tanpa harus ke bengkel

Oleskan kompon putih pada permukaan cat yang ingin anda poles secara merata, kemudian lakukan proses pemolesan menggunakan mesin poles. Lakukan proses pemolesan hingga cat yang kusam kembali mengkilap. Untuk memudahkan proses pemolesan, gunakan lah busa khusus poles. Proses pemolesan juga bisa anda lakukan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil.

Perlu anda ingat, jangan melakukan pemolesan pada sudut mobil. Mengapa demikian? karena pada sudut mobil cat tidak menempel dengan sempurna sehingga jika dilakukan pemolesan akan mengikatkan cat botak atau habis terkikis kompon

Dan jika tidak memiliki mesin poles, anda bisa melakukan proses polishing secara manual kok dengan hanya bermodalkan kekuatan tangan dan kain microfiber.

Oleskan kompon putih secara merata kemudian gosok dengan gerakan memutar searah jarum jam hingga body mobil anda mengkilap seperti baru. Lakukan penggosokan dengan memberi sedikit tekanan yaa.. Semakin kuat tekanan anda dan semakain lama anda menggosok maka mobil akan cepat mengkilap

Untuk menghilangkan bekas kompon putih pada permukaan cat, gunakan obat pengkilap seperti kit atau turtell. Selain menghilangkan bekas kompon pada body mobil kit/trutell wax juga bikin cat mobil anda cetar membahana😁😁
  • Proses Waxing
Resep mengkilapkan body mobil selanjutnya adalah proses wax. Apa wax? wax merupakan langkah untuk melindungi dan mengkilapkan cat body mobil. Proses wax juga bisa anda lakukan untuk mengkilapkan permukaan cat yang sudah kusam. Namun kusam di sini bisa dikatan kusam ringan ya, jika kusam tergolong berat akan percuma. Berikut adalah cara melakukan poroses wax

Siapkan terlebih dahulu obat wax seperti kit,turtell wax enamoll dll. Anda bisa mendapatkan obat wax di toko aksecoris mobil atau di olshsop langganan anda. Siapkan juga kain microfiber 2 sampai 3 kain.

Bersihkan mobil terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel alangkah baiknya anda bisa mencucinya dengan air bersih dan shampo khusus mobil.

Jika anda mencucinya, segera keringkan sisa-sisa air yang masih menempel menggunakan kain kanepo yang memiliki daya resap air yang baik.

Tahap selanjutnya adalah mengoleskan cairan wax diatas permukaan body mobil, teknik terbaiknya yaitu membubuhkan cairan wax pada kain atau busa. Jika anda menggunakan obat wax dalam bentuk semprot, anda bisa langsung menyemprtokan obat wax pada permukaan body mobil. Sebelum disemprotkan jangan lupa dikocok dulu yaa

Kemudian ratakan cairan wax tadi ke seluruh permukaan bodi mobil dengan cara diputar searah jarum jam dengan memberi sedikit tekanan saat merataknya. Semakin lama anda memutarnya maka semakin bagus dan maksimal hasilnya. Setelah penerapan waxing selesai, anda bisa mengelapnya kembali menggunakan kain microfiber yang baru. Jika kain yang digunakan untuk proses waxing sudah basah, gantilah dengan kain yang baru.

Untuk hasil yang terbaik anda bisa mengerjakan dalam pengaplikasikan wax ini di saat situasi mobil masih bersuhu dingin. Anda bisa lakukakan proses waxing di waktu pagi dan siang hari supaya lapisan wax dapat melekat dengan sempurna di permukaan cat.

Proses waxing sangat aman dilakukan berkali-kali(misal sebulan sekali). masih tergolong aman. Misalnya jika permukaan body mobil sudah kusam kembali maka bisa dilakukan kembali proses waxing ini.

Demikian tadi info mengenai resep mengkilapkan body mobil. Semoga bermanfaat untuk anda semua dan jangan takut untuk mencoba.


Selain resep mengkilapkan body mobil kami juga ada tips cara menghilangkan baret dikaca mobil

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel