Cara Menambal Tangki Motor Yang Bocor Tanpa Merusak Cat


Menambal tangki bocor dengan resin - Usia motor yang sudah tua atau motor klasik tentunya akan akan menua berbagai masalah, mulai dari ganti onderdil ini itu lah bahkan ada bagian sasis motor yang mulai kropos. Ya namanya juga motor tua sobb..

Salah satu masalah yang sering dialami motor tua adalah pada bagian tangki bahan bakar, yah apa lagi kalau bukan kebocoran pada tangki. Meskipun kecil, namun bila kebocoran atau tangki motor merembes tersebut jika tidak segera diatasi dapat berbahaya. Mengapa demikain ?

Karena bahan bakar bensin yang kelaur dari tangki motor dapat dengan mudah tersambar api dan akhirnya akan meledak. Terlebih lagi jika si pengendari sedang merokok. Selain itu, kebocoran tangki bensin tentunya akan membuat bahan bakar anda cepat habis dan terbuang sia-sia, sehingga anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli bensin kembali.

Sebenarnya ada banyak sekali cara mudah buat tambal tangki motor tersebut, salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menambal tangki yang bocor dengan resin.


Yaa resin merupakan eksudat (getah) yang dikeluarkan oleh banyak jenis tumbuhan, terutama oleh jenis-jenis pohon rujung (konifer). Getah ini biasanya membeku lambat atau segera, dan membentuk masa yang keras dan berwarna trasparan.  Resin sendiri banyak dipakai terutama untuk bahan pernis dan perekat.

Fungsi cairan resin disini adalah untuk melapisi bagian dalam tangki yang bocor, sehingga dengan menggunakan cairan resin tentunya akan merusak tampilan luar tangki tersebut karena yang dilapisi hanya bagian dalamnya saja.

Cara menambal tangki motor dengan resin ini bisa anda aplikasikan pada tangki semua motor(semua merk motor). Namun untuk motor baru biasanya jarang ada keluhan tangi bocor(merembes), Kecuali untuk motor yang sudah tua biasanya banyak permasalahan tangki motor yang bocor dengan resin.

Baca juga Cara menghilangkan baret pada speedometer

Langkah buat tambal tangki motor ini kami buat sedemikian rupa dan simpel dengan menggunakan bahan dan juga peralatan yang mudah di dapat dan tentunya tidak akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Berikut penjelasan cara menambal tangki motor bocor merembes.
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan resin beserta hardenernya, anda bisa mendapatkan resin di toko-toko kimia terdekat.
  • Untuk memudahkan pengerjaan lepas tangki dari motor, kemudian kuras bensin yang berada di dalam tangki hingga bersih.  
  • Jangan lupa untuk melepas tutup tangki.
  • Kemudian campurkan resin dan hardener sesuai petunjuk penggunaan yang tertera dikemasan, gunakan gelas bekas air mineral untuk mencampurkan resin dan hardenernya.
  • Masukan campuran resin tadi ke dalam tangki melalui lubang pengisian bensin.
  • Goyang-goyangkan lah tangki ke kanan dan ke kiri, ini bertujuan agar cairan resin tadi memutupi lubang tangki yang bocor atau merembes.
  • Biarkan sehari semalam atau selama 24jam agar cairan resin mengeras.
  • Isi tangki dengan bensin untuk mengecek apakah tangki masih bocor atau tidak. Jika memang sudah tidak meremes lagi berarti masalah anda sudah selesai dan cara menambal tangin bocor dengan resin anda berhasil.
  • Kemudian anda bisa memasang tangki ke motor seperti poisis semula.
Alangkah baiknya agar tangki motor tua atau motor klasik tidak mudah bocor, jangan sering membiarkan tangki dalam kondisi kosong. Karna tangki yang kosong atau hanya terisi bensin sedikit bisa mengundang konden sasi dan air(pengembunan).

Tips cara menambal tangki bocor dengan resin ini dapat anda gunakan untuk semua merk dan tiope motor. karena pada dasarnya bahan yang digunakan untuk membuat tangki merupakan plat besi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel