4 Cara Mudah Menghilangkan Goresan Pada Dek Motor Matic


Cara menghilangkan goresan pada dek motor matic -  Noda goresan atau lecet merupakan momok tersendiri jika terjadi pada body motor apa lagi motor tersebut masih tergolong baru. Selain mengurangi penampilan motor banyaknya noda lecet juga bisa mempengaruhi nilai jual motor tersebut lo..

Penyebab lecet di dek motor matic atau body kulit jeruk sebenarnya disebabkan karena beberapa faktor seperti, akibat terkena sepatu atau alas kaki yang kita gunakan atau mungkin karena kita membawa sejumplah barang bawaan belanjaan yang di letak kan didepan  pada bagian celah antara kemudi/jok dengan bagian dasboard.


Meski hanya goresan kecil, namun bisa membuat tampilan motor matic terlihat kusam bahkan dek motor yang kusam bisa membuat kurang percaya diri saat kita mengendarainya. Lantas bagaimana cara menghilangkan goresan pada dek motor matic atau body kulit jeruk motor matic??

Sebenarnya ada cara yang cukup unik untuk menghilangkan goresan pada dek motor matic, kita hanya cukup menggunakan hairdryer pengering rambut untuk menghilangkan noda lecet yang biasanya berwarna putih pada dek sepada motor yang berbahan plastik. Cara nya pun sangatlah simpel cukup panaskan permukaan dek yang terdapat noda lecet.

Cara sederhana ini diklam mampu menghilangkan goresan-goresan tersebut, karena panas yang dikeluarkan dari alat pengering rambut ini mampu melelehkan/menghilangkan goresan-goresan kecil yang cukup menganggu. Kesimpulanya adalah jika lecet tersebut dipanaskan maka akan sedikit meleleh sehingga lapisan yang tergores akan tertutup kembali.

Perlu anda ketahui jangan mengambil tindakan untuk mempoles dek warna hitam motor matic menggunakan cairan atau obat poles, karna haltersebut justru malah akan membuat dek motor berwarna kusam dan warna hitamnya akan menjadi pudar.  Mengapa demikian?

Cairan poles atau kompon mengandung bahan kimia yang cocok digunakan untuk bagian dek body motor yang berbahan fiberglass. Jika dipakai pada dek motor yang berbahan plastik, bisanya warna hiam akan pudar dan menjadi kusam.

Selain itu tidak dirokemendasikan untuk mengecat body plastik ini. Memang langkah pengecatan bisa membuat dek menjadi hitam kembali namun, karena dek plastik bersifat licin maka cat yang menempel akan cepat mengelupas. Jika cat sudah mengelupas maka akan memperburuk tampilan motor anda. Baca juga cara alami menghitamkan dek motor matic dengan minyak goreng

Untuk menghindari lecet pada dek motor, alangkah baiknya saat membawa barang bawaan yang diletakan pada bagian depan motor matic anda bisa melapisinya dengan kardus bekas atau karung bekas. Ini bertujuan untuk menghindari gesekan antara barang dangan body motor.

Selain itu untuk menjaga warna hitam pada dek motor matic alangkah baiknya saat selesai mencuci motor jangan mengoleskan semir atau silicon untuk menghitamkan body motor. Memang pemberian semir bisa membuat dek menjadi hitam mengkilap, namun hal ini justru bisa merusak atau mengikis warna hitam alami pada dek motor. Biasanya jika dek motor terbiasa disemir, bila dek tidak disemir maka warna dek akan terlihat kusam dan memudar.

Jika goresan atau lecet terjadi pada body motor anda bisa menghilangkanya dengan mengunakan kompon putih dan obat pengkilap. Berikut adalah cara menghilangkan goresan dengan mengunakan kompon putih :

Pertama pastikan area yang akan dikompon bersih dari debu dan kotoran khususnya pada area yang terdapat noda lecet. Ini bertujuan agar tidak timbul kembali noda lecet saat proses memoles.

Oleskan kompon secara merata pada permukaan dek yang lecet, kemudian gunakan kain yang bersih dan halus untuk menggosok/mempolesnya. Karena proses poles bersifat mengikis cat, maka segera hentikan proses mempoles jika noda lecet sudah menghilang dan gunakan obat pengkilap untuk menghilangkan sisa-sisa kompon dan juga untuk mengkilapkan kembali dek motor yang kusam.

Selain menggunakan kompon putih, anda bisa menggunakan pasta gigi dan autan(lution anti nyamuk) untuk menghilangkan baret pada body motor anda. Cara menggunakan pasta gigi dan autan pun sama dengan cara menghilangkan lecet dengan kompon putih yang sudah kami jelaskan diatas tadi.

Mungkin itu yang bisa kami sampaikan tentang tips cara menghilangkan goresan pada motor matic. Semoga bermanfaat dan salam otomania dari plat K.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel