Langkah Mudah Mengkilapkan Body Motor Secara Permanen


Cara Mengkilpakan Body Motor Permanen - Saat ini para kaun remaja senang sekali berlomba-lomba membuat tampilan motor nya selalu terlihat kinclong setiap waktu. Tak bisa dipungkiri jika saat ini banyak produk pengkilap motor yang bermunculan dari mulai harga yang murah sampai yang paling mahal. Memang tidak salah membuat tampilan motor selalu terlihat bersih karena jika motor yang kita bawa terlihat kinclong tentu akan ada kebanggaan tersendiri.


Sebenarnya cara mengkilapkan cat motor itu sangatlah mudah anda bisa memulainya dengan melakukan perawatan ringan seperti mencucinya saat motor kotor/saat kehujanan, mengelapnya sebelum digunakan untuk bepergian, atau bisa membawanya ke salon motor khusus secara berkala. kalau secara rutin bisa tekor ni kantong hehee..

Selain dengan cara mencucinya anda bisa mengoleskan obat pengkilap sesekali agar tampilan motor selalu awet mengkilap. Namun jangan menggunakan produk pengkilap sembaranga ya, tergiur dengan harga yang murah justru malah membuat cat motor jadi rusak.

Cara mengkilapkan body motor secara permanen bisa anda lakukan dengan mengikuti beberpa teknik dibawah ini :

Baca juga Cara Yang Benar Membersihkan Blok Mesin Dengan Sunlight

Sebelum ketahap teknik mengkilapkan motor anda harus mencucinya terlebih dahulu hingga benar-benar bersih.  Agar tidak keluru, berikut ini adalah teknik mencuci sepeda motor yang benar :
  • Parkirkan motor ditempat yang teduh. Langkah ini bertujuan agar saat mencuci motor air dan busa cucian tidak mengering karena panas matahari.
  • Jika motor baru digunakan diamkan terlebih dahulu hingga suhu mesin dan knalpot dingin.
  • Pastikan anda menggunakan shampo khusus motor dan hindari penggunaan sabun colek maupun detergen. Kedua bahan ini mengandung bahan yang cukup keras tangan saja bisa terkelupas saat mencuci baju apa lagi dengan cat motor kita ?
  • Guyur semua bodi motor baik bagian dalam dalam spakbor/selebor dan bagian bawah mesin dengan air yang bersih. Jangan gunakan air hujan yaa.. Akan lebih baik saat proses ini tidak menggunakan air yang bertekanan tinggi.
  • Untuk teknik mencuci yang benar adalah mulai dari bagian yang atas terlebih dahulu, kita bisa mulai pada bagian bodi depan belakang dan juga bagian samping. Sobat bisa menggunakan busa atau kain lap dipastikan halus dan tidak melukai permukaan cat.
  • Kalau bisa buat dua adonan sabun, satu untuk sabun pembersih komponen yang tidak berminyak misal bagian dek dan satu lagi digunakan untuk bagian yang berminyak seperti mesin. Gunakan juga lap yang berbeda untuk membersihkan bagian mesin dan body.
  • Setelah bagian atas terlumur sabun dan kotoran debu sudah menghilang segera bilas hingga busa sisa sabun menghilang.
  • Kemudian anda bisa membersihkan bagian bawah motor seperti mesin, velg, knalpot. Khusus bagian mesin gunakanlah sikat gigi atau kuas cat untuk membersihkan bagian sela-sela mesin yang susah dijangkau oleh tangan.
  • Jika bagian bawah sudah berih anda bisa membilasnya dengan air yang mengalir.
Baca juga Cara Paling Mudah Mengitamkan Body Motor Kulit Jeruk 

Setelah selesai bilah kembali seluruh bagian motor sembari memastikan tidak ada lagi bagian motor yang kootr dan tidak ada busa shampo yang masih menempel. Bila proses mencuci seudah beres, segera keringkan pakai lap kanebo sambil memanaskan mesin.





Proses Poles

Pada tahap inilah yang akan membuat kuda besi sobat kinclong seperti bernostalgia dengan motor baru. Setelah selesai dengan teknik mencuci yang benar, tahap berikutnya ialah mempoles body motor tanpa perlu membawanya ke salon. Sobat baikers bisa menggunakan produk polishing dan WAX yang sekarang banyak yang dijual. Namun, jangan salah pilih saat membeli obat poles. Pilihlah polish atau wax yang bersifat non-abrasiv. Untuk mengetahuinya anda bisa membaca aturan pakai yang tertulis pada kemasan.

Sebagai pilihan sobat baikers bisa menggunakan turtell wax, enamoll metal polish dll dan yang terpenting adalah jangan gunakan obat pengkilap kayu/mebel untuk motor hal ini justru malah membuat lapisan cat akan terkikis.

Poles Komponen Metal

Agar motor benar-benar terlihat seperti baru tidak hanya bagain body yang dibaut mengkilap, bagian yang terbuat dari metal besi juga tidak boleh luput untuk kita bersihkan. Mulai dari knalpot, pelek, bahkan bagian blok mesin pautut kita buat kinclong juga.

Baca juga Turtorial Cara Menggunakan Watu Ijo Buat Motor

Biar bagian metal ini tetap awet pada saat mencuci atau membersihkanya jangan gunakan sikat kawat ataupun alat lainya yang dirasa bisa melukai permukaanya.

Bila sudah kusam dan timbul karat sobat baikers bisa mempolesnya pakai autosol atau batu ijo yang sangat ammpuh untuk mengkiapkan kembali berbagi jenis logam maupun alumunium.

Bagaimana sobat baikers cukup mudah bukan cara mengkilapkan body motor secara permanen. Agar tetap kinclong sobat bisa menggulangi tahap diatas 2 bulan sekali atau seperlunya saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel