Cara 4 Ampuh Menghilangkan Bekas Pilox Pada Permukaan Ban Motor


Cara menghilangkan bekas pilox pada ban motor -  Seperti yang sudah kita ketahui, pengecatan pada body motor memiliki dua teknik yaitu dengan menggunakan cat semprot spraygun dan menggunakan cat s emprot kaleng atau biasa disebut dengan cat pilox.

Selain digunakan untuk mengecat dek motor, saat ini cat semprot kalengan juga banyak digunakan untuk mengecat velg atau racing motor maupun mobil. Bukan tanpa alasan cat pilox ini dipilih karena cara menggunakanya sangat mudah tinggal meyemprotkan saja tanpa harus bersusah-susah untuk mixing cat dengan thinner.


Namun pengecatan menggunakan cat semprot terkadang tidak semulus yang kita harapkan. Salah satu malah yang sering terjadi saat kita mengecat velg menggunakan cat semprot kaleng adalah adanya noda bekas cat pilox yang mengenai permukaan ban terutama pada bagain pingir ban.

Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Tubeless Mobil Sering Kempes

Mengapa hal ini bisa terjadi ??

Bekas cat pilox yang menempel pada permukaan ban ini bisa terjadi karena saat kita negecat velg tidak menutupi permukaan ban tersebut. Atau sudah ditutup namun kurang rapat sehingga cat semprot dapat mengenai permukaan ban anda.

Lantas bagaimana cara menghilangkan cat pilox di ban motor ??

Sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bekas cat pilox di ban. Berikut ada 4 cara yang bisa anda lakukan sendiri, dan pastinya cara ini tidak membuat permukaan ban menjadi rusak.

Gunakan Kompon Putih

Yaa..Selain digunakan untuk mengkilapkan body motor yang kusam , kompon putih juga bisa kita gunakan untuk menghilangakn noda cat pilox yang penempel di ban motor/mobil. Penasaran bagaimana cara menggunakanya, berikut adalah langkah-langkah cara menghilangakan cat pilox pada ban motor :

Pertama pastikan cat yang menempel pada velg mengering, kemudian oleskan kompon secara merata pada permukaan ban yang terkena bekas cat dan tunggu beberapa saat agar kompon bereaksi.

Baca juga  Cara Yang Benar Mengecat Velg Alumunium Agar Tidak Cepat Mengelupas

Komudian gosok menggunakan lap yang kering dengan memberi sedikit tekanan. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga noda cat yang menempel menghilang. Langkah ini memang akan menguras sedikit tenaga, namuan rasa capek akan terbayang setelah melihat ban bersih tanpa ada noda cat yang menempel.

Gunakan Bensin 

Selain menggunakan cara diatas, ada cara lain yang bisa anda gunakan yaitu dengan menggunakan bensin. Cara ini bisa dikatakan sangat simpel karena kita cukup mengambil bensin yang ada didlam tangki motor😁😁 Berikut adalah langkah-langkah cara menghilangkan noda cat dengan menggunakan bensin :
  • Pertama anda harus menyiapkan bensin secukupnya dan kain yang kering dan bersih.
  • Oleskan bensin pada permukaan noda cat secara merata kemudianm gosok secara perlahan agar noda cat menghilang.
  • Jika masih sulit untuk dihilangkan teteskan bensin beberapa hingga noda cat yang menempel melunak. Jika sudah melunak maka anda akan mudah untuk menmghilangkanya.
  • Kelemahan dari cara ini adalah jika noda cat sudah mengering terlalu lama selama beberapa hari maka cat yang menempel akan sulit hilang. Sehingga lakukan cara ini saat selesai mengecat velg.
 Gunakan Thinner

Selain fungsinya untuk mencampur/melarutkan cat, thinner juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan noda cat yabg menempel pada permukaan ban motor anda. Jika anda berminat untuk menggunakan thinner, berikut ini adalah cara menghilangkan cat pilox pada ban motor :
  • Pertama siapkan thinner secukupnya, untuk menghilangkan bekas cat anda cukup mengunakan thinner A atau thinner jenis A dan juga siapkan kain yang bersih dan kering.
  • Oleskan secara merata menggunakan kain dan berhati-hati lah agar thinner tidak mengenai cat velg anda.
  • Tunggu beberapa saat agar thinner beraksi, kemudian gosok menggunakan lap yang kering dan bersih. Gosok secara berulangkali, jika masih sulit dihilangkan anda bisa mengoleskan thinner kembali. 
  • Agar cat tidak menyebar ke permukaan ban lainya, ganti lap jika sudah kotor terkena cat dengan lap yang baru.  
  • Dan selesai, ban pun terlihat sedap dipandang tanpa ada noda cat yang menempel.
Selain bisa kita gunakan untuk menghilangkan bekas cat, thinner juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan bekas clear coat yang menempel. 

Gunakan Amplas

Selain ketiga cara diatas, cara menghilangkan bekas cat pilox pada ban motor adalah dengan menggunakan amplas. Yaa seperti yang kita ketahui fungsi amplas adalah untuk mengaplas dempul, namun amplas juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan noda cat yang cukup menganggu penampilan motor/mobil anda. Bahkan cara ini cukuplah simpel dan sangatlah murah karena kita bisa memanfaatkan amplas bekas yang mungkin sudah tidak terpakai.

Bagaimana ? jika berminat menggunakan amplas untuk menghilangkan bekas cat pada permukan ban, berikut adalah langkah-langkah atau cara menggunakan amplas yang benar :
  • Siapkan amplas yang sedikit kasar nomo 120, untuk tahap ini anda juga bisa menggunakan amplas bekas asal masih sedikit kasar dan dalam kondisi yang kering.
  • Untuk cara menggunakannamplas anda cukup mengamplas permukaan ban yang terkena cat.
  • Lakukan tahap pengamplasan secara berulang kali hingga noda cat yang menempel menghilang.
Namun perlu anda ketahui, gunakanlah amplas yang kering dan pastikan kondisi permukaan ban juga kering. Jika amplas yang anda gunakan basah maka cat yang menmpel pada ban akakn sulit untuk dihilangkan.

Baca juga  Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight

Sebarnya banyak cara yang bisa kita gunakan saat mengecat velg agar ban tidak terkena noda cat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar ban tidak terkena cat.

Gunakan Kartu Remi,  cara menggunakan kartu remi untuk menutupi ban ini cukup lah mudah yaitu dengan membuang seluruh angin yang ada didalam ban, kemudian letakkan kartu remi pada sela antar ban dengan velg. Tempatkan kartu remi di seluruh sela-sela velg kanan maupun kiri hingga semua permukaan b.an tertutup rapat.

Gunakan Koran Bekas, cara menggunakan koran bekas untuk menutupi ban sebenarnya hampir sama dengan menggunakan kartu remi. Pertama buang semua angin yang ada didalam ban, kemudian masukkan koran pada cela velg. Tutup semua permukaan ban kanan dan kiri dengan cara memasukkan koran pada celah velg.

Gunakan Sabun Colek, Selain digunakan untuk mencuci pakaian sabun colek juga bisa kita gunakan. Berikut adalah cara menggunakan sabun colek untuk menurupi permukaan ban :

Siapkan sabun colek merk apapun. Ingat sabun colek lo bukan sabun mandi atau sabun detergen. Oleskan sabun yang sedikit tebal secara merata ke seluruh seluruh permukaan ban dan ban pun siap dicat.

Setelah anda selesai mengecat velg, anda bisa menghilangkan sabun colek yang mempel pada ban tersebut dengan mengeroknya dan ban mobil pun terlihat bersih tanpa ada noda cat yang menempel.

Sebaiknya agar kita tidak susah-susah atau bekerja dua kali untuk menghilangkan noda cat semprot yang menempel pada permukaan ban alangkah baiknya anda bisa menutupi ban tersebut. Jika kita itung-itung waktu membersihkan noda cat pada ban lebih sulit dan butuh waktu lebih lama dari waktu kita menutupi permukaan ban tersebut. Karena pepatah sudah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Mungkin itu sedikit seterhana cara menghilangkan bekas pilox pada ban motor, beberpa cara diatas bisa anda amplikasikan baik pada permukaan ban mobil maupun motor. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel