Cara Mudah Mengkilapkan Blok Mesin dengan Brasso - Suryadidik.com


Cara menggunakan brasso pada blok mesin - Motor yang selalu terlihat bersih dan mengkilap akan mencerminkan kepribadian bahwa si pemilik motor tersebut memiliki sifat yang suka kebersiahan atau perawat. Selain sering mencucinya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk dapat merawat motor tersebut agar awet dan mengkilap seperti baru.

Tidak hanya pada body motor, perawatan juga harus kita lakukan pada komponem mesin. Letaknya yang dibawah, mesin motor akan langsung bersentuhan dengan partikel kotoran terutama saat musim hujan. Jika tidak langsung dibersihkan partikel debu dan kotoran semakin lama akan menumpuk dan akan menimbulkan tumbuhnya noda kerak pada blok mesin motor.

Selain karena partikel debu dan kotoran, rembesan oli karena gasket yang bocor juga akan membuat mesin motor jauh dari kata bersih. Selain membuat kotor pada mesin, rembesan oli jika tidak segera diatasi maka akan membahayakan komponen yang ada didalam mesin tersebut.

Jika partikel debu dan bekas oli tidak segera dibersihkan maka lama kelamaan akan menumpuk dan mengendap sehingga akan sulit untuk dihilangkan hanya dengan sabun dan air bersih saja. Lantas cairan apa yang bisa digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan blok mesin tersebut ??

baca juga cara mudah menghilangkan bekas lem alteco yang menempel pada dek dan lampu motor

Sebenarnya ada beberapa cairan ampuh yang bisa digunakan untuk membersihkan atau mengkilapkan blok mesin yang dijual dipasaran, salah satunya adalah merk brasso, yaa siapa sih yang ngak kenal si cairan multifungsi ini. Brasso merupakan obat metal polishing yang sering digunakan para baikres mania untuk mengkilapkan blok mesin megapro.


Bagaimana bro sis apakah tertarik untuk menggunakan si cairan ajaib brasso untuk mengkilapkan blok mesin motor anda ??

Jika tertarik, berikut ini adalah cara menggunakan brasso pada blog mesin yang bisa anda praktekan sendiri dirumah:

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan blok mesin terlebih menggunakan solar. Mengapa harus menggunakan solor ? karena jika bekas oli yang lama menempel akan sangat mudah hilang jika terkena solar. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk mengoleskan solar pada sela-sela mesin. Ingat solar disini bukan digunakan untuk menghilangkat karat pada blok mesin lo, solar hanya digunakan untuk membersihkan endapan oli dan kerak yang menempel pada mesin.

Nah untuk menghilangkan sisa-sisa solar yang masih menempel, anda bisa mencuci blok mesin tersebut menggunakan sabun detergen ringso atau menggunakan sabun cuci piring sunlight. Cuci hingga bersih dan pastikan tidak ada lagi solar yang menempel.

Namun, Jika blok mesin anda tidak ada bekas oli yang mengendap anda bisa langsung mencucinya dengan sabun pencuci piring atau detergen.

Setalah blok mesin bersih, teteskan brasso secara merata pada bagian blok mesin yang berkarat, tunggu beberapa saat hingga noda karat mulai melarut, kemudian gosok atau poles menggunakan kain lap yang bersih dan halus. Lakukan proses memoles pada mesin hingga noda karat menghilang.

Jika noda karat masih membandel ulangi beberapa kali cara diatas hinggan noda karat pada blok mesin menghilang. selai noda karat akan menghilang,mesin motor anda akan mengkilap seperti chrome. Proses ini memang membutuhkan sedikit tenaga untuk menggosok namun, rasa capek menggosok akan terobati setelah mesin motor anda mengkilap seperti chrom.

Selain bisa menghilangkan karat dan mengkilapkan mesin, cairan brasso juga bisa untuk mengkilapkan velg motor, handle rem dll.

Anda juga bisa membaca kelebihan dan kekurangan atutosol yang perlu anda ketahui

Agar blok mesin tetap awet mengkilap dan tidak mudah berkarat kembali, lakukan perawatan ringan seperti membersihkanya dari partikel debu yang menempel setiap pagi sekali dan jika terkena air hujan segera keringkan menggunakan kain kanebo namun alangkah baiknya anda bisa mencucinya dengan air sumur.

Jika diperlukan atau bila blok mesin sudah kusam anda bisa mengulangi langkah memoles menggunakan brasso kembali.

Btw, hati-hati sama cairan brasso yaa. Dibotol tertulis jangan kena kulit secara langsung apa lagi kalau sampai terkena mata dan termasuk jangan sampai terhirup karena bisa menyebabkan iritasi dan keracunan. Jadi, untuk menghindari kontak langsung dengan kulit anda bisa menggunakan sarung tangan atau plastik kresek dan gunakan masker saat menggunakan brasso.

Oh yaa untuk harga brasso kisaran Rp 24.500 ukuran 100ml dan harga brasso ukuran 200ml Rp 40.000 anda bisa membeli brasso di toko matrial, toko cat atau di olshop langganan anda

Demikian tadi sedikit ulasan tentang cara menggunakan brasso pada blok mesin motor anda. Semoga bisa mengatasi masalah pada motor anda dan jangan takut untuk mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel