Motor Mogok Saat Habis Dicuci ? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya


Motor injeksi mogok setelah dicuci - Mencuci motor merupakan salah satu rutinintas yang wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan motor injeksi anda. Terlebih lagi jika musim hujan saat ini si kuda besi mudah sekali kotor lantaran selalu melibas kubangan air serta lumpur yang kotor. Selain membuatnya tampil kotor tarikan motor juga terasa berat jika tidak langsung dicuci. Mungkin banyak kotoran yang nempel jadi membuat lajunya terasa berat..hehehe


Akan tetapi mencuci motor tidak boleh dilakukan sembarangan main semprot sana sini. Pencucian yang asal-asalan justru dapat membuat motor injeksi mogok setalah dicuci yang justru akan merepotkan anda. Gimana ngak repot coba jam udah mepet mau berangkat kerja motor malah mati untung aja saat ini ada ojek online.

Sebenarnya permasalah motor saat habis dicuci bukanlah permasalahan fatal yang dapat membuat komponen motor jadi rusak. Jadi bila permasalah ini tak usah membuat anda panik karena berfikir komponen motor mengalami kerusakan. Bahkan anda bisa mengatasinya sendiri tapa harus capek mendorong motor sampai ke bengkel.

Untuk memperbaiknya anda harus melakukan pengecekan dan perbaikan beberapa komponen dibawah ini :

Periksa Cop Busi 

Hal pertam yang dapat dilakukan adalah memeriksa cop budi. Letak cop busi sendiri berada diujung busi yang berfungsi menyalurkan aliran setrum ke busi yang langsung menuju ke ruang bakar. Jika bagian ini basah atau kemasukan air maka aliran listrik tidak bisa mengalirkan secara maksimal yang berimbas mesin tidak bisa nyala karena tidak ada percikan listrik.


Untuk mengetahuinya anda bisa melakukan pengecekan bagian dalam busi apakah basah atau tidak. Jika ditemukan air dan basah segera kerngkan dengan lap yang kering sampai ke bagian dalam. Jika sudah mengering pasang kembali dan coba untuk menyalakan motor. Bila masih sulit nyala anda bisa mengecek ke poin selanjutnya.

Cek Kondisi Busi 

Komponen lainya yang bisa dicek adalah kondisi busi. Ya selain cop nya bila busi basah terkena ir otomatis tidak bisa menghantarkan aliran listrik/pengapian yang yang tidak bisa melakukan pembakaran didalam mesin yang membuat mesin motor tidak nyala. Untuk mengatasinya anda bisa membuka busi tersebut dengan kunci busi kemudian keringkan busi tersebut dari mulai bagain ujung hingga batang.

Jika batang busi terlihat hitam anda bisa sekalian membersihkanya dengan cara mengamplasnya pakai bensin. Jika busi bersih tentu akan memperpanjang usia pakai, setelah kering dan bersih pasang kembali. Pemasangan busi tidak usah  terlalu kencang sob, pemasangan yang kekencangan justru akan membuat anda kesulitan membukanya dikemudian hari bila motor mati. Dan tingal pasang cop nyalakan motornya.

Cek kondisi Karburator

Terakhir anda bisa melakukan pengecekan pada karburator. Mungkin anda tidak mengetahui bahwa air juga dapat merembes ke dalam karburator loo.. Fungsi karburaotor ini adalah sebagai penyalur bensin serta angin ke dalam mesin untuk proses pembakaran.

Tentu bila karburator kemasukan air dan bercampur bensin pembakaran didalam mesin tidak lah sempurna yang membuat mesin tidak bisa nyala. Agar mesin bisa nyala seperti biasanya tentu anda harus mengeluarkan air yang terperangkap didalamnya.

Cara mengeluarkanya pun cukup mudah dengan cara mengendurkan baut pembuangan besin yang terletak dibagian bawah. Saat baut terbuka bensin serta air yang tertampung didalam mangkuk karburator akan keluar, biarkan sampai bensin yang sudah tercampur air keluar semua kemudian kencangkan kembali. Sebelum melakukan proses ini tutup kran besin tutup terlebih dahulu namun jika tidak ada keranya setelah air keluar segera kencangkan baut agar bensin tidak keluar semua. Setelah selesai buka kran kembali dan motor siap dinyalakan.

Tips cara mencuci motor yang benar agar tidak mogok saat dicuci

Untuk menghidari masalah motor mogok saat dicuci sebaiknya anda mengikuti beberapa poin dibawah ini :

  • Pastikan yang disemprot anya bagian body saja bukan pada komponen mesin terutama yang berdekatan dengan busi. 
  • Jika ingin mencuci mesin cukup siram secara manual menggunakan gayung dan bunakan busa bersabun untuk membersihkanya.
  • Hindari penyemprotan air bertekanan tinggi pada sektor karburator serta soket kelistrikan.
  • Dan yang terakhir adalah jangan menyemprotkan air didekat lubang knalpot, bila ingin membersihkan ujungnya cukup siram pakai gayung secara perlahan dan bersihkan dengan sikat atau kain yang bercampur sabun. 

Ok demikanlah tips hari ini penyebab motor injeksi mogok setelah dicuci, dengan mengetahui cara mengatasinya tentu anda tak perlu panik lagi jika mesin motor tidak bisa dinyalakan. Jika sudah mencoba ketiga cara diatas namun tidak bisa hidup tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan di bengkel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel