Cara Menghilangakan Karat Pada Knalpot Dengan Autosol


Cara menggunakan autosol pada knalpot - Seperti sudah ketahui kenalpot merupakan salah satu bagian motor yang mudah sekali kusam bahkan berkarat. Itu bisa terjadi karena letak kenalpot yang berada dipaling bawah kendaraan sehingga mudah sekali terkena kotoran dan cipratan air terutama saat musim hujan. Karena letaknya yang dibawah terkandang saat kita mencuci motor juga luput untuk dibersihkan.

Apalagi suhu kenalpot yang selalu panas bikin karat cepat muncul. Bagian kenalpot yang cepat berkarat  adalah pipa knalpot atau biasa disebut dengan gulu banyak knalpot. Karena bagian ini letaknya paling bawah dan paling dekat dengan mesin sehingga susah untuk dibersihkan terutama pada motor matic dan bebek.


Sebenarnya karat ini tidak gampang muncul jika kita rajin untuk membersihkanya, karena pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati😁😁  Selain mengurangi keindaha terutama pada knalpot racing, noda karat jika dibiarkan terus menerus akan membuat logam tersebut kropos dan suara yang dikeluarkan dari kenalpot akan berubah.

Namun jika knalpot sudah terlanjur berkarat, sebenarnnya cara menghilangkan noda karat tersebut cukup gampang jika kita mengetahui caranya. Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan karat pada knalpot adalah dengan menggunakan autosol. Yaa selain digunakan untuk mengkilapkan blog mesin, autosol si pasta ajaib ini bisa digunakan untuk mengkilapkan dan menghilangkan karat pada knalpot motor anda. Selain harganya yang sangat murah cara menggunakan autosol pun sangatlah mudah.

Nah.. jika tertarik untuk mengkilapkan dan menghilangkan karat dengan autosol, berikut kami mempunyai tips cara menggunakan autosol pada kenalpot motor. Cara ini sudah kami aplikasikan beberapa pada knalpot motor sendiri dan knalpot kami kembali mengkilap tanpa ada noda karat yang menempel. Berikut penjelasnya

Untuk memudah proses ini anda bisa membuka knalpot, dengan cara membuka kedua baut yang menempel pada mesim. Jika kesulitan pada tahap ini anda bisa melakukanya dengan dua orang, yang satu orang memegangi motor dan satu lagi bertugas untuk membuka baut pipa knalpot.

Agar karat mudah dibersikan siapkan amplas kasar, amplas halus dan mesin gerinda jika dibutuhkan. Oh iya siapkan juga autosolnya iya.

Bila noda karat yang menempel terlalu tebal, bersihkan terlebih dahulu dengan mengamplasnya menggunakan amplas kasar nomor 120. Untuk menghilangkan bekas amplasan kasar, ulangi kembali proses pengamplasan dengan amplas halus nomor 360. Jika karat yang menempel lumayan parah anda bisa menggunakan amplas norton terlebih dahulu.

Gunakan kain yang bersih dan halus untuk menghilangkan sisa-sisa debu bekas amplasan yang menempel pada knalpot. Namun alangkah baiknya anda bisa mencucinya dengan air bersih dan sabun hingga bersih.

Oleskan autosol secara merata pada permukaan knalpot dan gosok menggunakan kain yang bersih dan halus dengan memberi sediki tekanan. Pada tahap ini ulangi beberapa kali hingga hingga noda kusam dan karat menghilang. Tahap ini memang membutuhkan sedikit tenaga, namun rasa capek kita akan terbayar dengan melihat hasilnya. Autosol sendiri dijual dengan harga berkisar Rp 10.000 dengan membelinya ditoko bangunan atau minimarket

Agar noda karat tidak muncul kembali anda bisa melapisinya dengan clear coat semprot maupun clear coat kalengan(clear coat pilox). Dijamin knalpot motor anda bakal mengkilap terus😄😄


Cara menggunakan autosol pada knalpot diatas dapat anda aplikasikan pada semua jenis knalpot dan jenis motor.

Sebenarnya karat tidak bakal muncul jika kita rajin membersihkanya terutama saat terkena genangan air hujan yang penuh lumpur. Anda bisa mencucinya dan menyemporkan air dengan tekanan tinggi agar partikel debu dan kotoran menghilang.

Sebenarnya ada cara lain untuk mencegah terjadinya kropos/karat pada knalpot yaitu dengan memasukkan oli di dalam kenalpot. Namun cara ini tidak begitu direkomendasikan karena knalpot bisa mengeluarkan asap putih/ngebul yang cukup menggangu.

Mungkin itu yang bisa kami sampaikan tentang cara menggunakan autosol pada knalpot. Semoga bermanfaat dan salam otomania dari plat K. Selain menggunakan autosol, anda juga bisa menggunakan brasso untuk menghilangkan karat pada knalpot motor anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel