Fungsi Dempul Wanda/Dempul Odol Dan Cara Menggunakanya


Fungsi dempul wanda - Dempul merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk menghaluskan dan meratakan body mobil yang penyok. Dempul sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu dempul polyester putty, dempul epoxy putty dan yang terakhir adalah dempul lacquer putty atau biasa disebut dengan dempul spot.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahastentang fungsi dan cara menggunakan dempul spot wanda atau dempul lacquer putty. Berbeda dengan ke dua jenis dempul lainya dempul spot wanda tidak menggunakan obat hardenner sebagai pengeringn. Dempul spot wanda sudah bisa kering sendiri tanpa hardenner jadi jika kita ingin menggunakan dempul odol ini tinggal mengoleskan saja menggunakan kape dempul.


Perlu anda ketahui fungsi dempul wanda ini sebenarnya adalah untuk menutupi sambungan dempul dengan cat sehingga nantinya jika dicat sambungan dempul tidak terlihat seperti panu. Bisa dikatakan dempul odol ini bisa sebagai pengganti epoxy. Dempul ini juga bisa digunakan untuk menutupi pori-pori dempul dan digunakan untuk mendempul goresan yang tidak terlalu dalam. Jika digunakan untuk mendempul bidang yang terlalu dalam maka akan percuma. Mengapa demikian ??

Karena dempul ini tidak diperuntukan untuk mendempul bidang yang sedikit dalam maka jika tetap digunakan untuk mendempul bidang yang sedikit dalam, dempul spot ini akan pecah dan akan mengelupas.

Nah jika anda berniat untuk menggunakan dempul ini, berikut ini kami buat tips cara menggunakan dempul spot wanda yang benar.

Cara menggunakan dempul spot wanda sebenarnya hampir sama dengan cara menggunakan dempul isamu atau dempul lainya yang membedakan hanya lah proses saat mengoleskan dempul dan proses pengamplasan.

Sebelum menggunakan atau mengoleskan spot wanda pastikan dempul sudah diamplas dengan halus dan rata. Agar dempul halus dan rata tidak bergelombang anda bisa membaca cara mengamplas dempul mobil dengan baik dan benar

Oleskan dempul spot wanda secara tipis-tipis terlebih dahulu pada permukaan dempul, ulangi beberapa kali lapisan hingga pori-pori dempul tertutup, alangkah baiknya anda mengoleskan spot pada semua permukaan dempul hingga rata. Dempul spot atau dempul odol sendiri berwarna kecoklatan.

Oh iya, jika anda mengunakan dempul ini pada bidang lekukan seperti slebor dalam atau bagian dumper anda bisa menggunakan kardu domino. Mengapa harus menggunakan kartu domino ? Karena kartu domino mudah dibekuk dan lentur sehingga akan mudah digunakan untuk mendempul pada bagian lekukan.

Perlu anda ketahui agar nantinya dempul spot tidak habis saat diamplas terutama pada bagian sambungan dempul maka olesan dempul spot hingga bagian terluar sambungan dempul. Alangkah baiknya pada sambungan dempul kita bisa mengoleskan dempul odol yang sedikit tebal. Karena fungsi dempul wanda yang utama adalah untuk menghilangkan sambungan dempul dan cat tidak terlihat setelah dicat.

Cara mengamplas dempul wanda/dempul odol

Berdeba dengan dempul lainya cara mengamplas dempul spot wanda ini menggunakan alas karet yang sedikit keras atau bisa menggunakan sendal jebit yang dipotong persegi untuk alas mengamplas dempul ini. Agar nantinya bekas amplasan tidak terlihat setalah dicat, gunakan amplas air nomor 360/600.

Lakukan proses pengamplasan hingga halus dan tidak ada benjolan saat diraba tangan agar nantinya saat dicat terlihat halus. Perlu diingat Berhati-hatilah saat mengamplas pada area sambungan dempul dengan cat, jika dempul spot pada bagian ini diamplas habis dan terlihat sambungan dempul maka saat dicat bisa dipastikan sambungan dempul akan terlihat seperti panu.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang fungsi dempul wanda atau fungsi dempul odol yang bisa kami sampaikan. Jika ada kebinggungan anda bisa bertanya dikolom komentar yang ada dibawah ini, semoga bermanfaat bagi temen-temen dan semoga bermanfaat.

NB : Jika berminat anda bisa mampir dibengkel cat kami untuk melakukan proses pendempulan yang beralamat di pati jawa tengah WA/Tlp 085640379019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel