Tips Sederhana Mengatasi Handgrip Motor Yang Longgar


Cara mengatasi handgrip motor yang longgar - Karet stang motor merupakan komponen yang menunjang kenyamanan dalam berkendara. Tanpa handgrip ini tentu tangan akan merasa keras dan licin saat memegang stang motor terlebih saat kehujanan tentu akan bikin repet mengendalikan motor.


Umunya handgrip motor ini terbuat dari bahan karet yang berwarna hitam namun bagi yang berjiwa modifikasi banyak yang menggantinya dengan beraneka warna dan berbagai motif. Seiring dengan pemakaian motor handgrip ini terkadang menjadi longgar alhasil motor pun kurang nyaman saat dikendalikan karena licin.

Baca juga Tips Murah Hilangkan Kotoran dan Kerak Bandel Pada Handgrip Motor 

Faktor yang menyebabkan gengaman tangan menjadi longgar ini salah satunya adalah karena panas matahari. Tentu kita  masih ingat pelajaran fisika dulu bahwa jika karet dipanaskan maka akan menjadi melar atau bertambah ukuranya. Selain panas seringnya bongkar pasang juga dapat membuatnya melar.

Pepatah menyatakan banyak jalan menuju roma, jadi ngak usah kebinggungan bila karet stang sudah tidak nyaman lagi karena saya memiliki tips mengatasi handgrip motor yang longgar.

Cara yang paling simpel dan mudah adalah dengan menggunakan tissue kering. Ya tisu ini meruapakan bahan yang ampuh untuk mengganjal karet setang agar tidak longgar kembali. Dulu cara ini juga saya aplikasikan pada motor vario dapat bertahan sampai bertahun - tahun. Ngak pecaya ?? coba aja sendiri.

Langkah awal adala dengan menyiapkan tissu kering secukupnya dan tempatkan kendaraan anda ditempat yang teduh.

Baca juga Tips Aman Mengatasi Ban Tubeless Bocor Halus Tanpa Ke Bengkel 

Berikutnya anda bisa melepas karet stang yang kendor dan bersihkan setang danri debu,kotoran atau minyak yang menempel untuk melancarkan trik ini.

Balutkan tisu secukupnya(sesuia ukuran longgar), namun pada umunya 1-2 lembar sudah cukup. Jika terlalu banyak justru malah menjadi tebal dan hasilnya justru karet stang akan sulit dimasukkan.

Setelah itu anda bisa memasukkan karet handgrip pada stang dengan mendorongnya dan sambil diputar agar tisu dapat masuk didalamnya. Jika masih ada tisu yang tersisa anda bisa membuangnya dan langkah ini pun selesai.

Baca juga Ban Kempes Tapi Tidak Bocor ? Berikut Penyebabnya dan Cara mengatasinya 

Cara peratam ini pernah saya lakukan setahun yang lalu pada motor vario dan sampai sekarang karet stang pun masih menempel kencang. Jadi jangan lah ragu untuk anda coba.

Trik Atasi Handle Gas Motor Longgar

Selain pakai tisu, anda bisa juga memakai isolasi kertas untuk mengencangkan karet stang atau pada handle gas motor yang longgar. Bahkan teknik ini tergolong sangat lah praktis ketimbang dengan yang diatas. Penasaran ?? yuk simak penjelasanya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan cukup membeli sebuah isolasi kertas yang dibandrol dengan harga 7rb.

Berikutnya anda bisa membalutkan solasi pada stang 1-2 lapis tergantung kelonggaranya. Namun agar isolsai dapat menempel kuat sebaiknya anda membersihkanya terlebih dahulu.

Setalah tertenpel rata anda bisa memaskukan handgrip dengan memberi sedikit dorongan agar karet dapat masuk ke dalam stang semua. Dan cek hasilnya yang awalnya kendor kini kembali kencang kembali.

Dulu saya juga pernah memakai solatif untuk mengatasi handgrip motor yang longgar namun hanya dapat mengencangkan selama dalam hitungan minggu saja karena selotif ini memang tergolong licin jadi tidak disarankan untuk menggunakanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel