Solusi Menghilangakan Karat Pada Piringan Cakram Mobil


Cara menghilangkan karat pada piringan cakram mobil - Karat merupakan salah satu musuh yang nyata bagi logam. Selain bisa mengurangi penampilan karat yang menempel jika dibiarkan akan semakain menyebar dan mengerogoti seluruh body mobil anda. Ngeri juga iyaaa..

Selain menyerang body dan sasis, noda karat juga bisa menempel pada piringan cakram mobil. Karena letaknya yang dibawah dan tersembunyi cakram ini sangatlah cepat berkarat meskipun mobil tersebut masih tergolong baru.


Karena letaknya didalam velg dan sulit dijangkau tangan, piringan cakram ini akan sulit untuk dibersihkan atau malah mungkin tidak pernah dibersihkan. Salah satu penyebab utama cakram mobil cepat berkarat adalah terlalu sering terkena air hujan terutama saat melewati kubangan air yang penuh lumpur. Yah namanya juga logam pasti kalau terkena air hujan ya berkarat lahh😁😁 Selain menempel pada cakram noda karat juga bisa menempel pada master cakram dan tromol belakang.

Jika anda risih dengan noda karat yang menempel pada cakram, sebenarnya ada banyak cara mudah untuk mengilangkan karat pada piringan cakram mobil tanpa harus membawanya ke bengkel. Salah satu cara ampuh untuk mengusir karat adalah dengan menggunakan cairan WD-40 (water displacement).

WD-40 merupakan salah satu cairan penghilang antikarat yang sering digunakan untuk menghilangkan karat pada sasis mobil dan logam besi lainya. Selain digunakan untuk menghilangkan karat pada sasis, WD - 40 juga ampuh anda gunakan untuk mengilangkan karat pada piringan cakram mobil, berikut cara yang benar menggunakan WD40 pengusir karat :
  • Pertama siapkan WD40, anda bisa membelinya ditoko cat mobil maupun di minimarket dengan harga sekitar 35 ribu untuk ukuran kecil, 45-50 ribu untuk ukuran sedang dan 60 ribu untuk ukuran paling besar.
  • Kawat cuci piring(steel wool)
  • Lap kering dan
  • Air sabun 
Untuk mempermudah menghilangkan karat pada cakram mobil, buka kedua roda mobil dengan cara mengendorkan 4/5 baut velg dengan kunci roda ukuran 19/20, kemudian angkat ban menggunakan dongkrak dan lepaskan baut velg satu persatu dan lepas ban yang menempel. Lepaskan juga roda yang satunya lagi yaa

Kocok WD40 dan semprotkan pada permukaan cakram yang berkarat. Tunggu sekitar 1-2 menit agar penetrantnya bereaksi.

Gosok secara perlahan permukaan yang berkarat menggunakan kawat pencuci piring, gosok secara perlahan hingga beberapa kali hingga karat yang menempel rontok. Jika masih membandel semprotkan kembali WD tadi dan tunggu sedikit lama lagi agar penetrant meresap sempurna.

Jik karat sudah bersih bilas dengan air bersih dan sabun agar sisa karat dan larutan WD40 menghilang.

Penting : Yang perlu anda ingat jika ingin membeli WD40 adalah cari kode produksi yang terbaru. Kode produksi tercetak di bawah bagian kaleng. Mengapa ddemikian ? Karena seiring berjalanya waktu tekanan gas didalam kaleng bisa berkurang sehingga kurang jos jika kita semprotkan dan perhatikan juga lubang spray harus sejajar dengan titik biru yang ada di leher spray.

Untuk mencegah karat muncul kembali alangkah baiknya anda mengambil tindakan untuk melapisi permukaan cakram mobil dengan cat ataupun clear coat. Selain mencegah karat pengecatan pada cakram dan tromol juga akan membuat tampilan mobil anda semakin elegan.

Cara diatas juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan karat yang menempel pada tromol dan juga pada sasis mobil anda.

Mungkin itu yang bisa kami sampaikan tentang cara menghilangkan karat pada piringan cakram mobil anda. Semoga bermanfaat dan semoga bisa membantu masalah agan-agan semua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel