5 Penyebab Dan Cara Mengatasi Ban Mobil Benjol Samping


Penyebab ban mobil benjol samping - Ban mobil merupakan salah satu komponen yang menunjang kenyamanan dan mempengaruhi performa mobil saat berkendara. Sehingga ban harus dalam kondisi yang stabil atau dalam kondisi prima terutama saat mobil digunakan untuk bepergian cukup jauh.

Ban sendiri dipasaran ada 2 jenis yaitu ban biasa(menggunakan ban dalam) dan jenis ban tubeles(tanpa ban dalam). Kedua jenis ban ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing mamsing yang salinng melengkapi. Salah satu masalah ban yang sering kita jumpai adalah ban mobil benjol.


Ban mobil benjol samping sendiri bisa terjadi pada semua jenis kendaraan baik itu mobil,truk,bus maupun ban truk tronton. Sehingga jika kejadian ban benjol ini terjadi pada mobil anda tidak usah panik dan tidak usah binggung kesana kemari untuk mencari info bagaimana cara menghilang benjolan pada permukaan ban tersebut.

Lantas apa penyebab ban mobil benjol ??

Ada 5 faktor yang menyebab kan permukaan ban bisa bencol, berikut adalah beberapa faktor penyebabnya :

1. Pengisian Angin yang Over/Terlalu Berlebih 

Ban kempes atau kurang angin pastinya mobil akan kurang stabil saat digunakan untuk bermanufer. sehingga agar mobil melaju dengan stabil kita harus mengisi atau menambah angin agar ban dalam kondisi yang normal atau kencang kembali.

Baca juga  Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Tubeless Mobil Sering Kempes

Namun perlu anda ketahui, pengisian angin juga ada aturanya dan tidak boleh asal kencang saja saat dipenang. Ban mobil yang terlalu kembung bisa memicu memicu munculya benjolan di sekitar permukaan ban terutama pada bagian samping.

Tekanan angin yang berlebih juga menimbulkan getar pada setir dan mengurangi kenyamanan saat berkendara karena bantingan mobil yang terlalu keras.

Alangkah baiknya untuk meminimalisir terjadinya ban benjol, anda bisa melakukan pengisian angin di bengkel yang memiliki alat untuk mengukur tekanan ban atau anda bisa mengisi angin di SPBU terdekat. Karena saat ini semua SPBU menyediakan pengisian angin dan juga tambal ban mobil maupun motor.

Untuk mengetahui secara pasti berapa tekanan yang pas pada mobil, anda dapat melihat informasi tekanan ban (Tre-Loading Information) yang bisanya tertempel dibagian frame pilar pintu depan kanan bagian dalam. 

2. Deformasi/Perubahan Bentuk 

Siklus hidup ban sama halnya dengan siklus kehudupan manusia. Seiring berjalanya waktu karet ban akan menua dan aus. Bentuk ban juga akan akan mengalami perubahan. misal, ban yang sudah berumur bentuk permukaanya akan botak. Ketika ban sudah botak dan masih dipakai untuk menempuh perjalanan yang jauh, hal inikemungkinan besar bisa menyababkan ban tersebut akan memiliki benjolan pada permukaan sisi ban.








Baca juga  Hanya Dengan 2 Ribu Lampu Mobil Anda Kinclong Seperti Baru

Perubahan bentuk pada ban juga bisa disebabkan karena kurangnya tekanan angin dan juga karena muatan mobil yang terlalu berat. Jika anda berpergian yang jauh menggunakan mobil, usahakan untuk meminimalisir barang bawaan agar beban mobil tidak terlalu berat. Bawalah barang secukupnya yaang kita anggap benar-benar penting, sehingga kondisi ban tetap mulus seperti baru tanpa ada bekas benjolan.

3. Permukaan Ban Terlalu Sering Terkena Benda Tajam

Kondisi jalanan tidak semua dalam kondisi yang bersih dan mulus dari namanya benda-benda tajam. Seperti batu krikil, paku, beling bahkan banyak sekrup atau baut banyak jatuh dijalanan, benda-benda tajam yang banyak bertebaran dipermukaan jalan ini sangtalah berbahaya bagi ban mobil maupun motor. Bayangkan saja jika ban mobil kita menggilas satu atau beberapa benda tajam tersebut otomatis ban mobil akan mengalami bocor, bukan??

Selain bisa menyebabkan ban bocor, ban mobil juga rentan mengalapi kebenjolan pada bagian samping. Bekas benjol akan semakin mudah terjadi jika mobil tersebut masih digunakan untuk perjalanan ya ng cukup jauh, apa lagi melewati jalanan yang rusak atau melewati jalanan berbatu. 

Untuk menghindari hal ini sebaiknya anda melintasi jalan yang bagus dan terbebas dari benda-benda tajam. Sehingga anda akan aman dan nyaman saat berkendara.

4. Suspensi Mobil Keras/Mati 

Para otomania pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komponen suspensi mobil,  Ya suspensi mobil merupakan komponen yang ada dibagian kaki-kaki mobil yang memiliki fungsi untuk meredam getaran saat mobil melewati jalanan yang rusak atau tidak rata. Jika suspensi mobil menjadi keras atau mati dan tidak segera diatasi, berhati-hatilah karena kemungkinan ban mobil akan menjadi benjol atau bahkan saat ini ben mobil anda sudah benjol.

Baca juga  Cara Mengkilapkan Velg Mobil Alumunium Tanpa Harus Kebengkel

Hal ini bisa terjadi jika suspensi keras maka ban akan menghantam benda atau jalanan yang berlubang terlalu keras, sehingga ini bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya benjolan pada permukaan ban mobil anda.

5. Permukaan Ban Terkena Solar

Penyebab ban benjol lainya adalah permukan ban tersiram solar, kasus ini sering terjadi pada mobil yang berbahan bakar solar atau mobil truk. Hal ini bisa terjadi pada saat pengisian bahan bakar di SPBU dan secara tidak sengaja percikan atau tumbahan solar mengenai permukaan ban mobil.

Untuk mengantisipasi hal ini jika ban terkena tumpahan solar segeralah cuci permukaan ban menggunakan sabun hingga solar yang menempel menghilang.

Meskipun terlihat biasa bahaya ban mobil benjol samping dapat terjadi ketika mobil digunakan untuk perjalanan yang jauh dan digunakan untuk melewati jalanan yang rusak. Untuk meminimalisir hal yang tidak kita inginkan, akan lebih baik sebelum mobil digunakan alangkah baiknya anda bisa cek  kondisi ban dan tekanan angin didalamnya.  

Nah.. jika saat ini ban mobil anda benjol samping, berikut kami memiliki tips ringan cara mengatasi ban mobil benjol samping :

Solusi yang paling gampang untuk mengatasinya adalah menggantinya dengan ban baru, namun jika dalam kondisi darurat alias budget lagi minim😁😁 anda bisa mengatasinya dengan menggunakan tips sederhana untuk menghilangkan benjolan tersebut.

Tentu saja pertana anda harus mempersiapkan peralatan yang kita perlukan seperti obeng kecil yang ujungnya tajam atau paku dan kompresor angin. Cari bagian ban yang benjol kemudian tusuk menggunakan paku atau obeng tadi. Namun anda harus berhati-hati jangan sampai ban dalan ikut tertusuk. Cara ini memang sedikit extrim namun sangat ampuh untuk menghilangkan benjolan tersebut.

Proses penusukan ban ini bertujuan agar angin penyebab ban menjadi benjol ini keluar sehingga ban akan kembali seperti semula. 

Anda bisa menusuk ban tersebut 1 atau 2 kali hingga benjolan pada permukaan benar-benar hilang. Namun cara ini hanya bersifat sementara dan benjolan ban akan timbul kembali pada tempat yang sama. Cara ini sangat cocok anda gunakan ketika mobil ingin dijual sehingga benjolan pafda ban tidak terlihat oleh pembeli😄😄

Mungkin itu sedikit tips tentang penyebab ban mobil penjol samping dan cara mengatasinya, Semoga bisa bermanfaat untuk anda dan jangan takut untuk mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel