Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight


Cara membuat semir ban dari sunlight - Seperti yang sudah kita ketahui bisa diakatakan fungsi ban sangatlah penting untuk kendaraan baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Mengapa demikian? jika kita ibaratkan ban seperti kaki kita yang digunakan untuk  melangkah/berjalan maju maupun mundur, begitu juga dengan fungsi ban pada kendaraan yang berfungsi sebagai pengerak maju ataupun mundur.

image by youtube.com

Selain fungsinya sebagai pengerak kendaraan, ban juga bisa membuat tampilan mobil/motor lebih terlihat keren dan elegan. Namun sering dengan berjalanya waktu ban yang baru akan terlihat kusam dan memudar. Memudarnya warna hitam dari ban ini disebabkan kandungan berupa karbon hitam  yang menyusut pada permukaan ban itu sendiri.

Memang warna hitam dari ban tidak bisa dianggap remeh meskipun mobil tersebut baru dicuci dan mengkilap seperti baru namun jika ban mobil terlihat kusam dan kotor pastinyanya ada yang ganjal jika kita mengamati mobil tersebut. Jalan satu-satunya untuk menghitamkan warna ban kembali adalah dengan mengoleskan semir ban atau kit pengkilap ban.

Bicara mengenai semir ban tidak luput dengan yang namanya silicon pengkilap ban yang banyak dijual dipasaran dengan harga mulai dari 50 ribuan tergantung kualitas silicon tersebut. Namun selain menggunakan silicon untuk menghitamkan ban mobil, sebenarnya masih ada cara sederhana yang bisa menbuat ban mobil terlihat hitam dan pastinya cara sederhana lebih hemat atau bahkan bahanya sudah ada disekitar kita.

Nah.. jika anda berminat untuk membuat semir yang alami, berikut kami memiliki beberapa tips cara membuat semir ban dari sunlight. Jika berminat ingin membuatnya berikut adalah beberapa langkah yang harus anda ikuti :

1. Racikan minuman minuman bersoda(fanta) dan sabun pencuci piring(sunlight)

Pertama siapkan satu botol kecil fanta dan sunlight yang bisa anda beli dengan harga sekitar 5 ribu rupiah. Berikut adalah racikan cara semir ban dari sunlight :
  • Pertama cuci ban motor hingga bersih, alangkah baiknya anda bisa menggunakan sabun dan skat agar pasrtikel debu dan kotoran yang menempel menghilang
  • Siapkan botol air mimun bekas dan tuangkan softdring fanta sekitar 250ml dengan satu sendok makan sunlight(sabun pencuci piring) ke dalam botol bekas tadi dan aduk hingga rata.
  • Setelah tercampur rata, gunakan kuas cat kecil atau busa sponse atau sikat gigi untuk mengoleskan pada sekitar area pinggir ban.
  • Tunggu beberapa saat hingga hinggga cairan sunlight dan coca cola mengering.
  • Setelah mengering gunakan untuk menggosok ban bila perlu.
  • Dan lihatlah ban mobil anda yang awalnya terlihat kusam sekarang menjadi terlihat mengkilap dan terlihat hitam.
Ke dua bahan diatas sudah kami coba beberapa kali dan hasilnya memang terlihat hitam memuaskan. Karena bahan yang digunakan sangatlah murah, banyak tukang ban pinggir jalan menggunakan racikan diatas untuk menghitamkan warna ban daganganya.

 2. Gunakan Air Gula

Selain menggunakan sunlight, ada cara lain lagi untuk menghitamkan ban mobil dan motor yang bisa anda buat sendiri secara alami yaitu dengan menggunakan air gula(gula pasir, gula putih). Penasaran bagaimana cara membuatnya? berikut ulasanya

Untuk membuat semir ban dari gula, pertama anda harus memanaskan air terlebih dahulu sekitar 1 atau 1/2 gelas. Larutkan 4 sendok makan gula ke dalam air panas dan aduk hingga gula larut dan menyatu dengan air. Sebenarnya bisa saja menggunakan air dingin namun anda harus mengaduk gula lebih lama agar gula larut dan menyatu dengan air. Dan semir pun siap kita gunakan.

Seperti biasa sebelum semir dioleskan, cuci ban terlebih dahulu agar semir bisa menempel dengan maksimal. Gunakan kuas cat atau spons untuk mengoleskan semir pada permukaan ban, selain bisa menghitamkan ban semir alami ini juga bisa anda gunakan untuk menghitamkan dek kulit jeruk mobil dan motor anda.

Karena terbuat dari bahan gula kelemahan dari semir ini adalah terkadang ada semut yang menempel pada ban namun tidak akan bikin ban kena penyakit gula kok😁😁 Cara ini juga sudah kami coba beberapa kali dan hasilnya cukup memuaskan ban yang awalnya kusam menjadi hitam mengkilap.

3. Menggunakan Minyak Goreng

Selain kedua cara diatas ada cara lain lagi untuk menghitamkan ban mobil dengan bahan alami yaitu dengan minyak goreng. Ya selain bisa digunakan untuk mengkilapkan dasboard motor matic, saat ini  minyak goreng juga banyak digunakan para otomani untuk menghitamkan ban mobil dan motor, Berikut adalah cara menghitamkan warna ban dengan menggunakan minyak goreng.
  • Siapkan minyak goreng secukupnya, agar tidak bau amis atau bau gorengan jangan gunakan minyak goreng bekas atau minyak jelantah. Gunakanlah minyak goreng yang masih baru.
  • Sebelum minyak goreng dioleskan, cuci ban terlebih dahulu hingga bersih. Gunakan sabun dan sikat untuk memudahkan anda mencucinya.
  • Untuk proses menyemir ban anda bisa menggunakan kuas cat, atau busa spons. Oleskan pada bagian pinggir ban hingga mendapatkan warna hitam mengkilap.
  • Jika dirasa terlalu banyak mengoleskan minyak, anda bisa mengelapnya menggunakan kain kanebo.
Perlu anda ketahui, Karena minyak goreng bersifat licin oleskan minyak goreng hanya pada bagian pinggir ban saja. Jika minyak goreng sampai terkena bagian tengah ban maka akan licin jika ban berputar. Selain sebagai bahan membuat semir ban alami, minyak goreng  juga banyak digunakan untuk menghitamkan dek kulit jeruk motor matic atau bagian dasboard motor matic anda.

Itu tadi beberapa bahan disekitar kita yang bisa digunakan sebagai pengganti semir ban. Selain alami cara ini juga bisa menghemat budjet kita untuk merawat mobil karena bahan tersebut mungkin sudah tersedia dirumah kita.

Nah.. Demikian penjelasan tips tentang cara membuat semir ban dari sunlight dan beberapa cara alami untuk menghitamkan ban mobil dan motor anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas