Cara Membuat Obat Pengkilap Bodi Motor Secara Alami


Cara membuat obat pengkilap motor alami - Memiliki motor yang selalu bersih dan terlihat kinclong merupakan salah satu dambaan semua para otomania. Ya motor yang selalu terlihat bersih pastinya kita akan sangat pede atau percaya diri saat mengendarainya. Karena motor yang selalu nampak bersih akan mencerminkan pribadi seorang memilik motor tersebut.


Sebenarnya cara mengkilapkan body motor merupakan hal yang mudah. Namun tak sedikit orang yang mau meluangkan waktu sedkit untuk merawat body motor. Tak sedikit orang yang menyewa jasa salon motor untuk membuat body motor nya terlihat mengkilap dan kinclong. Ya meskipun jasa salon motor cukup mahal namun hal ini tidak jadi masalah jika mempunyai budget yang lebih.

Namun jika budget kita lagi minim sebenarnya ada beberapa cara membuat obat pengkilap motor alami yang bisa kita buat sendiri dirumah, bahkan benda ini mungkin sudah ada disekitar. Cara alami sebenarnya sangat disarankan untuk mengkilapkan motor. Karena cara alami lebih aman tanpa ada efek samping seperti cat terkisis dan cepat kusam dikemudian hari ketimbang menggunakan obat pengkilap yang mengandung beberapa bahan kima seperti silicon.

baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Lem G di Body Motor 

Bagaimana? jika tertarik menggunakan bahan alami untuk pengkilap body motor permanen, berikut adalah beberapa bahan alami dan cara mengaplikasinya pada bodi motor:
  • Minyak Kayu Putih 
Bahan untama yang bisa kita gunakan adalah minyak kayu putih. Ya selain funginya sebagai penghangat tubuh, dibeberapa kasus minyak kayu putih juga digunakan untuk mengbersihkan debu dan mengkilapkan beberapa benda electronik seperti laptop dan TV.

Selain digunakan untuk mengkilapkan barang elektronik, minyak kayuputih juga ampuh kita gunakan untuk mengkilapkan bodi motor. Berikut adalah cara mengkilapkan body motor seperti baru menggunakan minyak kayu putih.

Untuk menggunakan kayu putih inui sebenarnya sangatlah mudah kok yaitu dengan memcuci motor terlebih dahulu hingga bersih kemudian keringkan menggunakan lap kaneo yang memiliki daya resap air yang baik.

Oleskan minyak kayu putih secukupnya pada permukaan bodi motor, kemudian gosok menggunakan kain yang bersih dan halus. Agar tidak menimbulkan goresn-goresan halus, anda bisa mengosoknya secara perlahan dan ulangi beberapa kali. Nah jika sudah anda bisa meilhat perbedaanya sebelum dan sesudah bodi motor diolesi dengan minyak kayu putih.
  • Minyak Goreng
Tak hanya dengan minyak kayu putih, minyak goreng juga bisa kita gunakan untuk mengkilapkan motor kita. Ini bukan hanya isapan jempol belaka karena sudag banya orang yang membuktikanya termasuk saya sendiri. Hasilnya pun tidak kalah bersih dan mengkilap seperti motor habis dibawa ke salon. Jadi tidak usah ragu lagi menggunakan minyak goreng ini.

Baca juga  Cara Yang Benar Membersihkan Blok Mesin Dengan Sunlight


Namun yang perlu anda ingat adalah jangan guanakan minyak jelantah atau minyak goreng bekas. Gunakanlah minyak goreng yang masih baru agar tidak menimbulkan bau yang kurang sedap pada motor. Berikut adalah cara membuat obat pengkilap motor motor alami menggunakan minyak goreng:

Seperti biasa langkah pertama yang hartus kita lakukan adalah dengan mencuci motor menggunakan air bersih dan shampo khusus motor hingga semua partikel debu dan kotoran yang menempel hilang. kemdian kering kan hingga tidak ada sisa-sisa air dan sabun yang masih mempel pada motor.

Olesakan minyak goreng secukupnya menggunakan busa atau lap pada dek motor, kemudian gosok dengan gerakan memutar menggunakan kain yang bersih dan halus. Ulangi tahap ini beberapa kali hingga permukaan dek motor terlihat mengkilap kembali seperti baru. Jika minyak terlalu banyak menempe pada bodi motor anda bisa mengelapnya dengan lap kanebo.

Minyak goreng juga bisa kita gunakan untuk mengkilapkan dasboar motor matic maupun untuk menghitamkan spakbor motor anda.
  • Beeswax
Beeswax merupakan hasil olahan dari sarang lebah madun maupun lebih jenis lainya yang diproses menjadi lilin. Beewax ini sering digunakan untuk produk-produk kecantikan. Beeswax tersebut juga bisa kita gunakan untuk mengkilapkan bodi motor seperti baru.

Saat ini manfaat beeswx terkanding dalam beberapa obat polish yang banyak dijual dipasaran. Selain memiliki manfaat untuk mengkilapkan bodi motor seperti baru, beeswax ini juga bisa membuat tampilan cat motor lebih terlihat halus dan tidak membuat cat motor cepat memudar. Karena beeswax seperti lilin yang mempel dan  melindunggi permukaan cat dari debu dan panas matahari.

Beberapa produk polish yang mengandung beeswax yang saat ini banyak dijuak dipasaran adalah turtell wax, enamoll, biopolish dan beberapa merk lainya.

Agar cat bodi motor tetap awet dan mengkilap, alangkah baiknya anda bisa melakukan perawatan ringan seperti :
  • Memarkirkan motor ditempat yang teduh jika tidak digunakan
  • Segera cuci motor setelah kehujanan atau cuci motor jika bodi motor sudah mulai kotor. Anda bisa mencuci motor minimakl semnggu sekali dan hindari menggunakan sabun colek maupun detergen untuk mencuci motor. Jika tidak memiliki shampo motor, anda bisa menggunakan sabun cuci piring sunlight yang lebih aman.
  • Dan anda bisa mengelapnya setiap pagi hari menggunakan lap yang bersih maupun dengan lap kanebo agar debu dan kotoran yang menempel hilang.
Bagaimana ?cukup mudah bukan cara membuat obat pengkilap motor alami. Selain aman, membuat obat pengkilap alami dipercaya dapat mengurangi biaya merawat motor๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ atau mungkin beberapa bahan diatas sudah ada dirumah kita. Selmat mencoba..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel