Tips Menggunakan Cat Pilox Agar Mengkilap Dan Tidak Mudah Mengelupas


Cara agar cat pilox tidak mengelupas - Seperti kita ketahui proses pengecatan agar mendapatkan hasil yang mengkilap dan tahan lama dibutuhkan teknik khusus. Dan kabar baiknya pada kesempatan kali ini kami akan membocorkan teknik bagai mana cara mengecat dengan baik dan benar agar hasil pengecatan terlihat mengkilap seperti kaca.

Selain teknik khusus kualitas cat yang digunakan juga akan mempengaruhi hasil pengecatan anda, semakin baik cat yang digunakan maka semakin baik pula hasil pengecatan.


Sebenarnya cara menggunakan cat semprot kaleng(cat pilox) tidak jauh beda dengan mengecat menggunakan kompresor atau spraygun. Bahkan cara mengecat dengan pilox bisa dikatan tidak begitu ribet dan sangatlah simpel kita hanya tinggal mengocok pilox tersebut beberapakali dan tinggal menyeprotkan ke media yang ingin di cat.

Sebenarnya semua teknik mengecat menggunakan cat semprot kaleng sama dengan mengecat dengan cat kompresor baik itu bagaimana cara melakukan pengamplasan dan amplas yang digunakan adalah sama. Sehingga cara agar cat pilox tidak mengelupas akan mudah anda pahami dan anda praktekkan sendiri dirumah tanpa harus membayar jasa bengkel untuk melakukan pengecatan.

Berikut adalah penjelasan bagimana cara mengecat dengan pilox agar awet :

Sebelum anda melakukan pengecatan menggunakan pilox langkah pertama yang harus anda lakukan adalah pengamplasan. Ya pengamplasan merupakan tahapan awal sebelum menyemprotkan cat pilox, gunakan amplas air halus nomor 360.

Mengapa harus menggunakan amplas halus ? Jika kita menggunakan amplas kasar maka bekas goresan amplas akan terlihat setelah proses pengecatan. Sehingga agar hasil pengecatan terlihat halus dan mengkilap amplas yang digunakan adalah amplas halus.

Amplas media yang ingin anda cat hingga semua kotoran dan jamur yang menempel menghilang dan jangan lupa gunakan air untuk proses pengampasan untuk mempercepat proses pengamplasan. Akan lebih baik anda bisa menggunakan sabun saat melakukan pengamplasan.

Proses pengamplasan ini menentukan hasil pengecatan anda, semakin bersih dan halus media yang anda amplas maka cat pilox akan mengkilap dan tidak mudah mengelupas.

Setalah proses pengamplasan selesai keringkan hingga dipastikan tidak ada sisa-sia air yang menempel. Untuk mempercepat proses pengeringan ada bisa mengelapnya dengan kain kanebo.

Sebelum digunakan kocok terlebih dahulu cat pilox sebelum anda gunakan. Ini bertujuan agar biang cat dan thiner yang mengendap menyatu.

Semprotkan cat kaleng dengan jarak 30 cm atau sekitar satu jengkal tangan. Untuk langkah penyemprotan jangan langsung tebal lakukan secara tipis-tipis terlebih dahuui. Pasti ngerti kan mangsudnya, jika penyemprotan dilakukan terlalu tebal maka cat akan menumpak dan meleleh. Beri jeda pada setiap lapisan tunggu hingga setenagah kering kemudian semprot cat kembali. Untuk hasil maksimal anda bisa melakukan pengecatan 2 sampai 3 lapis sudah cukup.

Baca juga cara memperkuat lm alteco jadi super kuat

Cara agar cat pilox tidak mengelupas selanjutnya adalah melapisi cat dengan clear coat, anda bisa membeli pilox clear coat seharga Rp 26.000 perkalang. Cara menggunakan clear coatnya gimana ?

Sebenarnya cara menggunakan clear coat kalengan sama dengan cara melakukan pengecatan namun, proses clear coat harus dilakukan secara hati-hati agar tidak terjadi clear coat yang meleleh. Agar hasil cat kaleng mengkilap dan awet, clear coat dapat anda lakukan 2-3 kali lapis dan beri jeda pada setiap lapisan. Oh iya sebelum anda menyerotkan clear coat kocok terlebih dahulu ya..

NB ; Jika anda menggunakan cat pilox warna merah atau pink, anda harus menyeprotkan cat putih terlebih dahulu sebagai cat dasar. Jika tidak diberi cat dasar putih terlebih dahulu maka akan boros cat karna cat warna merah berbentuk bening dan susah nutup. Dan tutupi bagian yang tidak dicat dengan isolali kertas dan koran agar nantinya tidak kasar terkena debu cat pilox.

Terkadang terjadi kasus cat lama mengkerut atau kriting, ketika disemprot cat. Ini akibat cat lama tidak kuat dan untuk solusinya adalah dengan mengaplasnya menggunakan amplas halus sampai hilang. Jika masih mengkerut anda bisa melapisinya dengan cat epoxy terlebih dahulu.

Mungkin itu dulu artikel tentang cara agar cat pilox tidak mengelupas. Semoga tips diatas bermanfaat dan selamat mencoba...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel