Cara Yang Benar Mengecat Velg Alumunium Agar Tidak Cepat Mengelupas


Cara mengecat velg alumunium - Velg merupakan salah satu bagian terpenting bagi motor yang bertugas sebagai pengerak baik itu maju maupun mundur. Velg  motor merupakan komponen yang bertanggung jawab sebagia kaki sepeda motor sehingga harus kuat untuk menopang berat motor dan penumpang motor tersebut. Untuk memperhalus permukaan dari velg dan membantu mengurangi getaran yang terbentuk ketika motor dijalankan maka bagian terluar velg dilapisi dengan karet atau biasa disebut dengan ban.


Selain sebagai kaki-kaki motor velg saat ini juga menambah kesan keren pada motor tersebut sehingga tak sedikit orang untuk merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli velg racing. Sesuai dengan jenisnya, ada beberapa model velg yang dijual dipasaran yang memiliki kelebihan maupun kekurangan. Berikut adalah beberapa jenis velg yang sering dijual dipasaran.

1. Velg Besi

Velg berbahan besi ini biasa disebut dengan velg jari-jari yang merupakan jenis velg standart diantara velg bentuk lainya. Dulu sekali sebelum ada vleg racing, velg jari-jari ini banyak digunakan pada motor baru. Seperi namanya velg besi terbuat dari bahan logam besi yang bagian luarnya dilapisi chrome agar terlihat mengkilap. Velg jenis ini terlihat dari ciri-cirinya yang tersusun oleh jari-jari besi dengan keungulan ketika melewati jalanan berlubang velg tidak mudah penyok.

Kelebihan velg ini terletak dari harganya yang relatif lebih murah dibandingan dengan jenis velg lainya, namun kelemahan velg ini adalah rentan terhadap karat terutama saat terkena air hujan.

2. Velg Alumunium 

Velg jenis ini terkenal dengan beratnya yang lebih ringan dibandingkan dengan jenis velg lainya. Velg berbahan alumunium ini memiliki daya tahan terhadap karat yang lebih baik ketimbang dengan jenis velg lainya, bisa dikatakan velg alumunium anti karat. Karena memiliki bobot yang ringan velg alumunium sering digunakan pada motor balap dan juga motor modifikasi. Kelemahan dari vleg ini adalah mudah sekali penyok bila terjadi benturan atau melewati jalan yang berlubang.

3. Velg Cast Whell(CW)

Jenis velg motor yang ke 3 adalah velg CW, atau istilah dari jenis velg ini adalah velg racing karena cukup banyak digunakan pada ajang balapan resmi. Jenis velg cw lebih terlihat futuristik dibandingkan dengan jenis velg lainya serta lebih kokoh dan kuat dalam bermanuver dengan akselerasi yang stabil. 

Velg cw ini memiliki bobot yang cukup berat dibandingan dengan velg besi dan juga velg alumunium. Karena keunggulanya yang lebih baik daripada jenis velg lainya, harga velg cw ini juga dibandrol cukup mahal. sama dengan velg jenis alumunium, velg cw ini cukup rentan terhadap hantaman lumbang yang dalam dalam namun lebih kuat darai pda velg alumunium.

Diantara ketiga jenis velg tersebut, velg alumunium merupakan velg yang paling banyak digunakan oleh sepeda motor khususnya motor modifikasi. Dan pada artikel ini suryadidik.com akan memberikan tips bagaimana cara mengecat velg alumunium agar tidak mudah mengelupas. proses pengecatan ini biasanya dilakukan karena warna cat sudah kusam, cat sudah mengelupas karena bekas congkelan ban atau bahkan sudah bosan dengan warna cat tersebut.

Jika anda berniat untuk mengecat velg, berikut ini kami akan memberi sedikit tips bagaimana cara mengecat velg alumunium agar awet dan tidak mudah mengelupas yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Mengecat dengan melepas ban

Cara mengecat velg motor jari-jari yang pertama adalah dengan cara melepas bagian ban agar tidak terkena cipratan cat. Langkah yang dapat dilakukan untuk mengecat velg tersebut diantaranya sebagai berikut.
  • Persiapan sepada motor dalam posisi standar tengah.
  • Lepas roda menggunakan kunci pas yang sesuai dengan ukuran baut baik roda belakang maupun depan dan lepas ban dari velg alumunium menggunakan congkelan ban. Jika anda tidak menguasai tahap ini anda bisa membawanya ke bengkel.
  • Agar cat awet dan tidak mengelupas, sebelum mengecatnya amplas velg hingga semua partikel debu dan jamur yang menempel menghilang. Agar bekas amplasan tidak terlihat setelah dicat, gunakan amplas air halus nomor 360. Akan lebih baik jika anda menggunakan sabun saat pengamplasan.
  • Keringkan velg menggunakan kain kanebo hingga dipastikan tidak ada sisa-sisa oli dan air yang masih menempel.
  • Sebelum melapisinya dengan cat lapisi velg terlebih dahulu dengan epoxy. Jika tidak ada epoxy anda bisa langsung mengecatnya, namun akan lebih baik anda bisa melapisinya dengan epoxy terlebih dahulu.
  • Untuk proses mengecat velg motor lakukan secara tipis-tipis terlebih dahulu kemudian tunggu hingga setengah kering dan semprot cat kembali. Anda bisa menyemprotkan cat hingga 3 lapis dan lakukan proses pengecatan secara teliti terutama pada bagian jari-jari hingga dipastikan tidak ada bagian velg yang tidak terkena cat. Bila terjadi cat ngangkat mengkerut atau kriting itu tandanya cat lama tidak kuat ditumpuk dengan cat baru, jadi cara menghilangkan cat mengkerut adalah dengan mengamplasnya sampai halus.
  • Jika anda ingin mengecat velg dengan pilox, caranya sama dengan menggunakan cat semprot yang sudah kami jelaskan diatas tadi dan jangan lupa sebelum menggunakan cat pilox kocok terlebih dahulu.
  • Agar cat terlihat mengkilap seperti cat mobil, proses terakhir adalah melapisinya dengan clear coat. hati-hati ya saat menyemprotkan clear coat agar tidak meleleh, ada cukup meyemprotkan clear coat hingga 2-3 lapis.
  • Setalah cat mengering keras anda dapat memasang ban kembali.
Mengecat velg tanpa melapas ban

Selain dengan cara melepas ban ada cara yang lebih praktis cara mengecat velg alumunium tanpa harus melepas ban. Cara ini lebih mudah dan lebih cepat namun jika tidak dilakukan dengan benar dan teliti maka hasil cat akan kurang maksimal. Langkah yang dilakukan untuk mengecat velg jari-jari ini hampir sama dengan pengecatan yang sudah kami jelaskan diatas namun cara kedua ini tidak permu melepas ban.

Penasaran kan bagaimana cara mengecat velg tanpa harus melepas ban ??

Nah agar ban tidak terkena cat, maka anda bisa menutupi bagian samping ban tersebut dengan kartu remi atau menutupinya dengan koran bekas. Kempeskan ban hingga tidak ada udara didalamnya, tekan ban dengan kuat dan masukkan kartu remi atau koran pada sela ban dan velg.

Selain menggunakan dua cara diatas anda juga bisa menggunakan sabun colok(oles) yaitu dengan mengoleskan sabun secara merata pada ban terutama pada samping-samping ban. 

Itulah tadi beberapa tips dan cara mengecat velg alumunium agar awet dan tidak mudah mengelupas. Untuk menghasilkan warna cat yang bagus anda bisa menggunakan cat yang berkualitas baik. Selamat mencoba😀😀 
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel