Cara Yang Benar Cat Velg Motor Warna Gold atau Emas


Cara cat velg motor warna gold - Menganti warna velg merupakan salah satu modifikasi motor yang cukup ringan mudah. Selain bisa dilakukan di bengkel mnegecat velg racing saat ini juga bisa kita lakukan sendiri dirumah tanpa harus punya skill khusus. Baik itu proses pengecatan menggunakan kompresor maupun menggunakan cat pilox.

image by youtube.com
Saat ini banyak sekali pilihan warna menarik yang bisa kita gunakan untuk mengecat velg motor. Warna velg yang paling diminati terutama untuk kaula muda adalah warna gold atau coklat tua. Ya semenjak motor yamaha NMX dengan warna velg coklat emas, banyak orang yang merubah warna velgnya menjadi gold atau warna emas.

Sebenarnya cara cat velg motor warna gold sangat lah mudah mungkin temen-teman sudah bisa lelakukanya sendiri dirumah. Namun, agar warna cat tidk cepat pudar dan tidak mudah mengelupas ada beberapa cara atau teori agar cat awet dan tidak mudah mengelupas.

Baca juga Cara Menghilangkan Cat Pilox Pada Velg Dengan Mudah dan Murah

Lantas bagaimana cara cat velg motor yang benar ? Sebenarnya cara mengecat velg motor yang benar sangat lah mudah, yang kita butuhkan hanyalah ketelitian dan kesabaran. Agar lebih jelasnya berikut ini kami ulas tentang bagaimana cara cat velg emas agar awet dan tidak mudah pudar :

Untuk mempermudah proses pengerjaan langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan melepas velg dari motor baik velg depan dan belakang.

Siapkan ampas halus nomor 360, air secukupnya dan sabun colek merk apapun. Basahi velg dengan air kemudian amplas seluruh bagian velg sampai pada bagian sela-sela. Jika ada piringan cakram pada velg anda bisa melepasnya terlebih dahulu. Proses pengamplasan ini bertujuan untuk menghilangkan jamur dan kotoran yang mempel, sehingga jika kita tindih dengan cat tidak mudah mengelupas.

Kemudian keringkan velg dengan lap kanebo. Agar nantinya ban tidak terkena cat, anda bisa mengempeskan/mengeluarkan seluruh angin didalam ban, kemudian masukkan koran pasa sela antara ban dan velg. Tutup seluruh permukaan ban bak kanan maupun kiri. Selain menggunakan koran, anda juga bisa munutupi permukaan ban dengan kartu remi dan jangan lupa untuk menutupi pentil angin dengan isolasi kertas. Cara mengecat velg motor tanpa melepas ban sangat lah praktis ketimbanghanda harus mencopot semua ban yang membutuhkan tenaga ektstra.

Baca juga Cara Yang Benar Mengecat Velg Alumunium Agar Tidak Cepat Mengelupas

Setelah velg mengering dan ban tertututp rapat, anda bisa langsung menyemprotkan cat dasar warna silver solid atau metalic. Mengapa harus dilapisi cat dasar ? Melapisi dengan cat dasar ini bertujuan agar hal pengecatan nantinya tertutup dengan rada dan pastinya akan menghemat cat.

Tidak dilapisi epoxy terlebih dahulu ? Proses epoxy ini dikakukan jika velg anda sudah pernah dicat ulang untuk menghindari cat kriting atau mengkerut. Namun juka velg masih cat original pabrik anda bisa langsung bisa menindihnya dengan cat.

Bila sudah terlapis cat dasar tunggu hingga mengering sekitar 30-40 menit tergantung kualitas cat yang kita gunakan. Cara cat velg warna gold selanjutnya adalah dengan melakukan pengamplasan pada cat dasar. Proses pengamplasan ini bertujuan agar hasil pengecatan terasa halus. Lakukan pengamplasan hingga halus dan tidak ada partikel debu yang menempel. Untuk tahap ini anda bisa menggunakan amplas 360 bekas yang sudah kita gunakan tadi. Kemudian keringkan dengan lap kanebo.

Setelah kering, anda bisa mengelapnya kembali dengan lap yang halus dan kering untuk mengkontrol bila masih ada bekas air yang menempel.

Sekarang anda bisa langsung melakukan pengecatan/menyemprotkan warna emas/gold. Lakukan proses pengecatan  secara tips terlebih dahulu untuk menghindari cat meleleh. Tunggu beberapa saat dan lakukan pengecatan kembali sampai 3 lapis  atau sampai semua bagian velg tertutup rata warna gold.

Baca juga Takaran Pass Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Tahap terakhir atau finishing adalah dengan melakukan atau melapisinya dengan clear coat/pernis. Jika ingin warna doff ada bisa membeli clear doff dan jika ingin warna gilap anda bisa menyemprotkan clear coat gilap/mengkilap.

Begitu juga dengan clear coat anda bisa melapisinya hingga tiga lapis dan beri jeda pada setiap lepisan untuk menghindari cat meleleh. Proses clear coat yang benar adalah melakukanya secara tips-tipis terlebih dahulu, tunggu beberapa saat dan ulangi proses clear coat kembali.

Tunggu selama 2-3 jam hingga clear coat mengering, lepas koran dan isolasi penutup ban. Ban pun siap untuk kita pasang dan kita isi angin kembali.

Setalah clear coat mengering keras anda bisa melakukan pemolesan setelah menggunakan kompon dan meng ulanginya dengan kit maupun trutell wax. Namun jika tidak kita kompon juga tidak apa-apa. karena menyemprotkan clear coad dengan rata sebenarnya sudah cukup untuk membuat velg terlihat mengkiap.

Tips cara cat velg motor warna gold diatas juga bisa kita aplikasikan untuk mengecat velg mobil. Jika tidak memiliki compresor anda bisa menggunakan cat pilox samurai paint, karena cat pilox ini memiliki kualtas warna yang bagus(bukan promosi loo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel