Hanya Dengan Sabun Cuci piring Rantai Motor Pun Bersih dan Kinclong


Membersihkan rantai motor dengan sunlight - Fungsi rantai sendiri merupakan sebagai pengerak agar roda belakang berputar sehingga motor berjalan dengan kecepatan rendah maupun tinggi. Berbeda dengan v-belt yang letaknya di dalam, letak rantai yang diluar dan dekat dengan ban rantai ini mudah sekali kotor terlebih lagi jika kita terlalu banyak memberi pelumas oli.


Sebenarnya tidak salah memberi oli sebagai pelumas rantai, namun pemakain yang berlebih justru akan membuat partikel debu dan kotoran mudah menempel pada permukaan rantai.  Rantai yang kotor tentu akan menyebabkan masalah seperti suara berisik ketika motor berjalan. Hal ini disebabkan kotoran yang menempel pada rantai akan bergesekan dengan gear depan dan belakang sehingga akan menimbulkan efek getaran yang tentunya akan membuat ketidak nyamanan ketika motor kita kendarai.

Tidak hanya itu saja, rantai yang kotor juga akan mengurangi kekuatan rantai itu sendiri, dengan kata lain jika rantai terus digunakan tanpa ada tindakan untuk membersihkanya maka bisa menyebabkan rantai cepat aus dan putus.

Baca juga Cara yang Benar Mengecat Velg Motor Dengan Samurai Paint

Sebenarnya cara membersihkan rantai motor yang kotor dan berkerak sangatlah mudah dan bisa kita lakukan sendiri dirumah dengan menggunakan bahan yang ada disekitar kita. salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan sabun cuci piring.

Berikut adalah cara membersihkan rantai motor dengan sunlight :

Persiapkan peralatan dan bahan
  • Kuas cat berukuran kecil
  • Sikat gigi bekas(baru juga bisa kok)
  • Wadah kecil, bisa menggunakan mangkuk, gelas plastik atau yang lainya.
  • Bensin/pertalite  secukupnya dan
  • Cairan pencuci pirang bisa sunlight atau mama lemon.
Step pertama

Oleskan bensin ke permukaan rantai, namun sebelum melakukan tahap ini alangkah baiknya anda bisa memarkirkan kendraan ditempat yang nyaman dan tidak terkena panas matahari. Jika motor diletakan diatas lantai anda bisa melapisinya dengan kardus atau lap bekas sehingga nantinya lantai tidak kotor.

Baca juga Cara Yang Benar Membersihkan Blok Mesin Dengan Sunlight

Selanjutnya tuangkan bensin ke wadah yang sudah kita sediakan tadi dan oleskan bensin secara merata ke permukaan rantai yang kotor dengan menggunakan kuas cat. Kemudian Gosok seluruh bagian rantai dan gear menggunkan sikat gigi, untuk tahap ini anda bisa mengulanginya beberapa kali.

Bensin sendiri disini berfungsi sebagai perontok debu dan kerak yang sudah mengeras pada permukaan rantai dan gear. Karena bensin memiliki sifat yang cepat menguap, jadi oleskan bensin dengan cepat kemudian lakukan tahap pengosokan. Cara membersihkan rantai motor dengan bensin ini juga bisa kita ganti dengan menggunakan pertalite yang mudah didapat.

Step ke Dua

Cara membersihkan rantai motor dengan sunlight adalah dengan melarutkan mama lemon maupun sunlight dengan menggunakan sedikit air. Mengapa harus dengan sabun cuci piring ?

Baca juga 4 Cara Mudah Menghilangkan Goresan Pada Dek Motor Matic

Karena bahan yang terkandung sabun pencuci piring ini lebih kuat mengakat minyak. Jadi sabun cuci piring bisa menghilangkan sisa-sisa bensin tadi dan juga bekas kotaran yang masih menempel. Anda bisa membuat larutan pembersih rantai dari sabun cici piring ini dengan volume yang sedikit banyak.

Selanjutnya anda dapat mengoleskan cairan yang sudah kita buat tadi menggunkan kuas cat hingga cairan mengenai sela rantai baik bagian atas maupun bawah.

Step ke Tiga

Setelah semua bagian rantai terkena sabun sunlight, selanjutnya anda bisa menyikatnya dengan sikat gigi . Pada tahap ini bagian yang sering terlewatkan adalah sela-sela rantai pada mata rantai dalam. Jadi sikat rantai dengan teliti yaa..

Jika ditemukan masih ada kerak yang masih membandel anda bisa mengoleskan bensin kembali setlah itu anda bisa mengoleskan kembali cairan sabun cuci piring. Untuk memudahkan hal ini anda bisa mengosok rantai dari bagian atas bawah dan bagian samping. Jika noda sudah bersih anda bisa memutar ban dan bersihkan bagian rantai selanjutnya. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian gear nya juga ya.. Lucu kan jika rantai bersih namun gearnya masih terlihat kotor.

Step ke Empat

Setelah tahap ke tiga selesai jangan di semprot atau disiram dengan air dulu ya.. Biarkan beberpa saat hingga cairan pembersih kerak dari sunlight tadi beraksi. Tunggi hingga cairan mengering kemudian anda bisa menyemprotkan air yang bersih hingga sisa sabun dan kotoran yang masih menempel pada rantai dan gear menghilang. Dan tunggu hingga rantai dan gear mengering.

Step ke Lima

Langkah terakhir adalah dengan menyemprotkan pelumas, karena proses pembersihan diatas bukan hanya partikel debu, oli dan kerak yang hilang namun pelumas rantai juga akan ikut hilang atau terbilas. Sehingga akan berefek rantai menjadi terlihat kering, untuk memberikan pelumas kembali jika ada ulang lebih anda bisa membeli cairan semprot pelumas rantau atau chain lube.

Semprotkan chain lube pada permukaan rantai hingga merata dan jika ban diputar rantai tidak bunyi krak-krak kembali.

Jika saat ini budget lagi minin, anda bisa menggunakan pelumas alternatif kok yaitu dengan menggunakan oli mesin jahit. Kenapa harus oli jahit ? selain harganya yang murah 7rb perbodol oli jahit ini bersifat bening dan tidak membuat partikel debu menempel jadi akan membuat rantai selali terlihat bersih danpa ada debu yang menempel.

Cara menggunakan oli jahit pun sangatlah mudah yaitu dengan memotong ujung botol dengan gunting kemudian tuangkan pada permukaan rantai. Agar oli tidak muncrat ke mana-mana, tuangkan oli jahit secukupnya saja karena jika rantai sudah berbutar maka oli akan rata dengan sendirinya.

Demikian tadi sedikit pembahasan mengenai cara membersihkan rantai motor dengan sunlight, semoga tips diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi para otomania khususnya untuk perawatan seputar rantai motor. Dan terima kasih banyak atas kunjungan temen-temen semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel