Jangan Keliru.!! Berikut Cara Mengompon/Mempoles Motor Yang Baik Dan Banar


Cara mengompon motor yang benar - Motor merupakan kendaraan roda dua yang saat ini pamornya mulai melejit tak heran jika saat ini dijalanan dipadati kendaraan roda dua. Bahkan saat ini para pabrikan motor berlomba-lomba untuk mengeluar motor terbaru dengan model sedimikian rupa agar bisa memikat hati para pembelinya.

Jika saat ini anda membeli motor baru pastinya akan menginginkan body motornya selalu terlihat mengkilap tanpa ada noda goresan. Banyak survai menyatakan jika motor masih baru si pemilik motor akan selalu merawatnya setiap saat bahkan jika motor kotor sedikit saja akan langsung mencucinya. Selain itu jika motor masih dalam keadaan baru akan mengendarainya secara hati-hati agar tidak menyebabkan dek motor baret. Ya maklum lah namanya juga motor masih baru syirik loo ya😀😀


Seiring berjalanya waktu body motor yang baru akan berubah menjadi kusam bahkan kasar saat diraba tangan. Sebenarnya penyebab dek motor menjadi kusam dan kasar terjadi karena beberapa faktor seperti :
  • Cat motor terlalu sering diolesi obat pengkilap yang menggandung obat kimia tinggi,
  • Terlalu sering terkena panas matahri secara menerus juga akan membuat cat motor cepat kusam.
  • Mencuci motor dengan obat sabun atau detergen.
  • dll.
Jika dek motor anda mengalami hal serupa, ada cara mudah untuk mengkilapkan kembali dan menghaluskan cat motor yang kasar dan kusam yaitu hanya dengan menggunakan kompon putih. Yaa kompon merupakan obat atau bahan yang seiring digunakan untuk mempoles atau mengkilapkan cat yang sudah kusam dan berjamur.

Namun perlu anda ketahui, sebenarnya cara mengkilapkan dek motor dengan kompon jika dilakukan dengan cara yang salah bukanya dek mengkilap yang akan didapat namun, cat motor anda akan terkikis oleh kompon. Lantas bagaimana cara mengompon motor yang benar ?

Nah.. pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips bagaimana cara mengompon motor yang benar sehingga tidak merusak permukaan cat motor anda. Langkah-langkah ini kami buat sedemikian rupa sehingga mudah dipahami dan mudah anda praktekkan sendiri dirumah. Berikut ulasanya

Pertama anda harus menyiapkan kompon putih terlebih dahulu, jika dirasa membutuhkan kompon sedikit anda bisa membeli kompon yang ukuran 1ons saja dengan harga kisaran Rp 7.000 dan untuk mendapatkan kompon anda bisa membelinya ditoko bangunan atau ditoko-toko cat terdekat.

Anda juga bisa membaca cara menggunakan cat pilox agar mengkilap dan tidak mudah mengelupas

Oh iya.. siapkan kain microfiber juga ya, jika tidak punya anda bisa menggantinya dengan kain biasa yang penting kain bersih dan halus sehingga jika digunakan tidak akan menimbulkan goresan pada permukaan cat.

Setalah kedua bahan diatas sudah siap, langkah pertama cara mengompon motor yang benar adalah membersihkan dek motor hingga tidak ada partikel debu dan kotoran yang menempel. Namun akan lebih baik anda mencucinya dengan air bersih dan shampo khusus cuci motor kemudian keringkan dengan lap kanebo.

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah oleskan kompon putih secara merata pada dek motor, kemudian gosok menggunakan kain yang halus dengan gerakan memutar dan beri sedikit tekanan. Pada tahap ini akan membutuhkan sedikit banyak tenaga namun rasa capek akan terbayar dengan hasilnya nanti.

Perlu anda ketahui melakukan proses memoles dengan kompon sedikit demi sedikit akan mengikis permukaan cat motor anda, jadi berhati-hatilah saat proses mengosok atau mempoles. segera hentikan proses mengompon jika permukaan body motor yang kasar sudah halus dan mengkilap kembali.

Untuk menghilangkan sisa-sisa kompon yang masih menempel anda bisa mengoleskan obat pengkilap seperti kit atau turtell wax dengan cara mengoleskanya dengan gerakan memutar, dan lihat lah dek motor yang kusam dan berjamur kembali mengkilap seperti baru.

Cara mengompon motor yang benar Jika cat baru yang ingin dikompon, anda harus mengamplasnya terlebih dahulu dengan menggunakan amplas halus nomor 2000. Mengapa cat baru harus diamplas ? Tujuan pengamplasan disini adalah untuk menghilangkan partikel debu yang menempel dan menghilangkan cat kulit jeruk.

Untuk cara mengamplasan cat baru yang benar adalah amplas seluruh bagian dek motor yang baru dicat hingga permukaan clear coat jika diraba terasa halus, jangan lupa gunakan air ya saat mengamplas agar memudahkan proses pengamplasan dan mengurangi gesekan antara amplas dengan cat.

Perlu di ingat pada bagian sudut-sudut dek jangan diamplas ya, karena pada bagian ini cat dan clear coat tidak menempel degan sempurna sehingga jika terkena amplas maka cat akan botak atau habis terkikis amplas.

Setalah cat baru teramplas semua cara mengompon motor yang benar selanjutnya adalah dengan dengan mengoleskan kompon secara merata pada permukaan cat dan gosok dengan gerakan memutar. Lakukan tahap ini hingga dek motor kembali mengkilap dan bekas amplasan menghilang. Jika masih belum mengkilap ulangi tahap ini beberapa kali. Untuk hasil yang lebih maksimal gunakan obat pengkilap setelah anda selesai mempoles dengan kompon.

NB : Jika berminat anda bisa mengecatkan body motor di bengkel kami yang beralamat di pati jawa tengah WA 085640379019. Selain menerima jasa cat body motor, kami juga menerima jasa cat mobil.

Nah itulah tadi beberpa ulasan tentang cara mengompon motor yang benar, semoga bisa bermanfaat dan jangan takut untuk mencoba. Jika ada kebinggungan anda bisa berantanya dikolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel