Cara Menghilangkan Cat Pilox Pada Velg Dengan Mudah dan Murah


Cara menghilangkan cat pilox pada velg - Selain fungsinya sebagai wadah ban dan pengerak motor baik untuk berjalan maju maupun mundur, velg juga merupakan bagian motor yang banyak dimodifikasi sedemikain rupa agar motor lebih terlihat sport. Bagi pecinta modifikasi velg merupakan bagian yang banyak diubah baik itu diganti warna maupun dilapisi dengan chorme.


Salah satu pengecatan secara instan untuk mengecat velg motor adalah dengan menggunakan cat pilox atau cat kaleng. Ya selain cara menggunakan cat pilox cukup mudah, cat pilox juga dijual dengan harga yang cukup murah ketimbang menggunakan cat duko.

Namun, kelemahan cat pilox ini adalah warnanya cepat pudar dan mudah mengelupas. Jika cat pilox sudah mengelupas pastinya velg motor akan kurang sedap dipandang terutama pada motor modifikasi. Sehingga kita harus melakukan pengecatan ulang agar velg terlihat menarik kembali.

Sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan cat pilox pada velg yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. Salah satunya adalah dengan menggunakan thinner namun cara ini kurang maksimal untuk menghilangkan cat pada velg.

Baca juga Cukup Gunakan Vixal Noda Kerak Dan Karat Pada Mesin Motor Hilang

Namun tentang, kami memili cara ampuh untuk menghilangkan cat di velg motor yaitu dengan menggunakan pain remover. Berikut ini adalah cara yang benar menggunakan paint remover :

Siapkan dulu peralatan seperti :
  • Remover
  • Sikat gigi
  • Kain lap
  • Sarung tangan dan
  • Atosol/Brasso 
Selanjutnya lepas velg dari motor dan lepas juga ban dari velg untuk mempermudah proses pengerjaan sampai dalam.
  • Bersihkan velg dari debu dan kotoran yang mempel menggunakan lap. Namun alangkah baiknya anda bisa mencucinya kemudian keringkan.
  • Siapkan remover, perlu anda ketahui sebelum remover dibuka jangan kocok remover. Pengalaman pribadi karena remover saya kocok dan tutupnya saya buka isi remover tersebut pengenai mata saya dan dimata pun rasanya lumayan pedih😄😄 kayak minuman bersoda gitu kalah dikocok terus jadi meledak minumanya. Sehingga berhati-hatilah saat membuka remover saat pertama kali. Baca juga Cara Yang Benar Membersihkan Blok Mesin Dengan Sunlight
  • Karena remover termasuk obat keras, sebelum memegang remover anda bisa menggunakan sarung tangan terlebih dahulu.
  • Olesakan remover secera merata pada velg menggunakan sikat gigi dan tunggu hingga beberapa saat agar beraksi.
  • Gunakan sikat kawat untuk mengerok cat yang telah teroles remover hingga cat yang menepel menggelupas. Selain menggunakan sikat kawat anda juga bisa mengampasnya dengan ampas nomor 120.
  • Lakukan kedua tahap diatas hingga semua permukaan cat pada velg menghilang.
  • Karena remover bersifat panas, anda harus menyiapkan sikat gigi lebih dari satu.
  • Dan bila terkena tangan segara cuci dengan air bersih dan sabun.
Sebenarnya pada tahap ini cat sudah mengelupas atau hilang dari velg, namun untuk menghilangkan bekas baret dari sikat kawat atau amplas anda bisa mengulangi proses pengamplasan menggunakan amplas halus nomor 360 dan 2000. Basahi dengan air bersih amplas dan velg untuk mempermudah proses pengamplasan.

Baca juga Penyebab Dan Cara Mengkilapkan Tangki Motor yang Kusam

Cara menghilangkan cat pilox pada velg selanjutnya adalah dengan mengoleskan brasso dan autosol metal polshing. Tahap ini dilakukan adalah agar velg terlihat kinclong seperti habis di chrome. Anda cukup mengoleskan cairan brasso dengan kuas cat kemudian gosok menggunakan kain yang halus hingga mengkilap dan mengeluarkan noda-noda hitam hasil gosokan.

Agar velg lebih mengkilap sempurna oleskan Autosol Metal polish atau bisa dengan Kit Metal Wax agar terkesal mengkilap natural.

Catatan : Jika punya velg telanjang alias tanpa dilapisi cat ini maka anda harus rajin-rajin merawatnya. Karena jika velg ini terkena air hujan dan terkena kotoran jika tidak segera dibersihkan maka akan sangat mudah muncul flek warna khas besi yang susah untuk dibersihkan. Untuk menghilangkanya harus di brasso dan autosol kembali.

Begitupula perawatan setelah selesai mencucinya harus langsung dikeringkan dengan lap kanebo dan bisa kita gosokan bedak, sama halnya dengan merawat chrome.

Cara menghilangkan cat pilox pada velg diatas juga bisa kita aplikasikan pada velg mobil. Semoga bisa bermanfaat bagi anda. Jika anda kebingunggan bisa bertanya dikolom bawah komentar. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel