Penyebab Dan Cara Mengkilapkan Tangki Motor yang Kusam


Cara mengkilapkan tangki motor yang kusam - Seperti yang sudah kita ketahui  jenis motor sport tentunya identik dengan tangki. Ya selain fungsinya sebagai tempat bahan bakar, tangki juga menambah gaya penampilan motor tersebut. Tak heran jika motor sport saat ini mengendong tangki yang sedemikian rupa untuk menambah kesan elegan pada motor.

mengkilapkan tangki motor yang kusam

Karena letaknya yang didepan dan paling atas jika kita minim dan kurangnya perawatan, tangki motor yang awalnya mengkilap lama kelamaan warnyanya akan berubag kusam. Sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan warna cat tangki cepat memudar. Berikut adalah beberapa penjelasanya :
  • Tersiram/Terkena Bahan Bakar/Bensin
Hal ini biasanya terjadi saat kita mengisi bensin dan secara tidak sengaja bensin tersebut mengenai permukaan cat tangi. Memang efeknya tidak begiu kelihatan namun jika hal ini terjadi secara terus menerus maka permukaan cat akan cepat kusam. Untuk menhatasi hal ini alangkah baiknya jika permukaan tangi terkena bensin alangkah baiknya anda segera mengelapnya hingga kareng. Jangan biarkan bensin mengering dengan sendirinya hal ini dapat merusak struktur cat/clear coat.

Baca juga  Cara Menghilangakan Karat Pada Knalpot Dengan Autosol 
  • Terkena Air Hujan
Selain bisa menyebabkan karat, air hujan juga dapat menyebabkan warna cat tangki motor anda cepat kusam dan pudar. Alangkah baiknya setelah kehujanan anda bisa mencucinya dengan air yang mengalir dan janagan lupa gunakan shampo khusus motor ya. Cuci hingga bersih sampai keselela sela terutama pada bagian tangki. Segera keringkan menggunakan kain kanebo yang memiiki daya resap baik agar tidak ada sisa-sisa air dan sabun yang menempel.


Jika tidak ada waktu untuk mencucinya, anda bisa mengeringkanya dengan kain kanebo. Jika air hujan yang menempel pada tangi mengering dengan sendirinya maka akan menimbulakan jamur yang dapat menutupi permukaan cat/clear coat. Dan janganlah mencuci motor disiang hari atau disaat cuaca yang panas, karena disaat cuaca panas, busa dan shampo saat  yang menempel pada body motor akan cepat mengering. Jika hal ini terjadi maka akan menimbulkan noda putih seperti panu pada permukaan cat.  

Baca juga   Cara Mudah Mengkilapkan Blok Mesin dengan Brasso

Oh iya sebisa mungkin jangan gunakan detergen atau sabun cuci pakaian ya. Mengapa demikain? Kedua bahan tersebut mengandung bahan kimia yang cukup keras, sehingga jika anda mencuci motor menggunakan detergen maka akan membuat cat menjadi kusam. Jika tidak ada shampo motor anda bisa menggunakan sabun pencuci piring untuk mencucinya. Sabun pencuci piring tergolong lebih aman untuk mencuci motor dari pada menggunakan detergen.
  • Panas Matahari
Selain karena air hujan, tangki motor yang terpapar sinar matahari secara langsung juga dapat membuat permukaan cat tangki motor menjadi cepat kusam bahkan warna catnya akan cepat memudar. Alangkah baiknya jika tidak digunakan, parkirkan motor ditempat yang tetuh seperti dibawah pohon.

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab tangki motor cepat kusam dan pudar, berikut ini adalah tips sederhana cara mengkilapkan tangki motor sprot sport yang kusam dan pudar :
  •  Gunakan kompon
Ya selain digunakan untuk menghaluskan cat motor yang kasar, kompon putih juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan noda kusam pada tangi. Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan kompon untuk motor.
  • Pertama cuci tangki terlebih dahulu dengan air bersih dan shampo pencuci motor hinggi semua partikel debu dan kotoran yang menempel menghilang. Untuk menghindari noda jamur dan bercak air segera keringkan sisa-sisa air yang masih menempel.
  • Oleskan kompon secara pada permukaan cat tangki, kemudian kemudian gosok dengan gerakan memutar dan berikan sedikit tekanan. Lakukan tahap ini secara berulang-ulang hingga tangki mengkilap seperti baru.
  • Untuk hasul yang lebih maksimal anda bisa mengoleskan obat pengkilap supaya tangki mengkilap cetar membahane. Obat pengkilap juga berfungsi untuk menghilangkan sisa-sisa kompon yang menempel.

Fungsi kompon disini adalah untuk menghilangkan jamur yang menutupi permukaan cat sehingga warna cat akan mengkilap kembali. Karena sifat kompon dapat mengkikis celar coat maka lakukan proses mengompon seperlunya saja atau saat tangki mulai kusam kembali.
  • Proses waxing
Cara mengkilapkan tangki motor yang kusam selanjutnya adalah denga melakukan proses waxing. Berbeda dengan proses mengkompon proses waxing tergolong lebih aman karrena tidak terlalu banyak mengkikis permukaan cat. Namun kelemahan waxing adalah jika noda kusam pada tangki terlalu tebal maka akan sulit untuk dihilangkan. Nah jika anda tertarik melakukan proses ini berikut adalah tahapan proses waxing yang benar.
  • Pastinya pertama anda harus menyiapkan obat waxing seperti turtell wax, enamol dll. Siapkan juga kain microfiber atau kain yang bersih dan halus.
  • Kemudian cuci motor anda hingga debu dan kotoran yang menempel menghilang. Jika tidak sempat untuk mencucinya anda cukup mengelapnya menggunakan kain kanebo hingga dipastikan permukaan cat bersih dari debu.
  • Oleskan obat wax secar merata dengan menggunakan busa spons dan gosok dengan gerakan memutar dengan menggunakan kain yang bersih dan halus tadi, jika tidak ada kain anda juga bisa menggunakan tissu kering. Pada tahap ini akan membutuhkan sedikit tenaga yang ekstra namun tenang, rasa capek kita nanti akan terbayar dengan melihat hasilnya.
  • Untuk hasil yang lebih maksimal lakukan tahap diatas secara beulang kali.
Setelah tangki mengkilap dan tidak kembali kusam, anda bisa melakukan perawatan-perawatan ringan seperti. 
  • Mencucinya secara berkala atau jika tangki sudah mulai kotor.    
  • Mengelapnya setiap pagi agar tidak ada partikel debu yang menempel. 
  • Berikan obat pengkilap setiap seminggu sekali atau sehabis motor dicuci. Selain mengkilapkan tujan memberikan obat pengkilap adalah untuk melapisi permukaan cat sehingga jika terkena panas matahari lanngsung tidak membuat warna cat cepat kusam.
  • Dll.
Mungkin itu dulu tips yang bisa kami sampaikan seputar cara mengkilapkan tangki motor yang kusam, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.











 

  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel