Turtorial Cara Menggunakan Watu Ijo Buat Motor


Cara menggunakan watu ijo buat motor - Masih nenuruskan pembahasan kemarin seputar mengkilapkan logam besi. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tuntas tips yang menarik ya itu seputar batu hijau. Lebih menariknya lagi pada artikel kali ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi waktu dulu saya masih memakai motor RX KING tahun 90.an.


Tepatnya waktu saya ingin blok mesin motor RX KING terlihat kinclong dengan cara di chrome tapi setelah saya pikir-pikir tidak sedikit biaya untuk proses chrome. Setelah dapat saran dari temen-temen dan hasil survai ke mbah google ternyata ada satu bahan yang bisa mengkilapkan logam besi tanpa harus melalu chorem.

Baca juga Cara Menggunakan Autosol Metal polish Pada Knalpot 

Yaa..hanya dengan bermodal sepotong batu ijo yang saya beli 15rb blok mesin motor saya mengkilap tanpa perlu proses chrome. Sebenarnya watu ijo/batu hijau itu apa sih ? Seperti namanya batu ijo berwarna hijau namun bukan batu benaran lo ya. Lebih tepatnya watu ijo ini seperti sabun batang teksturnya tidak sekeras batu yang kita pikirkan. Bahan ini juga sering digunakan untuk mengkilapkan pagar rumah yang terbuat dari logam stenliss.

Lantas bagaimana cara menggunakan watu ijo buat motor ? pada umunya batu ijo ini sering digunakan untuk mengkilapkan blok mesin motor dan untuk mengkilapkan knalpot maupun bidang lainya yang terbuat dari matrial logam.

Cara Mengkilapkan Blok Mesin Dengan Batu Ijo 

Sebelum batu ijo ini digunakan perhatikan terlebih dahulu apakah blok mesin masih terlapis cat atau tidak. Jika mamsih terlapis cat kita wajib untuk menghilangkanya yaitu dengan menggunakan soda api atau pain remover yang bisa anda beli ditoko bangunan ataupun ditoko cat.


Baca juga Cara Menghilangakan Karat Pada Knalpot Dengan Autosol

karena soda api dan remover bersifat panas, gunakanlah sarung tangan saat menggunakan remover untuk menghilangkan cat. Gunakan kuas cat berkuran kecil atau pasta gigi untuk mengoleskanya pada permukaan cat. Agar lebih jelas cara menggunakan remover anda bisa membaca petunjuk penggunaan yang tertulis pada kemasan.

Mengapa lapisan cat harus dihilangkan terlebih dahulu ? Karena batu ijo berfungsi untuk mengkilapkan logam jadi jika jika kita gunakan secara langsung tanpa mengelupas lapisan cat tersebut maka akan percuma.

Proses Pengamplasan

Tahap selanjutnya adalah proses pengamplasan, tahap ini bertujuan untuk menghaluskan permukaan blok mesin dan juga untuk menghilangkan sisa cat yang masih menempel. Gunakan amplas air halus nomor 360 kemudian ulangi pengamplasan menggunakan amplas paling halus nomor 2000 agar nantinya goresan bekas amplasan tidak terlihat. Bahasi amplas dan juga blok mesin untuk memudahkan proses pengamplasan. Kemudian keringkan sisa air bekas pengamplasan.

Menghaluskan Watu Ijo 

Seperti yang sudah kita bahas diatas tadi, batu ijo ini berbentuk batang seperti sabun jadi untuk menghaluskanya anda bisa mengirisnya tipis-tips seperti mengiris gula merah atau juga bisa diparut. Terkadang ada juga batu ijo yang dijual serbuk/atau sudah halus, namun jarang ada yang menjualnya.

Tahap Pencampuran

Tahap berikutnya cara menggunakan batu watu ijo buat motor adalah dengan menyampurkan bensin/pertalite dan juga brasso. Aduklah ketiga bahan ini hingga rata dan siap untuk kita aplikasikan pada motor. Untuk adonanya sendiri tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kental.


Proses Poles

Proses poles ini hampir sama dengan mempoles dek motor hanya saja saat mempoles dengan batu hijau ini kita menggunkan kain levis. Mengapa harus dengan kain levis ? berbeda dengan kain microfiber kain levis ini memiliki tektur yang keras dan agak kesat. Sehingga cocok sekali untuk kita gunakan mempoles blok mesin dengan watu ijo.

Baca juga Cara Mudah Mengkilapkan Blok Mesin dengan Brasso

Oleskan adonan watu ijo yang sudah kita buat tadi pada blok mesin motor yang ingin dipoles. Kemudian gosok berulangkali hingga permukaan blok mesin mengkilap seperti chrome. Pada tahap ini memang membutuhkan sedikit tenaga namun tenaga anda akan terbayar dengan melihat blok mesin mengkilap seperti di chrome.

Selain perlu sedikit tenaga mengkilapkan blok mesin dengan batu hijau juga perlu ketelatenan agar blok mesin motor mengkilap seperti chrome.

Itulah tips bagaimana cara menggunakan batu ijo buat motor yang bisa anda coba untuk mengkilapkan blok mesin tanpa chrome. Agar blok mesin awet mengkilap, anda bisa bisa melakukan pemolesan kembali jika sudah mulai kusam dan selalu menjaga kebersihan blok mesin terutama saat musin hujan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel