Cara yang Benar Mengecat Velg Motor Dengan Samurai Paint


Cara mengecat velg motor dengan samurai paint - Akibat si abang tukang tambal ban yang main congkel ban sana sini akibatnya velg motor vario saya mengelupas yang membuat motor kurang kece lagi saat dipandang mata. Saya langsung berfikir bagaimana cara menutupi atau membuat velg motor vario saya terlihat kece lagi. Dan akhirnya saya berinisiatif untuk mengecat kembali velg motor dengan cat semprot.

image by youtube.com
Cat semprot ini saya pilih karena mudah penggunaanya tanpa perlu ribet mencampurkan thiner sana sini, tingal kita semprot saya. Jadi keinget waktu lulus sma dulu๐Ÿ˜ Selain mudah penggunaanya yang pasti harganya lebih murah ketimbang menggunakan cat duco atau cat spary gun. Pengalaman dari temen waktu ngecat velg motornya dibengkel cat mobil kena harga 250. Wah mahal juga ya, kalau buat beli cat semprot dapet berapa biji itu๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Ngesahre google sana sini ternyata banyak yang merekomendasikan menggunakan samurai paint. Saya pun langsung bergegas ke toko cat yang lumayan jauh dari rumah. Disana cat samurai paint dijual dengan harga 30rb semua warna. Selain membeli cat semprot saya juga membeli clear coat semprot1 kalengan, amplas halus nomor 360.

Baca juga Cara Yang Benar Cat Velg Motor Warna Gold atau Emas

Sampainya dirumah sayapun langsung membaca aturan pakai cara menggunakan cat kaleng tersebut. Kebanyakan orang indonesia tidak mau membaca aturan pakai terlebih dahulu langsung main semprot sana sini sehingga hasil pengecatan kurang maksimal.

Nah berikut ini kami jabarkan cara mengecat velg motor dengan samurai paint :

Untuk memudahkan proses pengerjaan tahap awal yang harus dilakukan adalah dengan mencopot velg dari motor tersebut. Jika kurang ahli dalam hal ini anda bisa memninta tolong bengkel untuk membukanya.

Setelah terlepas buang semua angin yang ada di dalam ban dan lanjut ke tahap pengamplasan. Basahi velg dan amplas yang akan kita gunakan, hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pengamplasan dan juga untuk mengurangi gesekan antara velg dan amplas. Anda bisa melakukan proses pengamplasan hingga semua jamur dan kotoran yang menempel menghilang.

Kemudian keringkan menggunakan kain kanebo. Jika tidak memiliki kanebo anda bisa menggunakan kain yang kering dan halus. Perlu anda ketahui gunakan lah lap yang tidak terkena atau bekas minyak oli atau obat pengkilap dan shilikon.

Baca juga Cara Membuat Obat Pengkilap Bodi Motor Secara Alami 

Mengapa demikian ? jika lap yang anda gunakan bekas minyak maupun obat pengkilap maka cat tidak akan menempel pada velg. Meskipun kita cat dengan lapisan yang tebal cat tidak akan menempel pada velg.

Sedikit tips mengecat velg tanpa melepas ban adalah dengan menutupinya menggunakan koran. Masukkan koran pada sela-sela velg baik dari sisi kanan maupun sisi kiri. Selain menggunakan koran anda juga bisa menggunakan kartu remi. Untuk memudahkan tahap ini anda bisa mengempeskan semua angin yang ada di dalam ban.

Baca juga Cara Menghilangkan Cat Pilox Pada Velg Dengan Mudah dan Murah

Setelah ban tertutup rapat, anda bisa langsung menyempotkan cat kaleng tersebut. Namun sebelum cat disemprotkan, cara mengecat velg motor dengan samurai paint yang benar adalah dengan mengocoknya hingga beberapa kali. hal ini bertujuan supaya cat dapat menyatu atau tercampur.

Agar hasil pengecatan terlihat mantep anda bisa menyemprotkan cat pilox tersebut hingga 3 kali lapisan atau hingga permukaan velg sudah tertutup rata dengan cat. Agar tidak terjadi cat meleleh Anda bisa memberi jeda pada setiap lapisan, tunggu hingga cat setengah mengering sekitar 2-3 menit kemudian anda bisa menyemprotkan cat kembali begitu seterusnya.

Alangkah baiknya terlebih dahulu anda bisa mengecat pada bagian jari - jari velg dan bagian pada bagian dalam jari-jari. Hal ini dilakukan agar nantinya bagian jari-jari velg khususnya pada bagian dalam tidak terlewatkan.

Jika ditemukan ada cat yang kriting atau mengkerut anda bisa mengatasinya dengan cara mengamplasnya hingga cat yang kriting tersebut menghilang. Namun sebelum diamplas tunggu hingga cat mengering keras sekitar 30-1jam tergantung cat yang kita gunakan.

Pada tahap finishing supaya cat awet dan mengkilap anda bisa melapisinya dengan clear coat. Sama hal nya dengan pengecatan, anda bisa melapisinya dengan clear coat sampai 3 lapis dan beri jeda pada setiap lapisan clear coat. Tunggu hingga clear coat mengering dan lihatlah hasilnya..

Oh iya jarak ideal saat menggunakan cat pilox atau cat samurai paint ini adalah sekitar satu jengkal tangan kita atau sekitar 10cm. Tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh, jika terlalu jauh maka hasil cat akan kasar dan jika terlalu dekat cat akan menggumpal dan bisa meleleh.

Sedikit tips jika ingin cat velg motor warna gold terlebih dahulu anda harus melapisi permukaan velg dengan cat dasar varna silver. Dan jika ingin warna merah atau pink anda harus melapisinya dengan cat dasar warna putih terlebih dahulu.

Agar hasil cat lebih bagus dan lebih dan lebih mantep lagi, sebelum ketahap pengecatan terlebih dahulu anda bisa melapisinya dengan epoxy. Cat samurai paint juga ada epoxy semprotnya loo..

Perluanda ketahui sebenarnya cara menngecat velg motor dengan samurai paint hampir sama dengan mengecat dengan cat kaleng lainya. Namun hasil cat samurai paint lebih mantep ketimbang menggunakan merk cat kaleng lainya. Jadi jangan takut untuk mencobanya ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel