Penyebab Dan Cara Mengatasi Rantai Motor Bunyi Kletek-Kletek


Penyebab rantai motor Bunyi kletek kletek -  Terkadang saat kita mengendarai motor manual terdengar suara yang agak aneh dri bagian bawah tepatnya pada bagian belakang. Jika kita tirukan suara itu berbunyi kletek kletek, tidak lain dan tidak bukan suara itu berasal dari rantai motor kita sendiri.

Tentu suara ini terdengar kurang nyaman ditelinga, terlebih lagi saat melewati banyak orang pastinya kita akan merasa malu jika motor mengeluarkan bunyi yang kurang sedap ditelinga.


Kira-kira apa ya yang penyebab rantai motor bunyi tek tek ?

Sebenarnya ada beberapa faktor atau penyebab rantai motor mengeluarkan bunyi yang kurang enak di dengar ini telinga ini. Tidak hanya satu namun kami memiliki 5 penyebab dan cara mengatasi rantai motor bunyi kletek kletek yang bisa anda amati dan bisa anda perbaiki sendiri dirumah.

Baca juga Hanya Dengan Sabun Cuci piring Rantai Motor Pun Bersih dan Kinclong

PENYEBAB RANTAI MOTOR BERISIK

Perlu anda pahami terlebih dahulu, bahan dasar pembuat rantai adalah logam sementara gear depan dan belakang pun demikian terbuat dari bahan dasar logam. Maka logikanya jika logam bertemu logam maka akan timbul suara dan hal itu merupakan hal yang wajar.

Untuk pembuatan rantai memang sudah dicampur dengan berbagai jenis logam dan besi. Gear dan rantai dibuat dengan tingkat persisi yang tinggi. sehingga jika kondisinya masih baru, suara tetap muncul namun mamsih sangat lemah jadi tidak akan terdengar.

Jika rantai sudah terdengan berisik, itu berarti sudah ada deformasi pada rantai. Hal-hal yang bisa menyebabkan rantai motor berisik antara lain meliputi :


1. Rantai Kering dan Berkarat

Penyebab pertama yang sering terjadi adalah kondisi rantai mengering dan berkarat. Seperti yang sudah kita ulas diatas tadi, jika logam bertemu atau bergesekan dengan logam maka akan menimbulkan suara. Dan pelumas merupakan bahan utama untuk meredam suara tersebut.

Pelumas sendiri menempel pada permukaan rantai dan gear jika gear dan rantai saling bergesekan maka suara berisik khas logam tidak akan terdengar.

Baca juga Cara Membuat Obat Pengkilap Bodi Motor Secara Alami

Jika peluas tidak ada otomatis rantai akan mengeluarkan bunyi tek tek karena kedua permukaan tersebut kering. Bila rantai dibiarkan tanpa ada pelumas yang mempel maka rantai akan menjadi berkarat.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah jika rantai anda berkarat maka anda harus menghilangkan karat terlebih dahulu dengan menggunakan solar atau bensin. Rendam rantai dengan bensin atau solar selama beberapa jam kemudian sikat menggunakan sikat gigi bekas hingga karat menghilang.

Kalau sudah tingal pasang kembali rantai, kemudian semprotkan cairan chain lube secukupnya ya.

Mengapa harus dengan chain lube ?? Kenapa ngak oli mesin saja ?

Memang oli juga termasuk pelumas, namun oli mesin tidak di desain untuk mekanisme terbuka seperti gear dengan rantai. Awalnya memang terasa enak oli mesin untuk peluas rantai namun tidak berselang lama justru partikel debu akan menempel pada permukaan rantai, apa lagi oli yang kita gunakan adalah oli bekas. Hal ini jika kia biarkan secara terus menerus justru rantai akan mengeluarkan bunyi tek tek karena banyaknya debu yang menempel.

2. Rantai Kendor

Rantai kendor atau molor merupakan kondisi dimana rantai motor ukurnya bertanbah. istilahnya melar. Rantai kendor ini sering terjadi pada usia raantai yang sudah lama atau sudah tua. Namun tidak menutup kemungkinan rantai baru pun juga bisa melar loor.

Mengapa rantai kendor bisa berisik ??

Bila rantai kendor maka saat motor berjalan rantai akan berbutar dan bergelombang, rantai yang bergelombang tersebut akan bersentuhan dengan gear secara keras sehingga akan timbul suara yang cukup keras.

Baca juga Cara Yang Benar Membersihkan Blok Mesin Dengan Sunlight 

Lantas bagaimana cara mengatasinya ??

Cara mengatasinya adalah kita perlu menyetel ulang rantai dengan cara :
  • Kendorkan baut roda dengan menggunakan kunci 14 dan 17(tergantung jenis motor yang kita gunakan). Untuk memudahkan tahap ini tahan baut ban sebelah kiri menggunakan tangan kiri, kemudian putar baut sebelah kanan dengan kunci 17. Putar baut ke kiri/berlawanan arah jarum jam hingga agak kendor jangan sampai baut dilepas ya
  • Jika motor menggunakan rem cakram belakang kendorkan juga baut cakram yang menempel pada supitan/sasis.
  • Tahap selanjutnya adalah dengan mengendorkan baut setelan rantai/swing arm sebelah kanan yang menempel pada supitan/swing arm. Letak stelan rantai ini diapit oleh baut roda maka kita harus mengendorkan baut rada terlebih dahulu.
  • Kencangkan baut setelan rantai kearah kanan hingga rantang yang kendor kembali mengencang. Untuk tahap ini gunakan kunci 10 inci ya tapi untuk motor besar biasaya menggunakan kunci 12inci. 
  • Saat baut setelan rantai dikencangkan otomatis rantai akang kencang dan posisi ban belakang akan mundur ke belakang. Begitu sebaliknya jika baut setelan rantai kita kendorkan otomatis posisi ban akan maju kedepan.
  • Usahakan jika menyetel rantai tidak teralu kencang agar rantai tidak putus saat motor melaju dalam kecepatan yang tinggi.
  • Agar ban tidak melenceng/mering kencangkan juga setelan rantai sebelah kanan. Setelan rantai kanan dan kiri haruslah seimbang agar ban sejajar dan tidak terlihat miring. Untuk mengetahui ban miring ada bisa melihatnya dari belakang.
  • Setelah setelan rantai pas dan ban tidak miring kencang kan kembali baut ban dan juga baut rantai.
  • Dan selesai.
3. Pembatas Rantai Sudah Rusak

Pada umumnya semua sepeda motor kecuali metic memiliki pembatas rantai yang letaknya berada di depan dan menempel pada supitan/swing arm yang terbuat dari karet. Fungsinya sendiri untuk membatasi rantai agar tidak menyentuh swing arm.

Namun jika pembatas ini rusak, pecah atau sudah habis terkikis rantai misalnya ? Maka jika motor melaju rantai akan beradu atau terbentur secara langsung dengan swing arm sehingga akan menimbulkan bunyi kletek kletek yang membuat kira merasa risih.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menganti karetan yang baru. Namun jika saat ini budget lagi minim tenang, ada cara alternatif kok yaitu menggantinya dengan karet sendal. Potong karet sendal sedemikian rupa kemudian tempelkan pada swing arm dengan lem fox.

4.Gear Depan dan Belakang aus/habis

Selain selain disebabkan karena rantai, kondisi gear yang aus juga bisa menyebabkan rantai berisik saat motor berjalan.

Gear sendiri berbentuk bulat dan pada ujungnya bergeriki seperti gergaji. Jika girigi ini sudah aus maka rantai dan gear kurang simetri, sehingga jika rantai berputar akan minimbulkan gesekan dengan gear yang akan menumbulkan bunyi yang cukup menganggu telinga.

Untuk solusi ini tidak ada cara lain selain mengganti nya dengan gear yang baru. Untuk mengetahui kondisi gear yang aus, anda bisa mengecek bagian ujung nya jika kondisi gerigi sudah lancip dan runcing bahkan ada yang ujungnya patah sudah dipastikan jika gear sudah aus.

5. Faktor Usia Rantai


Sama hal nya dengan sparpate lainya, rantai juga ada masa pakainya loo. Namun karna rantai terbuat dari logam baja dan besi jadi usia pakainya akan lebih lama ketimbang dengan sparpate lainya. Jika v-belt usia pakainya bertahan hingga 24 km maka rantai bisa bertahan lebih lama yakni hingga 40 km tergantung jenis dan kualitas rantai tersebut.

Salah satu faktor yang mempengaruhi usai rantai adalah motor terlalu sering membawa beban yang lebih, selain itu motor yang sering melewati medan tanjakan juga turut mempengaruhinya. Jika rantai usianya sudah tua dan dipakai secara terus menur maka akan menyebabkan rantai putus.

Alangkah baiknya jiga anda ingin mengganti rantai, gantilah dengan satu set/satu paket dengan gear depan dan belakang.

Mengapa harus satu set ??

Sebenarnya boleh-boleh saja menganti rantai tanpa satu set dengan gear,  Namun jika ada uang lebih dan agar tidak bolak balik ke bengkel alangkah baiknya anda bisa mengganti satu set sekalian. Toh jika rantai baru dan gear baru tarikan motor akan terasa enak terutama saat dijalan tanjakan.

Lantas berapa biaya jika ingin mengganti satu set rantai dengan gear ??

Untuk harganya sendiri bervariasi tergantung merk dan kualitas gear tersebut. Namun pada umunya satu set gear beserta rantainya berkisar 350 untuk gear dan rantai kualitas standar.

Kesimpulanya adalah penyebab rantai motor kletek kletek disebabkan gear dan rantai tidak bisa bekerja secara maksimal sehingga agar performa motor dalam kondisi yang prima sebaiknya anda bisa mengecek/menservisnya secara berkala.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel