Cara Cepat Menghilangkan Karat di Knalpot RX King


Cara menghilangkan karat di knalpot rx king - Seperti yang sudah otomania ketahui, knalpot merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai saluran pembuangan gas pembakaran yang dihasilkan dari dalam mesin. Karena fungsinya sebagai pembuangan gas akhir yang dihasilkan dari dalam mesin, tentunya kenalpot ini selalu dalam kondisi yang panas terutama saat motor dalam perjalanan yang cukup jauh.

Karena letak knalpot yang berada dibawah dan selalu dalam kondisi panas, maka tak jarang knalpot akan rentan terhadap yang namanya biang karat dan penyebab pengeroposan. Apa lagi jika motor sering melewati jalan yang berair, cipratan air yang mengenai kenalpot secara terus menerus akan mempercepat timbulnya karat.


karat yang dibiarkan menmpel baik pada leher kenalpot maupun pada pipa kenalpot jika dibiarkan secara terus menerus maka noda karat akan menebal dan bisa menimbulkan pengkroposan. Selain mengurangi penampilan motor, knalpot yang kropos juga bisa membuat suara kenalpot menjadi kurang enak di dengar.

Baca juga Cara Mengecat Body Motor Agar Mengkilap Seperti Baru

Nah..Untuk menanggulagi masalah seperti knalpot berkarat, pada kesempatan ini kami akan menulis informasi atau tips mengenai cara menghilangkan karat di knalpot motor. Langsung saja mari kita simak ulasnya secara seksam.

1. Gunakan Oli Bekas/Gemuk
  
Dari pada tidak terpakai, oli bekas tap-tapan motor atau biasa disebut dengan oli gemuk/oli bekas bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan karat yang memebandel. Cara menggunakanya pun sangatlah mudah yaitu dengan mengoleskan ke bagian knalpot yang berkarat secukupnya saja. Agar tangan tidak kotor gunakan kuas cat untuk mengoleskan oli gemuk.

Langkah selanjutnya nyalakan mesin motor dan bairkan suhu kenalpot naik/panas. Jika suhu kenalpot sudah panas maka oli yang kita oleskan tadi akan meleleh dan menghilangkan noda karat yang menempel pada bagian knalpot motor anda. Hanya dengan satu kali penggunakan karat yang menempel akan menghilang, namun bila belum menghilang anda bisa mencobanya kembali.

2. Gunakan Stempet 

Cara menghilangkan karat di knalpot motor rx king selanjutnya adalah dengan menggunakan stempet. Selain digunakan untuk melumasi komponen motor, stempet ini juga banyak digunakan para otomania untuk menghilangkan bekas karat yang cukup menganggu. Sifatnya yang lebih kental ketimbang oli, stempet ini bisa membersihkan karat lebih cepat. Barikut adalah cara menghilangkan karat menggunakan stempet :

Oleskan oli stempat pada permukaan knalpot yang berkarat secara merata, gunakan kuas cat atau sikat gigi bekas untuk mengoleskanya. Kemudian nyalaman mesin hingga suhu kenalpot memanas, dan tunggu beberapa saat hingga stempet melelehkan noda karatan tersebut.

3. Gunakan Pasta Gigi
 
Selain menggunakan oli, pasta gigi juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan bekas karat yang cukup membandel. Perlu anda ketahui disini yang kita gunakan adalah jenis pasta gigi yang tidak berbentuk jely. Pasta gigi juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan karat pada knalpot vixion. 

Baca juga  Penyebab Dan Cara Mengkilapkan Tangki Motor yang Kusam

Namun cara ini hanya bisa anda aplikasikan pada knalpot yang berlapis chorom, sehingga jika anda aplikasikan pada knalpot yang berbahan bebsi  biasa maka akan permucam. Bagaimana? jika tertarik, berikut ini acalah cara menghilangkan noda karat menggunakan pasta gigi :

Oleskan pasta gigi secara merata pada bagian kenalpot yang berkarat, tunggu beberapa saat dan tunggu beberapa saat hingga noda karat yang menempel pada permukaan besi terangkat dengan sendirinya. Selain bisa menghilangkan karat pada knalpot, pasta gigi juga ampuh untuk memebersihkan noda yang membandel pada rantai.

4. Gunakan prostex

Yaa prostex merupakan cairan pembersih kramik, namun perlu anda ketahui cairan prostex juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan noda karat yang membandel. Bahkan cairan pembersih keramik ini dapat merontokkan harat hanya dalam waktu yang cukup singkat. 

Jika anda menggunakan cairan prostex untuk menghilangkah karat, langkah pertama yang harus anda lalukan adalah dengan mengoleskanya ke bagian noda karat pada kenalpot, gunakan kuas untuk mengoleskanya. Diamkan selama beberapa saat, kemudian menggunakan air sampai bersih. Lalu keringkan menggunakan kain yang bersih atau dengan kanebo.

Hal yang perlu anda perhatikan saat mengoleskan prostex ini adalah jangan sampai prostex ini mengenai atau menetisi blog mesin, karena hal ini dapat menyebabkan cat pada blok mesin motor anda jadi luntur.

 5. Gunakan Pertamax Plus dan Minyak Tanah

Cara menghilangkan karat pada knalpot kolong rx king selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran minyak tanah dan pertamax plus. Selain digunakan untuk bahan bakar, pertamax plus ini ternyata juga bisa kita gunakan untuk membersihkan karat yang menempel pada knalpot motor. Namun pertamax plus butuh campuran cairan lain agar bisa bekerja secara maksimal, kita cukup menyampurnya dengan minyak tanah,

Baca juga  4 Cara Mudah Menghilangkan Goresan Pada Dek Motor Matic

Anda bisa mencampurkan pertamax plus dengan minyak tanah dengan menggunakan perbandingan 1:2. Aduk hingga menyatu kemduain oleskan pada bagian knalpot yang berkarat. Diamkan hingga beberpa saat dan sikatlah dengan sikat gigi secara perlahan. Dan lihatlah hasilnya knalpot yang berkarat akan kembali kinclong.

Agar noda karat tidak timbul kembali anda harus rajin-rajin merawat kenalpot tersebut dengan cara memcuci motor setelah selesai terkena air hujan. Karena air hujan mengandung yang asam yang tinggi jangan biarkan air hujan mengendap atau menempel terlalu. Karena hal ini dapat menggundang timbulnya karat yang cukup menganggu penampilan motor.

Itulah tadi beberpa cara menghilangkan karat di knalpot rx king, cukup mudah bukan beberpa cara diatas. Selain mudah bahan yang kita gunakan pun mungkin sekarang sudah ada disekitar kita atau bahkan sudah ada dirumah. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel