Cara Yang Benar Membersihkan Blok Mesin Dengan Sunlight


Cara membersihkan blok mesin dengan sunlight - Agar motor selalu tampil kinclong, merawat dan membersihkan motor merupakan rutinitas yang harus kita lakukan secara rutin baik itu selama dua hari sekali maupun satu minggu sekali. Selain pada bagian body pada bagian kaki-kaki motor juga wajib kita bersihkan agar motor terlihat apik. Karena pepatah mengatakan motor yang selalu terlihat bersih akan mencerminkan si pemilik motor yang suka menjaga kebersihan.

youtube.com
Banyak faktor yang menyebabkan kita malas meluangkan waktu untuk membersihkan kaki-kaki motor. Salah satu penyebab malasnya membersihkan blok mesin adalah karena ketidak tahuan kita bagaimana cara membersihkan blok mesin yang benar. Karena jika anya dibersihkan dengan air dan sabun saja noda kerak dan bekas oli yang mempel akan sulit untuk dibersihkan.

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang kita lakukan untuk membersihkan blok mesin motor agar kembali bersih dan mengkilap. Anda cukup menyiapkan uang 2rb rupiah untuk membeli sunlight ukuran kecil untuk membuat cairan pembersih blok mesin.

Emang bisa sabun cuci piring untuk membersihkan blok mesin ?

Baca juga Cara Menghilangakan Karat Pada Knalpot Dengan Autosol

Bisa, anda cukup mengikuti turtorial ini steep by steep agar noda kerak dan noda oli yang menempel pada mesin menghilang. Berikut adalah cara membuat cairan pembersih blok mesin dengan menggunakan sabun cuci piring sunlight.

1. Sunlight + Sitrun

Cairan pertama yang membuat cairan pembersih blok mesin adalah dengan mencampurkan sunlight dengan sitru. Jika anda belum tahu, sitrun merupakan nama lain dari asam sitrat. Asam sitrat sendiri merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada dedaunan dan tumbuhan genus citrus(jeruk-jerukan).

Berikut adalah langkah-langkah cara membersihkan blok mesin dengan sitrun :


Pertama siapkan peralatan seperti sunlight berukuran kecil, sitrum kemasan kecil dan botol bekas untuk tempat memcampur bahan tersebut. Siapkan juga sikat gigi bekas dan kuas cat berukuran kecil.

Tuangkan sitrum dan sunlight ke wadah botol bekas. Kemudian mencampurkan air secukupnya. jika ingin membuat adonan cairan yang lebih banyak anda bisa menambah takaran sunlight dan sitrun. Dan aduk hingga ratau sampai busanya keluar.

Baca juga Cara Mudah Mengkilapkan Blok Mesin dengan Brasso

Tahap kedua, oleskan cairan yang sudah kita buat tadi secara merata  pada permukaan blok mesin dan pada bagian bureng mesin. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas dan kuas cat untuk mengoleskan cairan tersebut. Oleskan secara merata terutama pada bagian sela-sela bureng motor.

Agar motor tidak mati atau sulit distater berhati-lah saat mengoleskan pada area dekat busi agar busi tidak basah terkena air sabun.

Kemudian tunggu hingga beberapa saat sekitar 10-20 menit atau hingga sabun yang menempel pada blok mesin mengering.

Tahap terakhir adalah bersihkan sisa-sisa sabun tadi menggunakan air yang bersih, namun alangkah baiknya anda bisa menggosoknya kembali menggunakan sikat gigi bekas. Dan siram bureng dan blok mesin hingga tidak ada sisa-sisa sabun yang masih mempel. Pada proses ini berhati-hatilah agar busi tidak terkena air. Ulangi langkah-langkah diatas jika diperlukan agar blok mesin benar-benar bersih seperti baru. Gunakan selang untuk menyemprotkan air pada blok mesin.

Oh iya anda dapat membeli asam sitrun di minimarket maupun ditoko online dengan harga 6rb untuk ukuran 200 gr.

2 Sunlight + Pertalite/Pertamax

Cara membersihkan kerak pertama mesin motor berikutnya adalah dengan menggunakan sunlight dan pertalite atau pertamax. Nah jika anda menggunakan tips yang kedua ini, berikut adalah ulasan cara membersihkan blok mesin dengan sunlight + pertalit/bensin.

Baca juga  Cara Mudah Mengkilapkan Blok Mesin dengan Brasso

Siapkan terlebih dahulu peralatan seperti :
  • Sikat gigi bekas/kuas cat berukuran kecil
  • Botol plastik bekas untuk wadah mencampur adonan
  • Busa
  • Sunlight ukuran kecil yang harga 2rb
  • Lap kanebo dan
  • Pertalite atau pertamax secukupnya
Cara pertama membersihkan mesin motor

Campurkan sabun cici piring dan pertalite ke wadah botol bekas dan aduh hingga merata sampai mengeluarkan busa. Untuk takaranya 1:1 atau 1:2 tergantung seberapa banyak noda yang menempel pada bureng mesin motor.

Oleskan kepermukaan blok mesin dengan menggunakan sikat gigi maupun dengan kuas cat. Kemudian gosok secara merata dengan sikat gigi hingga ke sela-sela mesin terutama pada bagian bureng mesin. Untuk tahap ini ulangi beberapa kali.

Jika sudah tunggu beberapa saat sekitar 10-20 agar cairan yang kita buat beraksi pada noda yang menempel pada mesin motor.

Tahap terakhir adalah dengan membilasnya menggunakan air yang bersih sambil kita gosok menggunakan busa atau lap yang halus. Jika sisa kotoran dan sisa sabun sudah bersih segera keringkan menggunakan lap kanebo. Dan lihatlah hasilnya blok mesin akan terlihat bersih nampak seperti baru.

Cara kedua membersihkan blok mesin motor
  • Campurkan sunlight dengan pertamax atau pertalite ke dalam botol air minum bekas.
  • Kemudian tutup hingga rapat dan kocok sampai sunlight dan pertalite tercampur.
  • Lubangi tutup botol tadi menggunkan paku kecil. Jika lubangnya terlalub besar maka akan boros😁
  • Selanjutnya semprotkan ke semua bagian mesin yang ingin kita bersihkan.
  • Kemudian tunggu hinga 5-10 menit agar cairan tersebut beraksi. Dan gosok mesin dengan sikat gigi bekas sampai ke sela-sela mesin hingga kotoran dan kerak yang menempel keluar.
  • Terakhir bilas menggunakan air hingga bersih. Anda bisa menggunakan selang untuk menyemprotkan air agar bisa mengenai sela-sela mesin dan bureng. 
  • Seteah selesai jangan lupa untuk mengelapnya dengan kanebo agar bekas air cucian cepat kering dan tidak menimbulkan noda bercak air.
Perlu anda ingat, jika blok mesin terdapat noda bekas oli yang cukup banyak menempel anda bisa membersihkanya terlebih dahuli menggunakan solar. Kemudian anda bisa mengikuti tipa diatas yang sudah kami tulis.

Demikian tadi teknik ringan cara membersihkan blok mesin dengan sunligt, bagaimana cukup mudah bukan ? Mudahnya tips diatas semoga bisa membuat anda untuk selalu menjaga kebersihan motor. Tips diatas juga bisa kita aplikasian untuk membersihkan cvt motor matic loo.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel