Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Tubeless Mobil Sering Kempes


Penyebab ban tubeless mobil sering kempes - Ban merupakan salah satu bagian komponem mobil yang berfungsi sebagai pengerak baik itu maju maupun mobil. Ban sendiri umumnya terbuat dari bahan karet baik itu ban mobil maupun ban motor.
 
Seiring dengan berjalanya waktu ban saat ini memili 2 jenis yaitu ban biasa dan ban tubeless. kelebihan ban tumbeless ketimbang dengan ban yang biasa ialah tidak menggunakan ban dalam. Selain itu kelebihan ban tubles ini adalah tidak mudah bocor meskipun tertancap oleh paku. Beda lagi dengan ban biasa/ ban yang menggunakan ban dalam jika terkena paku akan langsung kempet/bocor.

mengatasi ban tubeless mobil sering kempes

Karena ban tubles tidak menggunakan ban dalam maka ban tubles ini tidak bisa digunakan pada velg sepeda motor yang berbentuk jari-jari. Ban tubeless ini hanya diperuntukan untuk velg racing sehingga saat ban diisi angin maka angin tidak merembes keluar. Selain itu pentil yang digunakan ban tubeless berbeda dengan pentil yang digunakan pada ban yang menggunakan ban dalam.

Baca juga Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight

Namun tidak adanya ban dalam ini kita perlu perhatian khusus, agar angin di dalam ban tetap awet dan tetap prima saat kita gunakan baik untuk perjalan jauh maupun dekat. Nah berikut ini adalah beberapa penyebab ban tubeless mobil sering kempes :


Penyebab Pertama

Fungsi petil sendiri adalah untuk masukkan dan mengeluarkan angin yang ada didalam ban. Pentil tubeless dengan pentil ban biasapun berbeda, untuk tipe pentil tubeless hingga saat ini memiliki dua tipe yaitu yaitu tipe pentil full karet dan tipe pentil dengan sistem pengencang mur.

Seringnya kempes ban tubeless ini diakibatkan karena karet pentil sudah getas atau baut pengencang mur yang sudah berkarat, sehingga angin keluar dari pentil secara halus. Hal ini bisanya juga disebut dengan bocor halus.

cara mengatasi ban tubeles sering kempes ini adalah dengan mengganti pentil ban yang baru. Untuk harga pentil ban tubeles sendiri berkisar Rp 32ribu/tergantung kualitas pentil tersebut.

Penyebab Kedua

Penyebab selanjutnya adalah karena bocor halus, bocor halus ini terjadi karena permukaan ban terdapat lubang yang sangat kecil. Kebanyakan penyebab lubang kecil ini karena tertusuk krikil yang tajam saat mobil berjalan. Meskipun diameter lubang sekecil jarum pentul, namun ini cukup membuat kita jengkel dan frustasi terutama saat mobil digunakan untuk berpergian yang jauh.

Baca juga  Solusi Menghilangakan Karat Pada Piringan Cakram Mobil

Bocor halus kebanyakan memang tidak langsung terlihat, mungkin akan terasa setelah 2-3 hari. Dalam kurung waktu ini secara perlahan angin yang ada didalam ban sedikit demi sedikit akan menghilang dan pada akhirnya akan kempes.

Solusi ban mobil tubeless bocor halus ini, anda bisa menggunakan cairan ban tubeless yang banyak dijual ditoko ban maupun di bengkel terdekat. Cara menggunakanya pun sangatlah mudah yaitu dengan membuka pentil kemudian tuangkan cairan tubeless ke dalam pentil kemduain tekan-tekan cairan agar masuk ke dalam ban. Setelah terisi cairan pasang pentil kembali dan anda bisa mengisi angin kembali.

Fungsi cairan tubles ini adalah jika ada permukaan yang berlubang kecil, cairan tubeles ini langsung menutupi bagian yang berlubang.

Kenapa kok ngak ditembel saja ??

Memang jika sudah terdeteksi ban bocor harus ditambal, namun hampir sebagian besar bocor halus tidak dapat terdeteksi bahkan oleh tukang tambal ban yang sudah ahli.

Oh ya lupa.. Anda bisa membeli cairan tubeless dengan harga sekitar 70ribu dan harga 30ribu untuk cairan tubeless ban motor.

Penyebab Ketiga

Penyebab ban tubeless mobil sering kempes selanjutnya adalah karena butiran debu dan pasir yang nyangkut pada sela veleg dan ban. Pastinya anda tidak menyangka jika debu/kotoran dan pasir dapat penyebabkan ban cepat kempes. Ini semacam siluman tak terlihat yang mampu membuat anda jengkel gara-gara ban cepat kempes.

Menumpuknya kotoran dan debu yang menempel pada celah velg dapat membuat celah yang bisa mengakibatkan angin didalam ban merembes keluar. Lantas bagaimana cara mengatasinya??

sebenarnya cara mengasinya sangatlah mudah yaitu dengan membuak ban dari velg, kemudian bersihkan bagian pingir velg dengan cara menampasnya menggunakan ampas yang sedikit kasar nomor 120. Untuk memastiakan jika kotoran yang menempel sudah menghilang anda bisa merba dengan tangan pada bagian pingir velg jika dirasa sudah ahlus dan tidak ada debu atau pasir yang menempel anda bisa memasang ban kembali.

Isi kembali ban degan air, dan untuk memastikan kembali apakah ban sudah tidak bocor anda bisa mengoleskan air sabun pada pinggir velg menggunakan kuas cat. Bila masih ada angin yang merembes air busa akan mengelurkan gelembung-gelembung kecil. Jika tidak ditemukan gelembung-gelembung kecil berarti ban sudah tidak bocor halus.

Jika anda malas melakukan hal ini, sudah banyak tambal ban yang menerima jasa untuk membersihkan velg mobil. Tarifnya pun bervariasi mulai dari 25ribu/tergantung seberapa parah kondisi velg tersebut.

Penyebab ke Empat

Penyebab ban tubeles cepat kempes lainya adalah pori-pori pada permukaan ban terbuka. Ini biasanya dapat terjadi karena permukaan ban sudah aus/tipis sehingga bisa mengakibatkan angin didalam ban akan keluar.

Untuk mengetahui hal ini anda bisa mengoleskan air sabun pada permukaan ban hingga rata. Kemudian amati jika banyak gelembung kecil pada permukaan ban sudah dipastikan pori-pori ban terbuka.

Baca juga  Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil

Lantas bagaimana cara mengetasinya ??

Sama halnya dengan yang diatas untuk cara mengatasi hal ini adalah dengan memberikan airan tubeles di dalam ban, atau anda bisa memakai ban dalam agar angin tidak merembes kembali.

Intinya, jaka selalu ban anda agar mobil selalu dalam kondisi yang perima saat bermanufer. Akan lebih baik jika anda mengisi ban dengan angin nitrogen agar ke elastisitas ban tetap terjaga(bukan promosi loo).

Demikian info yang bisa saya bagian seputar penyebab ban tubeless mobil mobil sering kempes. Semoga info diatas dapat bermanfaat bagi sobat semua dan semoga sukses selalu. Tetap stay di suryadidik.com karena disana banyak tips-tips menarik lainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel