Cara Paling Mudah Mengitamkan Body Motor Kulit Jeruk


Cara menghitamkan body motor kulit jeruk merupakan salah satu deretan tips&trik yang banyak dicari di mesin pencairan google. Selain pada bodi motor matic body motor kulit jeruk juga terdapat pada body motor non matic atau manual seperti pada spakbor belakang, dek bagian tengah, dek yang terletak dibawah jok dan juga pada bagian belakang spion.

Mengapa disebut dengan kulit jeruk ?? Yappz bagian dek motor warna hitam ini memang jika dilihat bertektur kasar seperti kulit jeruk. Berbeda dengan dek motor motor lainya warna dek ini cenderung hitam atau warna asli plastik tanpa dilapisi cat. Sehingga jika kita salah atau keliru dalam perawatan pada awan membuat warna hitam pada dek cepat pudar.


Saat kondisi motor masih baru beli dari deiler bagain dek warna hitam ini membuat tampilan motor lebih terlihat elegan dan berkesan mewah. Seiring berjalanya waktu jika minim perawatan  warna hitam pada body kulit jeruk ini berubah menjadi pucat, kusam pokoknya bikin tampilan motor kurang sedap dipandang deh broo.

Penyebab Body Motor Warna Hitam Cepat Rusak/Memudar

Setidaknya ada 6 penyebab dek motor anda cepat kusam dan memudar. Selain karna faktor manusia, faktor alam juga bisa menjadi biang penyebab bodi motor cepat rusak. Untuk lebih jelasnya berikut kami uraikan beberapa penyebab dek motor warna hitam anda cepat kusam dan memudar.

Baca juga Cara yang Benar Mengecat Velg Motor Dengan Samurai Paint

1. Pencucian Motor Yang Salah 

Memang benar mencuci motor merupakan salah satu tips cara merawat bodi motor agar terlihat mengkilap seperti baru kembali. Yang jadii salah kaprah adalah penggunaan sabun colek maupun detergen untuk mencuci motor. Mengapa ke 2 bahan tersebut tidak diperbolehkan ??

Perlu anda ketahui, kandunagn yang ada didalam sabun colek maupun detergen terdapat zat yang bisa disebut dengan stoddart. Zat ini bekerja atau difungsikan untuk mengangkat lemat atau minyak. Jika kita gunakan untuk mencuci motor sabun colek dan detergen yang berbahan keras justru malah akan mengikis permukaan cat sehingga akan membuat kilau atau warna dek motor memudar.

Alangkah baiknya jika tidak memiliki shampo khusus motor, anda bisa menggunakan sabun cuci piring sunlight atau mama lemon yang tergolong lebih aman untuk cat motor anda.

2. Proses Pengeringan Yang Keliru

Penyebab warna dek motor cepat kusam berikutnya adalah karena kelalian atau karena faktor manusia. Tak sedikit orang salah kaprah dalam hal ini, sebagai contoh setelah selesai proses pencucian motor langsung ditingal begitu saja dan dibiarkan sisa air bekas cucian mengering dengan sendirinya atau bahkan menaruh kendaraan dibawah panas matahari yang berujuan agar sia-sia air cepat mengering. Baca juga 4 Cara Mudah Menghilangkan Goresan Pada Dek Motor Matic

proses mengeringkan motor yang benar setelah dicuci adalah dengan menggunkan lap kanebo yang memilki daya resap air tinggi. Cuci bersih kanebo kemudian peras hingga tidak ada kandungan air kemudian lap sisa air dan sabun yang menempel pada permukaan cat hingga karing. Jika kanebo sudah basah/mengandung banyak air anda bisa memerasnya dan bisa kita gunakan kembali.

Pastikan permukaan cat baik pada bagian sela sela dek sudah tidak ada air yang menempel. Hal ini bertujuan untuk menghindari datangnya jamur yang dapat  menyebabkan warna bodi motor cepat kusam dan memudar.

3. Minyak Rem

Selain sabun colek zat yang terdapat didalam minyak rem juga bisa berakibat fatal jika mengenai permukaan dek motor kulit jeruk anda. Hal ini bisa terjadi jika kita lalai saat pengisian oli rem cakram depan maupun belakang. Terkadang percikan minyak rem bisa mengenai dek motor kita sehingga jika tidak segera dibersihkan dengan air yang bersih percikan minyak rem ini akan merusak struktur cat body motor anda.

Alangkah baiknya saat melakukan pengisian ulang oli persiapkan air dalam ember dan juga lap yang halus. Jika minyak rem mengenai dek motor maka anda bisa segera membersihkanya tanpa harus berputar kesana kemari untuk mencari lap.

4. Air Hujan

Selain menjadi penyebab logam cepat korosi, kandungan zat asam yang terdapat pada air hujan jika dibiarkan terus menempel dan mengering dengan sendirinya juga ikut serta menjadi penyebab dek motor kulit jeruk cepat kusam dan memudar. Seletah motor digunakan untuk menerjang air hujan anda bisa secara mencucinya, bila tidak ada waktu anda bisa mengeringkanya dengan lap kanebo saja. Baca juga Cara Sederhana Mengkilapkan Body Motor Dengan Minyak Goreng

5. Panas Matahari

Sinar ultra violet yang dipancarkan oleh panas mata hari selain bisa membuat kulit kita menjadi hutam, panas matahari juga bisa menyebabkan warna cat motor cepat memudar. Hal ini umunya terjadi karena kita lalai atau sengaja memarkirkan motor dibawah panas matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Misalkan pada bagian dasboar motor matic maupun pada spakpor bagian belakang akan cepat sekali memudar.

6. Kotoran Dan Debu Yang Tidak Dibersihkan

Partikel debu dan kotoran yang terlalu lama menempel ini juga akan membuat warna pada body motor cepat memudar. Mungkin partikel debu yang menempel pada mody motor kita anggap hal yang sepele, namun jika dibiarkan terlalu menempel bahkan sampai menembel debu tersebut akan menempel pada permukaan cat dan sulit untuk dihilangkan sehingga akan menutupi daya kilap cat yang membuatnya terlihat kusam, selain itu dek motor juga akan terasa kasar.

Cara Menghitamkan Body Motor Kulit Jeruk 

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab body dek motor kulit jeruk cepat kusam dan pudar, dibawah ini kami memiliki beberapa solusi untuk menghitamkanya kembali.

Yang perlu diingat adalah jangan gunakan bahan yang mengandung zat kima berbahaya seperti silicon atau obat polish yang mengandung stoddart. Tidak salah memang kedua bahan tersebut bisa menghitamkan bahkan mengkilapkan body motor kulit jeruk. Namun, pemakaian secara terus menerus justru akan mengikis permukaan dek motor anda sehingga dalam jangka waktu tertentu warna dek motor akan terlihat pucat, kusam. Tentu hal ini membuat anda kurang percaya diri saat mengendarainya.

Bukan hanya itu saja penggunaan kompon untuk dek motor warna hitam justru akan membuat warna alami pada dek motor anda terkisis dan menempel pada permukaan lap yang kita gunakan.

Lantas bagaimana cara menghitamkan body motor kulit jeruk yang benar ??

Dari searching kesana kemari di mesin pencarian google, ternyata ada salah satu obat untuk mengembalikan warna hitam pada dek plastik kulit jeruk yang cukup aman kita gunakan dalam jangka panjang.

Yaa nama obatnya adalah biopolish later care, biopolish later care merupakan salah satu obat polishing yang terbuat dari berbagai macam bahan alami dan sangatlah mudah digunakan. Tak perlu menggunakan bahan lainya yang mahal, kita cukup menggunakan lap yang bersih dan halus untuk mengoleskan obat ini.

Lalu bagaimana cara menghitamka dan mencerahkan body motor kulit jeruk yang kusam dengan biopolis later care ini ? nah berikut ini adalah step by step cara menggunakanya.
  • Pertama cuci motor hingaa bersih tanpa ada kotoran yang menempel pada dek motor
  • Pastikan motor sudah kita keringkan dengan lap kanebo
  • Oleskan biopolish leater care ke seluruh body dek motor sampai merata, pada tahap ini anda bisa menggunakan lap atau busa.
  • Kemudian gosok menggunakan lap hingga warna dek motor terlihat hitam mengkilap.
Selain aman digunakan obat polish ini awet menempel pada permukaan dek meskipun terkena air hujan maupun terkena air saat mencuci motor. Selain digunakan pada dek kulit jeruk, obat ini juga bisa kita gunakan untuk mengkilapkan body dek lainya seperti dek samping dan kanan spakbor depan dll. Biopolis inui juga bisa kita gunakan sebagai pengganti semir ban loo..

Untuk harganya sendiri di jual seharga 60rb, waah cukup mahal ya ternyata, namun akan sebanding lah dengan hasilnya. Ketimbang menggunakan obat polish yang mengandung zat kimia yang cukup bahaya bagi permukaan cat.

Selain menggunakan obat buatan pabrik, ada cara lain untuk menghitamkan body motor kulit jeruk yaitu dengan menggunakan bahan alami yaitu dengan menggunakan minyak goreng dan juga semir sepatu. Berbeda dengan obat buatan pabrik kelemahan menggunakan bahan alami adalah tidak memberi efek warna hitam yang cukup lama terlebih lagi jika bodi motor terkena air. Jadi luntur dah tu minyak goreng.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel