Cara Sederhana Dan Alami Menghitamkan Spakbor Belakang Motor


Cara menghitamkan spakbor belakang motor -  Selain fungsinya untuk melindungi pengendara agar tidak terkena percikan air saat hujan, spakbor motor jika bisa menambah keren penampilan motor tersebut. Tak heran banyak pabrikan sepeda motor mengeluarkan motor terbarunya dengan tampilan spakbor belakang dengan motif sedemikian rupa untuk mengait hati para konsumen.

Berbeda dengan spakbor depan yang dicat dan halus, spakbor belakang belakang cenderung memiliki tekstur yang agak kasar atau seperti kulit jeruk dan tidak dicat atau original warna plastik tersebut(hitam).



Bagian dek motor yang berbahan plastik dan tidak dicat atau biasa disebut dek kulit jeruk memiliki kelebihan daya tahan yang kuat dan tidak mudah pecah. Sehingga jenis bahan ini sering digunakan untuk membuat spakbor belakang, dashboard motor matic dan juga pijakan kaki motor matic. Namun sayangnya, jenis plastik atau body kulit jeruk ini memiliki kekurangan yaitu warnanya cenderung mudah pudar dan kusam.

Lalu bagaimana cara mengatasi body kulit jeruk yang kusam dan pudar ? Nah.. berikut ini kami mempunyai solusi cara menghitamkan spakbor belakang motor yang kusam dan memudar. Cara ini juga dapat anda aplikasikan untuk menghitamkan dashboard motor matic anda.

Solusi yang padat anda gunakan untuk menghitamkan kembali spakbor belakang motor yang memudar adalah dengan melakukan proses polish dengan menggunakan bahan alami sehingga tidak akan merusak permukaan body kulit jeruk motor anda.

Salah satu obat polishing berbahan alami yang bisa anda gunakan adalah Bio polish Leather Care, selain digunakan untuk menghitamkan body motor kulit jeruk Bio polish lether care juga bisa anda aplikaksikan pada polimer plastik dan vinil.

Berikut ini adalah cara menggunakan biopolish leather care untuk menghitamkan spakbor belakang motor anda :
  • Cara pertama yang harus anda lakukan adalah bersihkan bagian spakbor motor yang ingin anda poles, namun alakngkah baiknya anda bisa mencucinya dengan air bersih dan sabun.
  • Setelah bersih keringkan montor menggunakan kain kanebo.
  • Siapkan biopolish leater care dan busa atau kain yang halus.
  • Oleskan biopolish leater care secara merata menggunakan busake bagian spakbor yang telah kusam
  • Gosok menggunakan kain atau lap yang halus hingga spakbor terlihat bersih dan menghitam.
  • Lakukan perawatn biopolish leatercare secara teratur minimal setiap anda selesai mencuci motor.
Selain menggunakan obat biopolish leather care, ada satu cara lagi untuk menghitamkan spakbor belakang. Bahkan cara ini sangat lah sederhana dan bahanya pun mungkin sudah ada dirumah anda. Cara sederhana untuk menghitamkan body motor kulit jeruk adalah dengan menggunakan minyak goreng.

Yaa selain digunakan untuk menggoreng ikan, minyak goreng sekarang banyak digunakan untuk menghitamkan body motor kulit jeruk. Dan cara sederhana ini sudah beberapa kali kami lakukan setelah selesai mencuci motor. Penasaran bagaimana caranya ?? Berikut penjelasnya
  • Seperti biasanya cara pertam yang harus anda lakukan dalah membersihkanya atau mencucinya dengan shampo mobil agar semau  partikel debu dan kotoran yang menempel pada spakbor motor menghilang.
  • Setelah spakbor mengering atau bersih segera oleskan minyak goreng secara merata menggunakan busa atau kain yang halus. Perlu anda ingat, jangan menggunakan minyak jelantah iya. Sebenarnya bisa juga menggunakan minyak jelatah namun bau motor kita nanti akan seperti bau kitan pindang😄😄
  • Anda bisa menggunakan cara alami ini setelah selesai mencuci motor dan cara ini tidak memiliki efek samping pada jangka panjang karena bahan yang kita gunakan adalah bahan alami.
Selain bisa digunakan pada spakbor belakang motor, minyak goreng juga bisa anda gunakan untuk menghitamkan dasbor motor matic. Bahkan minyak goreng juga bisa untuk menghitamkan ban motor anda atau sebagai pengganti semir. Namun, jangan gunakan minyak goreng pada bagian tengah ban iya, oleskan minyak goreng pada bagian samping ban saja.

Perlu anda ketahui jangan pernah mengambil tindakan atau mengecat spakbor motor yang telah kusam. Mengapa demikian  ? karena body kulit jeruk bersifat licin sehingga jika dicat tidak akan menempel dengan sempurna atau mudah mengelupas dan jika sudah mengelupas maka akan memperburuk kondisi body kulit jeruk motor anda.

Jika berniat untuk mengecatnya, anda bisa melapisi epoxy terlebih dahulu agar cat kuat menempel pada spakbor tersebut.

Alangkah baiknya jika motor masih dalam kondisi baru jangan mengoleskan obat silicon atau sejenis semir untuk menghitamkan atau mengkilapkan body kulit jeruk. Memang, bila body kulit jeruk dioleskan semir atau sicilon akan terlihat hitam menawan namun lama kelamaan body motor anda akan cepat kusam dan memutar.

Ingin Mencegah Spakbor Motor Agar Tidak Mudah Kusam ? Begini Caranya

Cara yang paling jitu untuk mencegah spakbor agar warnanya tidak mudah memudar adalah denga cara menjauhkan dari penyebab memudarnya spakbor tersebut.

Penyebab utamanya adalah seringnya terkena zat kimia yang terkandung dalam obat pengkilap dan terpapar panas matahari secara langsung. Cara paling apuh untuk mencegahnya adalah Jangan gunakan obat poles yang mengandung zat kimia termasuk silicon atau semir ban dan apabila motor tidak digunakan parkirkan motor ditempat yang teduh saat siang hari.

Mungkin itu penjelasan dari kami tentang bagaimana cara menghitamkan spakbor belakang motor. Selamat mencoba..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel