Cara Mudah dan Murah Menghitamkan Ban Motor Dengan Minyak Goreng


Cara menghitamkan ban motor dengan minyak goreng - Tak sedikit orang yang melakukan perawatan ban motor agar selalu awet dan mengkilap. Karena letaknya dibawah dan sering sekali terkena debu dan kotoran sehingga ada rasa malas untuk memersihkanya.

Ban yang tampak hitam mengkilap pastinya akan membuat tampilan motor terlihat lebih menarik. Ibarat bagaikan sayur tanpa garam, jika motor sudah dicuci hingga bersih namun jika kondisi ban terlihat kusam dan kotor pastinya akan ada yang kurang saat dipandang.

image by automotifblog.com
Cara paling umum yang digunakan untuk menghitamkan permukaan ban adalah dengan cara mengoleskan semir ban ataupun silicon. Dipasaran sendiri banyak sekali merk semir ban yang dijual. Namun biasanya semir ban dari pabrikan biasanya tidak akan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama terlebih lagi ban sering digunakan untuk melewati jalanan yang kotor dan berdebu.

baca juga Cara Sederhana Menghilangkan Goresan Pada Motor Dengan Autan

Selain menggunakan semir buatan pabrik, sebenarnya ada cara membuat ban motor menjadi hitam dengan menggunakan bahan alami atau bahan disekitar kita. Selain tidak mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk membeli semir, membuat semir ban dari bahan alami ini cukup mengeluarkan uang sedikit untuk membelinya. Atau mungkin bahan terebut sekarang sudah ada dirumah kita.

Salah satu cara menghitamkan kembali ban motor adalah dengan menggunakan minyak goreng. Apa mungkin bisa? yaa selain fungsinya untuk mengoreng masakan, saat ini minyak goreng banyak digunakan untuk menghitamkan atau mengkilapkan kembali ban motor maupun ban mobil yang kusam.

Berikut ini adalah cara menghitamkan ban motor dengan minyak goreng :

Tahap pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mencuci permukaan ban terlebih dahulu. Agar permukaan ban benar-benar bersih, anda bisa menggunakan sikat dan juga sabun atau shampo untuk mencucinya. kemudian siapkan minyak goreng sekitar 1/4 gelas dan juga busa sponse atau kain yang bersih. Baca juga Cara Menghilangakan Karat Pada Knalpot Dengan Autosol

Oleskan minyak goreng secukupnya pada sisi kanan maupun kiri menggunakan busa sponse kemudian ratakan hingga seluruh permukaan ban terlapis oleh minyak goreng. Kemudian lihatlah hasilnya ban yang awalnya kusam sekarang kembali menghitam dan mengkilap.

Perlu anda ketahui adalah karena minyak goreng bersifat licin, jadi jangan sampai bagian tengah ban terkena yaa..Jika dirasa minyak goreng terlalu banyak menempel pada ban anda bisa menghilangkanya dengan lap kanebo yang sedikit basah.

Catatan : Agar tidak menimbulkan bau ikan asin dan bau pindang gunakanlah minyak goreng yang masih baru.

Selain bisa kita gunakan untuk membuat ban motor menjadi hitam minyak goreng juga bisa kita gunakan untuk menghitamkan spakbor belakang dan juga untuk menghitamkan dashboard montor matic.

Demikian tadi sedikit tips cara menghitamkan ban motor dengan minyak goreng. Selain murah membuat semir ban dari bahan alami memiliki kelebihan yaitu lebih awet mengkilap dan juga tidak memiliki efek samping pada ban dikemudian hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel