Cara Mudah Melepas Buat/Mur Yang Berkarat


Cara mudah melepas baut yang berkarat - Mungkin saat ini anda tengah kesulitan melepas baut atau mur yang susah dibuka karena karat. Jika hal ini terjadi tentu akan sangat menjengkelkan dan bikin frustasi karena pekerjaan jadi tersendat akibat baut yang tidak bisa dibuka. Selain karena karat tumpukan debu dan kotoran yang menempel juga turut jadi waktor mur susah untuk dibuka bahkan bila dipaksa bisa menyebabkan putus yang justru akan menimbulkan masalah baru.


Seperti yang sudah saya singgung tadi fungsi baut ini cukuplah penting yang banyak dipergunakan dalam berbagai benda misalkan untuk merekatkan komponen elektronika, penyambung sasis, menyatukan blok mesin, menempelkan dek pada rangka dan lainya. Seiring berjalanya waktu mur ini akan mengalami kemacetan terlebih lagi jika jarang dibuka yang membuat kerak pada drat mur tersebut.

Saat membuka mur serta baut yang mengalami macet memang memerlukan teknik serta cara khusus agar dapat dibuka hanya dalam hitungan menit. Agar pekerjaan anda tidak terganggu akibat baut yang tidak bisa dibuka, berikut ini ada beberapa referensi serta beberapa bahan alternatif yang bisa anda coba untuk membuka baut yang berkarat.

Baca juga Tips Aman Mengatasi Ban Tubeless Bocor Halus Tanpa Ke Bengkel 

Cara Membuka Mur Serta Baut Yang Keras Dan Gundul

  • WD 40
Cara awal yang dapat anda coba adalah dengan memakai wd 40, Cairan berbentuk semprot layaknya pilox ini memang bahan komersil buatan pabrik yang sangat ampuhh untuk melenyepkan karat hanya dalam sekejap terutama yang menempel pada baut.

Cara memakainya pun cukup mudah yakni dengan menyemprotkan secukupnya pada baut yang sulit dibuka dan tunggu beberapa saat agar karat rontok berikutnya anda tingal membukanya dek. Sekedar saran jika ingin melepas baut gunakanlah kunci pas atau kunci sok agar kepala baut tidak rusak atau gundul yang bisa menjadi kesulitan saat membukanya.

Baca juga Cara Aman Membersihkan Filter Udara Motor Injeksi Tanpa Kompresor 


  • Oil
Tips berikutnya yang bisa dicoba adalah memakai minyak pelumas oli. Bahan memang paling banyak digunakan untuk mengatasi baut yang tidak bisa dibuka karena oli mudah sekali didapat tanpa mengeluarkan uang sepeserpun sekedar untuk membelinya.

Cara pengaplikasianya pun cukup mudah yyaitu dengan meneteskan oli secukupnya pada pingir baut agar oili dadap meresap ke dalam dan tunggu beberapa saat air oli tersebut bekerja merontokan karat serta kerak yang menempel. Setelah itu anda dapat dengan mudah membukanya.

Baca juga  Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight

Dalam proses ini semua jenis oli dapat anda gunakan mulai dri oli, rem lem, oli gardan serta oli mesin. Bila menggunakan oli rem berhati-hatuilah ya agar tidak terkena dek motor jika suda terkena segera basuh pakai air bersih.

  • Air
 Ternyata air juga bisa dimanfaatkan lo untuk membuka baut yang macet loo, sama halnya dengan yang diatas cara menggunakanya cukup siramkan pada bagian baut yang macet dan tunggu beberpa saat air karet melunak setelah itu anda bisa lansung membukanya secara perlahan.

Itulah tiga bahan yang bisa membantu anda untuk cara mudah melepas baut yang berkarat, sebaiknya agar dikemudian hari anda tidak kesulitan untuk membuka baut kembali jangan memasang baut terlalu kencang. Agar tidak ada karat yang mengerogoti komponen motor anda sebaiknya cucilah jika habis kehujannan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel