Cara Yang Benar Menggunakan Clear Coat Belkote


Cara menggunakan clear belkote - Salah satu jenis clear coat yang saat ini banyak digunakan adalah clear coat belkote. Yaa clear coat belkot merupakan salah satu produk teranyar dari PT. Bintang Chemical Indonesia.

Bukan tanpa alasan cear coat ini banyak digunakan para mekanik karoseri maupun bengkel cat pinggir jalan. Bahkan bengkel kami saat ini menggunakan produk dari PT bintang chemical indonesia ini. Clear belkot merupakan jenis clear PU/bakar yang memiliki harga cukup miring. Mungkin lagi promo ya


Clear belkot sendiri memiliki 6 macam mulai dari belkot 2100, belkot 3000, belkot 8200, belkot 4100, belkot 6300 dan jenis clear belkot coat belkot 8200. Untuk haranya sendiri bervariasi tergantung jenisnya. Sebagai referensi berikut adalah daftar harganya :
  • Harga clear belkot 2100 Rp230.000
  • Harga clear belkot 3000 Rp85.000
  • Harga clear belkot 8200 Rp150.000
  • Harga clear belkot 4100 Rp100.000
  • Harga clear belkot 6300 Rp 185.000
  • Harga clear belkot 8200 Rp150.000
Untuk saya sendiri sering menggunakan jenis 4100 dan jenis 2100 dan untuk kesempatan kali ini kami akan meluangkan waktu untuk menulis tips cara menggunakan clear belkot yang benar. Simak ulasanya berikut ini :

Sebelum kita mixing aduk cear hingga beberpa kali, anda bisa menggunakan sendok atau kayu yang sudah anda pastikan bersih dari parartikel debu. Untuk mixing anda bisa menggunakan perbandingan 4 : 1 : 2 Base : hardener : thiner. Untuk wadah mixing anda bisa menggunakan topes bekas dan atuk ke 3 bahan tersebut hingga menyatu dan gelebung busa hilang.

Sebelum clear coat disemprotkan, pastikan permukaan yang akan dicat bersih, kering, bebas dari debu, karat serta minyak. Untuk hasil yang lebih maksimal aplikasikan clear coat tipis-tipis terlebih dahulu dari pada 1 lapis langsung tebal.

Anda bisa menyemprotkan sampai 3 kali lapisan dan untuk menghindari pernis meleleh, beri jeda pada setiap lapisan. Mangsudnya adalah saat menyemprotkan satu lapis tunggu hingga agak mengering kemudian semprotkan clear coat kembali begitu seterusnya. Untuk jarak spraygun sendiri seikitar 10 cm dari permukaan cat. Jika jarak spraygun terlalu dekat akan berpotensi cat meleleh dan jika terlalu jauh maka hasilnya akan kasar.

Sedar info, gunakan thiner jenis PU atau thiner bakar sebagai campuranya. Mengapa harus dengan thiner PU ?

Sebenarnya bisa saja menggunakan jenis thiner A ataupun thiner super, namun untuk mendapatkan kilap yang maksimal dan awet gunakanlah thiner bakar sebagai bahan campuranya. Sebagai referensi anda bisa menggunakan thiner autoglow yang dijual kisaran 40rb/liter

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat proses clear coat adalah tekanan angin harus tinggi dan stabil. Suhu atau cuaca sedang panas dan yang terpenting adalah jangan sampai terkena percikan air/air hujan dan untuk keamanan gunakanlah masker. Lakukan pengerjaan pada ruangan berventilasi udara yang baik.

Kelebihan clear belkot ini adalah cepat mengering, untuk kering sentuh membutuhkan waktu 1 jam dan untuk kering keras/waktu poles 6-8 jam.

INFROMASI KESEHATAN, KEAMANAN & LINGKUNGAN
  • Bahan ini mudah terbakar, jauhkanlah dari sumber api.
  • Simpanlah ditempat yang sejuk dan kering, hindari kontak langsung dengan sinar matahari.
  • Setelah digunakan tutuplah kaleng dengan rapat.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  • Bila terkena mata segeralah bilas dengan air yang mengalir.
  • Dan setelah digunakan jangan buang kaleng cat di selokan.
Sebenarnya cara menggunakan clear belkot hampir sama dengan cara menggunakan merk clear coat lainya. Untuk menambah wawasan kembali anda bisa membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada belakang kaleng.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel