Cara Mengkilapkan Velg Mobil Alumunium Tanpa Harus Kebengkel


Cara mengkilapkan velg mobil alumunium - Seperti yang sudah kita ketahui velg merupakan salah satu bagian terpenting yang berfungsi untuk menopang beban mobil dan juga berfungsi untuk menjalankan maju mundur mobil tersebut. Sehingga velg harus dalam keadaan normal terutama saat mobil dibuat berpergian ketempat yang jauh.


Oh iya ngomong-ngomong soal velg, di dunia modifikasi salah satu eksterior mobil yang harus diganti agar mobil terlihat keren dan elegan adalah dengan mengganti velg standrat dengan velg racing.  Dan untuk mengganti velg racing kita harus merogoh kantong hingga jutaan rupiah untuk membeli velg racing yang kita inginkan. Memang pada saat kita membeli mobil baru atau bekas mobil tersebut sudah ada velg nya namun, terkadang velg standart atau velg bawaan pabrik terlihat kurang menarik terutama bagi kaula muda.

Dipasaran sendiri banyak sekali jenis dan ukuran velg yang dijual bahkan kita sampai binggung untuk memilihnya. Berikut adalah beberapa jenis velg  mobil yang sering dijual dipasaran.

Velg Baja

Jenis yang pertama ini lebih sering disebut dengan velg kaleng karena sekilas benduknya mirip kaleng. Seperti namanya velg kaleng ini terbuat dari matrial (alloy) besi dan karbon. Jenis ini merupakan jenis velg terkuat dibandingan dengan jenis velg lainya. Kekurangan dari velg baja adalah bentuknya atau motifnya hanya itu-itu saja seperti kaleng bundar yang berlubang-lubang.

Velg Alumunium

Jenis ini merupakan jenis yang paling populer saat ini, menggantikan velg jenis baja yang identik dengan mobil klasik atau retro. Velg alumunium terbuat dari paduan alumunium, magnesium dan nikel yang memungkinkan ketahanan lebih kuat dengan bobot yang lebih ringan. Selain itu velg alumunium memiliki berbagai bentuk dan desain sehingga velg ini menjadi yang paling populer baik itu velg pabrikan maupun alfamarket. Namun meskipun terbuat dari bahan alumunium magnesium dan nikel velg jenis ini sangat rentan penyok bahkan pecah jika terbentur benda keras.

Velg Magnesium

Velg dengan bahan utamanya magnesium merupakan salah satu velg yang jarang kita dijumpai dan tidak sebegitu populer dengan jenis lainya. Padahal jenis velg ini lebih ringsn dsn lebih kuat dibandingkan dengan velg mobil alumunium. Selain itu, velg magnesium juga lebih mampu meredam guncangan dan panas dari rem.

Lalu mengapa velg ini jarang digunakan ? Alasanya adalah karena velg magnesium lebih rentan terkena korosi. Itulah kenapa velg magnesium kebanyakan digunakan pada ajang balap.

Velg Carbon

Inilah kasta tertinggi dari jenis velg dan matrial yang digunakan. Carbon fiber sudah lama dikernal sebagai matrial yang ringan dan kuat yang sering kali menjadi material chassis serta body dari mobil supercar. Sehingga velg ini sering dipakai pada ajang balap Formula 1.


Setelah mengetahui berbagai jenis velg mobil, pada kesempatan kali ini kami akan membahas terlebih dahulu tentang velg mobil berbahan alumunium tepatnya adalah tentang tips & trik cara mengkilapkan velg mobil alumunium.

Jenis velg mobil berbahan alumunium memang sangat terlihat keren dan elegan namun seiring berjalanya waktu velg yang awalnya mengkilap akan berubah menjadi kusam dan kekuningan. Banyak fator yang menyebabkan velg mobil menjadi kusam dan menguningan salah satuya adalah terlalu sering velg terken air hujan, Kurangnya perawatan dan karena faktor usia.

Nah jika hal ini terjadi pada velg mobil anda, tidak usah terbutu-buru untuk membawanya ke bengkel untuk menghilangkan noda kusam tersebut. Berikut ini kami memiliki tips cara mengkilapkan velg mobil alumunium yang bisa anda lakukan sendiri dirumah lumayan kan bisa ngirit ongkos buat bayar jasa bengkel😁😁 Berikut ulasanya

Gunakan Autosol

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memolesnya menggunakan autosol, selain digunakan untuk mengkilapkan mesin motor autosol sangat ampuh digunakan untuk mengkilapkan velg mobil.  Jika tidak mengetahui apa itu autosol, Autosol merupakan salah satu obat metal polisher yang harganya kisaran Rp 15.000 untuk ukuran kecil anda dapat membeli autsol ditoko bangunan, minimarket dan toko online langganan anda.

Jika berminat untuk menggunkan autosol sebagai penghilang noda kuning dan kusam, berikut ini adalah langkah-langkah cara mengkilapkan velg mobil dengan autosol.
  • Siapkan autosol ukuran kecil atau sedang dan kain yang bersih dan halus.
  • Bersihkan velg, alangkah baiknya anda bisa mencucinya dengan air dengan sabun hingga partikel debu dan kotoran yang menempel menghilang.
  • Keringkan velg, gunakan kain kanebo aga rair cepat mengering.
  • Kemudian oleskan autosol secara merata pada area velg yang ingin anda poles, gosok menggunakan kain yang bersih.
  • Agar noda kusam pada velg cepat menghilang gosok dengan memberi sedikit tekanan, sedikit capek sih memang saat tahap ini. Namun rasa capek kita nanti akan menghilang setelah melihat hasilnya😀😀
  • Jika diperlukan ulangi proses diatas hingga velg mobil anda benar-benar mengkilap seperti baru.
  • Gunakan obat pengkilap kit atau turtell wax untuk menghiangkan sisa-sisa autosol yang masih menempel.

 Gunakan Kompon Putih

Selain digunakan untuk mempoles body mobil yang kusam, kompon putih juga bisa difungsikan untuk mengkilapkan velg mobil yang kusam. Nah berikut ini adalah cara mengkilapkan velg mobil alumunium menggunakan autosol.
  • Sama seperti yang diatas anda juga harus menyiapkan kompon putih, kain lap yang bersih dan halus.
  • Bersihkan velg dengan cara mencucinya dengan sabun dan air yang bersih.
  • Keringkan velg hingga tidak ada sisa air bekas cucian yang masih menempel.
  • Kemudian oleskan kompon secara merata pada area velg dan gosok dengan kain lap yang bersih dan halus. Ulangi tahap ini beberapa kali agar noda kusam dan kuning menghilang.
  • Setelah velg mengkilap anda bisa mengelapnya menggunakan kain yang baru, namun agar mengkilap lebih maksimal anda bisa memolesnya menggunakan obat pengkilap.
Selain untuk mengkilapkan, kompon putih juga ampuh digunakan untuk menghilangkan bekas aspal yang menempel pada velg mobil anda.

Agar velg yang mengkilap tidak kusam kembali, alangkah baiknya anda melakukan perawatan ringan seperti selalu menjaga kebersihan pelek terutama saat melewati kubangan air kotor saat musim hujan. Anda bisa menggulangi ke dua tips diatas sebulan sekali agar velg selalu tampil mengkilap seperti baru.

Cukup mudah bukan kedua tips diatas dan pastinya mudah dipahami dan di praktekkan sendiri dirumah. Selain digunakan untuk mengkilapkan velg alumunium, kedua tips diatas juga bisa anda aplikasikan pada velg jenis lainya. Sekian tips tentang cara mengkilapkan velg mobil alumunium semoga bermanfaat dan tetap stay di suryadidik.com karena banyak tips menarik lainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel