Cara Memperbaiki Sendiri Shock Depan Motor Yang keras


Cara Memperbaiki Sendiri Shock Depan Motor Yang Keras -  Shock breaker merupakan sebuah komponen yang disematkan pada motor untuk menunjang ke amanan serta kenyamanan saat berkendara. Tanpa komponen ini tentu kita akan serasa naik kuda terutama saat menerjang jalan yang rusak. Jadi dapat disimpulkan shock pada motor sebagai alat untuk meredam hendatakan dan getaran saat motor melewati jalan yang tidak rata.

Dapat disimpulkan keberadaan shockbreaker ini sangatlah penting pada kendaraan motor maupun mobil. Jangan kan tidak ada meskipun ada shockbreakernya namun tidak dapat berfungsi dengan semestinya tentu tidak dapat meredam getaran serta hendakan yang membuat anda kurang nyaman. Berkurangya kinerja shock ini juga dapat terjadi pada semua jenis motor baik matic, bebek maupun sport.

Permasalahan yang sering timpul pada shockbreaker motor adalah shock depan menjadi keras atau kurang empuk sehingga membuat ketidak nyamaan saat menaikinya terutama saat melakukan pengereman. Salah satu faktor yang umun terjadi adalah volume oli di dalamnya yang terlalu banyak atau pemakaian oli yang terlalu kental. Faktor usia oli oli juga ikut mempengaruhinya.

Baca juga Tips Sederhana Mengatasi Handgrip Motor Yang Longgar 

Cara memperbaiki shock depan motor yang keras

Mengapa ada pengisian oli ada yang dilakukan terlalu banyak dan ada juga yang terlalu sedikit ??

Begini penjelasanya, pengisian oli yang terlalu banyak akan membuat udara didalam skok akan sedikit atau menurun jadi udara yang ditekan per didalamnya akan semakin sedikit yang membuatnya menjadi keras.

Begitu sebaliknya bila pengisian oli hanya sedikit udara didamnya akan jadi banyak. Dengan banyaknya udara didalam tabung maka per skok akan semakin empuk karena ruang pantulanya lebih banyak.

Baca juga Cara Aman Membersihkan Filter Udara Motor Injeksi Tanpa Kompresor 

Jadi dapat disimpulkan keras dan empuknya skok tidak diakibatkan jumlah volume oli shocknya namun lebih ke volume udara didamnya.

Sesuai dengan penjelasa diatas maka agar shock terasa empuk adalah dengan mengurangi jumlah oli didalamnya namun jangan terlalu banyak ya sob karena dapat membuat shockbreaker jeduk-jeduk.

Cara menguras oli skok sangatlah mudah yakni dengan menyiapkan kunci L 6 inchi, serta tutup air mineral sebagai takaran.

Pertama-tama pastikan posisi motor dalam kondisi standar tengah untuk melancarkan proses ini. Kemudian anda bisa membuka baut yang letaknya berada dibawah tabung skok dengan memutarnya ke kiri atau berlawanan dengan jarum jam.


 Baca juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel 

Sebelum baut terlepas pastikan anda sudah menyiapkan tutup botol tepat dibawahnya sebagai wadah oli. Setelah oli keluar tampung pada tutup botol jika sudah penuh kencangkan baut kembali. Catatan pastikan anda tidak melepas baut shock cukup kendorkan saja agar oli dapat keluar, hal ini bertujuan untuk membermudah anda mengencangkan kembali jika oli sudah anda kurangi.

Dan pastikan takaran oli yang anda kurangi pada shock kanan dan kiri volumenya sama. Hal ini agar memperpanjang usia AS sekok. Oleh karena itu selain sebagai wadah tutup botol juga sebagai takaran volume oli yang anda kurangi.


Yang terpenting adalah jangan terlalu banyak anda mengurangi volume oli yang justru membuat shcok jedak juduk atau terlalu empuk. Shock yang terlalu empuk dapat membuat sill AS pecah yang justru akan menambah masalah baru.

Agar anda nyaman saaat berkendara sebaiknya gantilah oli shock secara rutin setahun sekali dan pilih lah oli yang emang direkomendasikan untuk shock breaker. Mengganti oli dsecara berkala dapat memperpajang usia shock tersebut.

Kesimpulan artikel kali ini adalah shockbreaker yang keras adalah karna oli yang terlalu banyak maka udara didalmnya alam sedikit. Jadi untuk memberpaiki sock depan yang keras adalah dengan mengurangi oli didalamnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel