Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel


Langkah-langkah membersihkan busi motor - Jika di ibaratkan busa seperti jatung kita, bagaimana tidak coba fungsinya yang sangat penting yakni menyalurkan api yang berbentuk seperti percikan listrik yang memicu terjadinya proses pembakaran di dalam mesin sillinder. Sehingga jika busi mengeluarkan api kecil atau bahkan sama sekali tidak keluar tentu tidak akan terjadi proses pembakaran didalam mesin yang mengakibatkan motor mogok/tidak bisa nyala.


Survei menyatakan banyaknya motor mogok atau susah nyala disebabkan ada kerusakan pada busi misal busi dalam kondisi kotor, basah, atau emang sudah harus diganti. Letak busi yang bersentuhan langsung dengan ruang bakar pasti akan membuatnya selalu bekerja secara extra sehingga agar busi bisa bekerja dengan maksimal kita perlu melakukan perawatan secara rutin.

Baca juga Kenali Tanda dan Gejala Jika Busi Motor Akan Mati dan Cara Mengatasinya 

Mengapa harus ada perawatan ? seperti yang sudah kita bahas diatas tadi karena bersentuhan langsung dengan ruang bakar maka bagian ujung busi yang memiliki drat nya akan mengalami gosong/berwarna hitam. Noda gosong seperti habis terbakar ini lah yang kita hilangkan.

Mengapa harus dihilangkan ? jika tidak dihilangkan bisa menyebabkan motor tidak bisa nyala.

Lantas bagaimana langkah-langkah membersihkan busi motor yang kotor ?

Disini kami memiliki 5 teknik cara membersihkan busi motor yang kotor, yang bisa anda coba sendiri dirumah tanpa perlu membayar ongkos bengkel.

1. Lepaskan busi dari mesin 

Melepas busi meruapakan tahap awal, sebenarnya sangatlah mudah untuk melakukan hal ini yaitu cukup membukanya pakai kunci busi yang ada pada motor. Namun jika belum terbiasa akan cukup kesulitan.


Cara membuka busi : Tepatkan kunci busi kemudian putar ke kiri atau berlawanan arah jarum jam. Perlu diperhatikan posisi kunci busi harus sejajar lurus agar drat busi tidak larut.

Baca juga Langkah Mudah Mengkilapkan Body Motor Secara Permanen

Pada motor tertentu yang jarang dibuka mungkin akan terasa sulit atau terasa berat saat kunci busi putar. Sehingga jika posisi kunci kurang lurus kepala busi bisa patah bila hal ini terjadi maka akan menambah masalah pada motor anda yakni membawanya ke bengkel bubut untuk mengeluarkan busi yang patah tersebut.

2. Rendam busi

Tahap selanjutnya adalah meredam busi, bukan pakai air lo ya melainkan pakai bensin/pertalite/pertamax. Anda bisa menggunakan wadah kecil seperti botol bekas minuman yang dipotong untuk merendam busi dengan bensin.

Hal ini bertujuan untuk merontokkan kotoran dan kerak yang menempel pada bagian kepala busi sehingga nantinya akan mudah untuk dibersihkan. Disini tidak ada batasan waktu saat merendam busi.

3. Sikat Busi

Pada tahap ini anda bisa menggunakan sikat kawat yang banyak dijual bebes dipasaran. Sebenarnya sih bisa menggunakan sikat gigi biasa namun akan butuh lama untuk membersihkanya. Sehingga dibutuhkan sikat kawat untuk merontokkan kerak yang menempel

Baca juga Cukup Gunakan Vixal Noda Kerak Dan Karat Pada Mesin Motor Hilang


Sikatlah seluruh bagian kepala busi hingga seluruh warna hitamnya menghilang. Bersihkan juga bagian center elektroda dan plat masa (bagian ujung kepala busi yang melengkung). Sembari disikat celpkan sesekali busi pada bensin agar kerak cepat melunak.

Kalau tidak punya sikat kawat pakai apa ?

Tenang, masih ada cara lain kok untuk membersihkan busi yang hitam yaitu pakai amplas. Sama halnya dengan menggunakan sikat kawat amplas seluruh bagian busi yang berwarna hitam sampai ke sela sela drat/ulir. Amplas juga bagian kepala busi yang melengkung karena bagian yang melengkung inilah busi mengelurkan api jadi harus benar benar bersih saat mengamplasnya.

Selesai proses pengamplasan rendam kembali busi ke bensin untuk membilas kerak yang masih menempel. Amati kembali permukaan busi jika masih ada kotoran yang masih menempel lanjutkan kembali tahap pengamplasan jika sudah bersih segera keringkan busi kapai lap.

4. Stel celah busi (bagian melengkung) 

Mengapa harus di stel ulang ? penyetelan busi ini untuk menyetel ulang kembali celah antara elektroda dengan masa sesuia standarnya. Umunya sih celah busi itu 0.8 - 0.9mm namun ada juga yang 1mm tergantung jenis busi tersebut.

Tahap penyetelah ini hanya bersifat opsional atau jika tidak dilakukan juga tidak apa-apa. Jadi jika tidak memiliki alat ukur tidak usah anda stel ulang.

5. Pemasangan busi

Setelah tahap membersihkan busi yang hitam telah selesai kita tingal memasangnya kembali seperti semula pakai kunci busi yang telah disediakan. Berbeda saat melepas, pada saat mengencangkan putar kunci busi ke arah kanan atau searah jarum jam.

Baca juga Cara Menghilangakan Karat Pada Knalpot Dengan Autosol 

Terkadang pada saat memasang busi kita akan mengencangkan sekuat tenaga yang bertujuan agar kompresi busi tidak bocor. Padahal busi sudah dilengkapi ring untuk mengantisipasi jika sewaktu waktu terjadi kebocoran.

Memasang busi terlalu kencang justru akan membuat kita sulit pada saat membukanya kembali dikemudian hari.

Langkah-langkah membersihkan busi motor ini jika rutin dilakukan maka akan memperpanjang usia busi jadi kita akan merasa aman saat menaiki motor tanpa takut mogok ditengah jalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel