Penyebab Dan Cara mengatasi Clear Coat Berbintik-bintik - Suryadidik.com


Mengatasi clear coat berbintik - Gagal dalam pekerjaan merupakan suatu hal yang sangat membosankan dan mengecewakan, selain membuang-buang waktu kita juga akan rugi dalam hal membeli bahan matrial. Namun jika kita berfikir yang lebih dalam pastinya yang namanya suatu pekerjaan akan mengalami masalah atau kegagalan baik itu karna faktor manusia atau faktor lainya.


Salah satu contoh pekerjaan yang yang sangat melelahkan saat gagal adalah bekerja sebagai tukang cat body repaire. Mengapa bisa dikatakan melelahkan? bagaimana tidak melelahkan coba jika saat finishing menyemprotkan clear coat namun clear coat tersebut malah meleleh selain itu terkadang cat lama tidak kuat jika kita timpa dengan cat baru maka cat tersebut akan kriting atau mengkerut.

Jika sudah terjadi beberapa kesalahan seperti yang kami sebutkan tadi pastinya kita akan mengeluarkan tenaga dan waktu untuk menghilangkan clear coat yang meleleh dan juga menghilangkan cat yang kriting.

Selain cat kriting dan clear coat yang meleleh, terkadang setelah selesai proses pernis kita menemukan permukaan clear coat berbintik-bintik kecil. Jika hal ini terjadi pada tukang cat senior pastinya akan tenang karena sudah tahu bagamana cara mengatasinya, namun bila hal ini terjadi pada tukang cat pemula pastinya akan ke bingungan.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar penyebab clear coat berbintik dan cara mengatasinya. Sehingga jika hal ini terjadi saat proses celar coat anda bisa mengatasi atau menghilangkanya.

Penyebab umum mengapa clear coat berbintik adalah karena debu, pada saat kita proses clear coat di luar ruangan dan banyak debu yang berterbangan maka debu tersebut akan menempel pada permukaan clear sehingga jika clear coat sudah mengering maka akan timbul bintik-bintik kecil.

Alangkah baiknya jika pengecatan dilakukan diluar ruang, tunda dulu proses clear coat jika diperkirakan ada angin yang cukup kencang. Selain menjadi penyebab cat berbintik angin yang kencang juga akan boros cat atau clear coat.

Penyebab yang lainya adalah cat yang akan di timpa pernis masih dalam keadaan dingin atau masih sedikit basah sehingga dalam waktu panjang cat akan bergelembung. Pastikan sebelum melakukan pernis permukaan cat tidak dingin biasanya ini terjadi saat cuaca sedang mendung atau kurang panas.

Lantas bagaimana cara mengatasi clear coat berbintik?

Untuk mengatasi masalah ini anda hanya perlu menyiapkan peralatan seperti amplas halus nomor 2000, kompon putih dan kain yang bersih dan halus.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah amplas permukaan clear coat hingga bintik-bintik yang menepel menghilang. Karan clear coat keras setelah mengering jadi proses pengamplasan sedikit menguras tenaga.

Selain menghilangkan bintik-bintik proses pengamplasan juga bisa menghilangkan cat kulit jeruk. Untuk mengetahui bintik-bintik pada permukaan hilang, anda bisa meraba permukaan cat dengan tangan jika sudah halus berarti sudah menghilang jika masih terasa kasar anda harus mengamplasnya kembali.

Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pemolesan menggunakan kompon putih. Oleskan kompon secara merata pada permukaan clear coat yang sudah kita amplas tadi dan gosok dengan gerakan memutar dan beri sedikit tekanan. Lakukan proses ini beberapa kali hingga bekas amplasan menghilang dan permukaan cat mengkilap kembali. Untuk menghemat tenaga dan mempercepat pada proses ini alangkah baiknya anda bisa menggunakan mesin poles.

Agar hasilnya lebih maksimal setelah proses memoles, oleskan obat pengkilap seperti kit, turtell wax dll untuk mengkilapkan dan menghilangkan bekas kompon yang masih menempel pada permukaan cat. Dan lihatlah permukaan cat terlihat seperti cat pabrik tanpa ada noda bintik-bintik dan cat kulit jeruk.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan saat proses pengecatan dan clear coat berikut ini adalah beberapa kesalahan-kesalahan yang dapat terjadi saat proses pengecatan dan proses clear coat pada mobil dan motor. 

Kesalahan saat melakukan mixsing/pencampuran kekentalan cat

Pada saat mencampurkan clear dan menambahkan hardenner yang terlalu banyak maka akan menimbulkan masalah saat clear coat disemprotkan, karena akan menghambat proses penguapan clear tersebut.

Begini lo mngsudnya, clear coat tidak akan memiliki waktu oksidasi dengan cukup. Sehingga setelah selesai proses pengecatan maka akan ditemukan permukaan cat terlihat seperti kulit jeruk. Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh jenis atau tipe thinner yang kita gunakan.

Thiner yang bersifat cepat kering saat suhu yang panas juga akan menyebabkan hasil pengecatan seperti kulit jeruk karena ketidak cocokan penguapan bahan pengecatan. Untuk menghindari hal ini gunakanlah thinner slow dan saat proses clear coat jangan sampai terkena panas matahari langsung.

Menghindari clear coat meleleh

Penyebab cat meleleh sendiri diakibatkan oleh faktor manusia karena kelalain atau terburu-buru saat menyemprotkan clear coat.


Untuk menghindari hal ini, saat mixing thiner dengan cat jangan terlalu kental dan terlalu encer. Jika terlalu encer maka presentase cat meleleh akan tinggi, selain itu daya kilat cat akan cepat memudar dan jika pernis terlalu kental maka clear coat akan terlihat seperti menumpuk dan pastinya akan boros clear coat๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€.

Saat proses clear coat agar berjalan lancar memang dibutuhkan kesabaran tan ketelitian, jadi lakukan proses pernis secara tipis terlebih dahulu kemudian beri jeda pada setiap lapisan untuk menghindari cat yang meleleh.

Jarak spraygun juga bisa menjadi penyebab clear coat meleleh, jarak paling ideal sparygun dengan permukan adalah sekitar satu jengkal tangan atau 20 cm. Jika jarak spraygun terlalu jauh maka clear coat akan menempel kurang maksimal.

Dan jika clear coat sudah terlanjur meleleh maka untuk menghilangkanya adalah dengan mengamplas nya menggunakan amplas nomor 2000 untuk lebih jelasnya anda bisa membaca cara mudah nmenghilangkan clear yang meleleh

Menghindari cat kriting atau mengkerut 

Untuk menghindari terjadinya cat kriting atau mengkerut anda bisa melapisi permukaan yang ingin di cat dengan epoxy. Namun jika cat sudah terlanjur mengkerut untuk mengatasinya adalah dengan mengamplasnya hingga cat mengkerut tersebut menghilang, gunakan amplas nomor 1500 ya. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca cara sederhana menghilangkan dan mengatasi cat kriting dan mengkerut

Buatlah adonan cat yang sedikit kental untuk menutup bagian yang mengkerut. Tujuan membuat adonan cat yang sedikit kendal adalah agar cat cepat nutup sehingga tidak memberi ruang cat akan mengkerut kembali.

Penyebab cat kriting dan mengkerut terjadi karena kualitas cat dan thiner yang kita gunakan lebih baik dari pada kualitas cat yang digunakan sebelumnya(cat lama)

Cat kriting dan mengkerut ini biasa sering terjadi pada cat mobil yang sudah dipermak ulang( cat ulang). Terkadang untuk mendapatkan untung yang lebih maka mas-mas tukang cat membelikan  cat yang berkualitas dibawah standar atau tidak berstandart pabrik sehingga jika kita timpa dengan cat yang berstandr pabrik maka cat lama akan bereaksi mengkerut.

Demikian lah tips bseputar cara mengatasi clear coat berbintik dan penyebab clear coat berbintik. Semoga bermanfaat dan semoga bengkel cat nya lancar. Jika ada kebinggungan anda bisa bertanya dikolom komentar yang ada dibawah artikel ini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel