Cara Mengkilapkan Dan Membersihkan Blok Mesin Dengan Sitrum


Cara membersihkan blok mesin dengan sitrun - hallo sobat otomania.. meneruskan pembahasan kemarin seputar cara mengkilapkan blok mesin dengan brasso dan pada kesempatan yang berbahagia ini kami juga akan membahas seputar kebersihan mesin motor juga. Selamat membaca.

Bagi temen-temen yang hoby modifikasi atau mengotak atik motor, pastinya akan selalu menginginkan motor selalu tampil bersih baik itu dari body maupun dari bagian kaki-kaki motor. Namun terkadang kita akan risih jika mesin baik itu blog mesin dan bureng mesin motor terdapat noda rembesan oli yang membuat tampilan motor kurang menarik.

image by autoexpose.org 

Rembesan oli pada blog mesin sendiri terjadi karena ada kebocoran pada sela-sela mesin atau pada perpak mesin yang rusak. Jika dibiarkan secara terus menerus noda oli ini akan menggumpal dan menyatu dengan partikel debu dan kotoran sehingga akan sulit untuk dihilangkan hanya dengan menggunakan air dan sabun.

Jika motor anda matic sih ngak kelihatan bila mesin dalam kondisi kotor atau berkarat  toh mesin motor matik kan ngak kelihatan alias tertutup dekπŸ˜€πŸ˜€ Yang jadi masalah adalah jika jenis motor kita motor bebek atau motor sport yang bagian mesinya terlihat/tidak tertutup dek.

Salah satu cara ampuh membersihkan blok mesin adalah dengan menggunakan sitrun. Ya sitrum(asam sitrat) merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada daun dan buah tumbuhan genus citrus(jeruk-jerukan). Selain sebagai penambah masam masakan asam sitrum saat ini juga banyak digunakan untuk membersihkan kotoran dan kerak yang menempel pada permukaan logam atau untuk membersihkan mesin motor yang berkarat.

Nah.. jika anda tertarik menggunakan asam sitrun untuk membersihkan blok mesin motor yang berkarat, berikut kami berikan  turtorial cara membersihkan blok mesin dengan sitrun yang bisa anda praktekan sendiri dirumah. Berikut penyelasanya

Siapkan terlebih dahulu peralatan seperti :
  • Kuas cat
  • Ditergen bubuk
  • Sikat gigi, gunakan sikat gigi yang bulu sikatnya sedikit kaku dan
  • Asam sitrun secukupnya.
Peralatan yang sangat mudah dan pastinya banyak kita temui disekitar kita. Oh iyaa..untuk mendapatkan sitrun anda bisa membelinya ditoko kimia atau ditoko online langganan anda.

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menyaipkan wadah untuk meracik matrial diatas, anda bisa memanfaatkan gelas bekas air minum yang tidak terpakai. Tuangkan air ke wadah tersebut dan campurkan detergen bubuk(merk apapun) dan jangan lupa juga campurkan juga dengan sitrumnya yaa. Selanjutnya aduh hingga merata dan mengeluarkan busa yang terlihat mengembang.

Tuangkan adonan yang kita buat tadi secara merata pada permukaan blok mesin dan pada bureng mesin. kemudian gosok menggunakan sikat gigi/kuas cat kecil hingga semua partikel debu dan oli yang menggumplas rontok. Jika noda bekas oli masih sulit hilang, anda busa menuangkan kembali adoan yang sudah kita buat tadi dan bersihkan kembali menggunakan sikat gigi.

Untuk mempermudah membersihkan permukaan blok mesin, alangkah baiknya anda bisa mengoleskan solar secara merata dengan kuas cat yang berukuran kecil. Oleskan secara merata pada permukaan mesin dan pada bagian bawah mesin. Fungsi solar disini adalah untuk melarutkan noda oli yang membandel atau sulit untuk dihilangkan.

Jika mesin sudah bersih alangkah baiknya bila ditemukan ada rembesan oli yang bocor, ada baiknya anda segera mengganti perpak mesin tersebut. Jika rembesan oli dibiarkan secara terus menerus maka akan menumpuk dengan partikel debu dan tentunya hal ini bisa membuat minder saat mengendarai motor modifikasi anda.

Bagaimana, cukup simpel dan mudah bukan tips cara membersihkan blok mesin dengan sitrun. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel