10 Cara Yang Benar Merawat Mobil matic Yang Perlu Anda ketahui


Cara merawat mobil matic - Mobil matic saat ini merupakan jenis mobil yang banyak digemari masyarakat baik itu kaum pria atau wanita. Karena jika menendarai mobil matic akan merasakan kenyamanan tersendiri ketimbang mengendarai mobil manual. Di indonesia sendiri saat ini penjualan mobil matic naik secara signifikat, bahkan pamor mobil bertransmisi misi manual saat ini kalah dengan mobil matic ini.

Bebeberapa keistimewaan mobil matic ini adalah  mudah digunakan khususnya page pemula atau sangat cocok bagi tipe orang yang tidak mau ribet menggunakan perseneleng. Mengendarai mobil matic sendiri hanya berpatok pada rem gas sehingga sangat recommended bagi kaum hawa yang ingin bergaya dan tampil elegan. Namun seiring berjalanya waktu kaum adam pun saat ini banyak yang mengendarai mobil tanpa pedal kopling ini.


Bukan tanpa alasan jika mobil matic ini sangat digemari masyarakat. Karena dijalanan yang padat saat ini mobil matic bisa diandalkan untuk bermanufer ditengah-tengah kemacetan.

Namun dari berbagai banyak kelebihan perawatan mobil matic ini jauh berbeda dengan perawatan mobil manual. karena jika transmisi mobil matic rusak biaya untuk memperbaikinya akan jauh lebih mahal dari pada mobil bertransmisi manual.

baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil

Nah agar mobil anda tidak cepat rusak, berikut kami memiliki beberapa tips cara merawat mobil matic yang benar. Tidak hanya 1 namun kami memiliki 13 tips yang dapat anda aplikasikan seharti-hari. Penasaran bagaimana tipsnya? Berikut kami ulas satu persatu

1. Melakukan Servis Mobil

Sevis merupakan perawatan pertama yang bisa anda aplikasikan secara rutin maupun secara berbala. Melakukan servis secara rutin akan menjaga kenyamaan dan performa mobil tetap prima khususnya saat digunakan pada jalan yang menanjak. Perlakuan sevis ini akan membuat anda tahu bagaiman komponen mana yang sudah aus atau harus diganti.

Memang jika kita bandingan dengan servis mobil manual servis mobil matic bisa dikatakan sedikit lebih mahal. Selisihnya pun bisa mencapai 200-300rb tergantung tingkat kerumitan pada mobil anda.

2. Penggantian Oli Mesin

Selain melakukan servis, penggantian oli mesin juga harus anda perhatikan agar performa mesin mobil selalu prima.  Penggantian ideal untuk menggnti oli mesin mobil matic dapat anda lakukan jika speedometer sudah menunjukan angka 2.500-3000 km.

Dipasaran sendiri banyak sekali jenis oli mesin matic yang bisa anda gunakan dengan harga yang bervariasi dengan harga mulai 70rb hingga ratusan ribu tergantung merk oli dan tingkat kualitas oli tersebut. Jangan lupa juga untuk mengganti filter oli mesin setiap 2 sampai 3 kali pengantian oli agar nantinya oli dapat bekerja secara maksimal.

3. Mengganti Oli Trasmisi

Dalam meraw.at mobil mengganti oli transmisi juga harus anda lakukan secara rutin atau berkala. Idealnya untuk mengganti oli transmisi ini jika angka pada speedometer sudah menunjukkan angka 25.000 km atau paling maksimal pada angka 50.000 km maka anda wajib untuk segera menggantinya.


baca juga Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight

Harga oli transmisi sendiri bervariasi mulai dari 70rb hingga 200rb tergantung kualitas oli tersebut. Namun alangkah baiknya anda bisa menggunakan oli transmisi yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan mobil tersebut.

4. Penggantian Oli Transmisi Ketika Mobil Tergenang banjir

Hal ini bisa terjadi saat cuaca sedang hujan, memang sulit ketika berkendara menghindari jalanan yang terdapat kubangan air hujan. Namun jika sudah terlanjur melewati jalan yang banji maka anda harus mengganti oli transmisi untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Karena saat hujan deras atau banjir yang besar air hujan akan masuk kedalam gearbox. Jika oli tidak segera diganti mobil matic akan menggalami hal-hal yang buruk seperti kemacetan gear atau transmisi.


5. Pengecekan Valve & Oli transmisi

Bagian komponen mobil matic yang sering terjadi kerusakan adalah pada gasket transmisi seperti kebocoran pada gasket transmisi atau kerusakan gasket transmisi. Oleh karena itu agar tidak terjadi kerusakan yang tidak kita inginkan alangkah baiknya anda bisa melakukan pengecakan secara dini. Perawatan kendaraan mobil manual memanglah sangat berbeda, bila mobil bertransmisi matic akan mengalami velve rusak atau kebocoran velve, maka ini bisa terjadi saat memindahkan tuas yang keras dan sentakan gas.

6. Kinerja Transmisi

Pada tahap ini anda bisa melakukan pengecakan sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel mesin. Anda bisa mengeceknya dengan cara menempatkan tuas transmisi pada posisi D atau R, kemudian anda bisa melepas pedal rem mobil. Jika mobil anda tdak memiliki masalaha pada sistem transimi maka mobil akan langsung bergerak.

7. Pengujian Jalan(road test)

Sebagai pemilik mobil, terutama yang menggunakan transmisi matic maka anda harus rajin-rajinlah untuk melakukan pengujian jalan. Caranya pun cukuplah sederhana anda cukup mengendarai mobil tersebut kemudian cobalah untuk memindahkan perseneleng mobil anda secara pelan, kemudian rasakan apakah persneling mobil anda berpindah dengan normal tanpa mengalami masalah.

Namun jika saat memindahkan persneling anda mendengar suara yang aneh seperti suara yang agak berisik dan mobil sedikit bergoncang maka kemungkinan besar transmisi mobil matic anda mengalami masalah. Apabila hal ini terjadi pada mobil anda segaralah untuk mengambil tindakan untuk membawanya ke bengkel langganan anda atau anda bisa membawanya ke bengkel resmi. Karena jika transmisi mengalami masalah itu bisa dikategorikan masalah yang cukup fatal, karena transmisi merupakan bagian vital jenis mobil matic.

8. Memanaskan Mobil

Perawatan mobil matic selanjutnya adalah tidak hanya pada mobil manual, menaskan mobil matic juga berlau anda lakukan sebelum mobil digunakan untuk berkendara. Memaskan mesin mobil sebelum berpergian memanglah hal yang cukup sempel, namun banyak pengendara mobil matic mengabaikan hal sepele ini.

baca juga Resep Sederhana Mengkilapkan Mobil Sendiri Tanpa Harus Ke Salon

Perlu anda ketahui jika anda sering lalai untuk memanaskan mesin mobil sebelum anda gunakan maka jangka panjang bisa berakibat fatal.Anda akan merasakan gangguan pada besin mobil saat mobil digunakan untuk berpergian yang cukup jauh. Maka dari itu untukmenghindari kerusakan pada komponen mesin alangkah baiknya anda melaungkan waktu sedikit untuk memanskan mesin mobil sebelum anda gunakan. Pastikan saat memanaskan mesin posisi tuas transmisi dalam posisi N(netral) atau P(parkir) dan jangan lupa untuk menarik handrem(rem tangan)

Lantas berapa lama waktu ideal untuk memanaskan mesin ?

Sebenarnya lama waktu memanaskan mesin tergantung pemakian mobil tersebut. Jika mobil jarang dipakai maka anda harus memanaskan mesin lebih lama, sampai suhu mesin mulai panas atau jarum indikator yang berada di dalam speedometer dashboar  menunjukan bahwa mesin sudah panas.

Sementara itu jika mobil sering kita gunakan pada kebutuhan sehari-hari maka anda cukup memanaskan mesin sebentar saja atau sekitar 3-5 menit setiap pagi hari sebelum mobil digunakan.

9. Meneliti persneling

Perawatan mobil matic selanjutnya adalah dengan meneliti saat penggunakan tuas transmisi persneling. Begini mangsudnya bila anda mulai menjalankan mobil anda harus menarik tuas transmisi "D1",  jika anda langsung menarik tuas persneling ke "D2" mobil akan terasa berat saat awal mulai berjalan. Memang sangsung menggukan persneling "D2" mobil akan terasa halus saat berjalan, namun jika hal ini anda lakukan secara terus menerus maka akan menyebabkan transmisi mobil anda cepat mengalami kerusakan.

Begitu juga saat mobil berhenti dalam kondisi mesin hidup, misalakan saat berhendi dilampu merah anda bisa menarik tuas persneling ke "N" dan agar lebih aman anda sambil menekan pedal gas atau handrem. Dan jika anda ingin memarkirkan mobil dan mesin dalam keadaan mati tarik tuas persneling ke "P" dan jangan lupa untuk menarik/menekan handrem adal mobil lebih aman saat parkir.

Yang perlu anda ketahui adalah jika tuas perseneling tidak berada pada posisi "P" maka kunci mobil tidak bisa dicabut.

10. Mengenali Kerusakan Mobil

Sering tidak kompaknya perputaran mesin dengan laju mobil matic maka harus anda perhatikan bahwa rusaknya transmisi matic yang sering terjadi adalah kopling slip. Suara mesin yang terdengar kasar saat melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi tetapi laju mobil tidak seimbang, hentakan persneling gigi saat ingin di pindahkan.

Alangkah baiknya saat awal pertama kali membeli mobil matic anda anda bisa membaca buku panduan cara merawat mobil matic sehingga mobil anda selalu terawat dan pastinya tidaka akn cepat rusak. Buku panduan memiliki info seputar komponen mobil yang sebenarnya memiliki banyak manfaat sehingga anda harus membaca dan mempelajarinya. Selain itu buku panduan juga memberi infromasi tentang garansi mobil matic anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel