Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome


Cara Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome - Mengulas dunia modifikasi memang tiada habisnya selain mengganti velg racing maupun mengganti warna velg, mengkilapkan blok mesin saat ini juga menjadi tren dikalangan dunia modifikasi. Tak heran jika saat ini usaha pengechroman dibanjiri sparepate sepeda motor.

Kita semua pasti sudah tahu tak sedikit ongkos yang harus kita keluarkan untuk proses chrome. Selain harganya yang cukup mahal proses chrome tidak bisa sehari langsung jadi. Pengalaman pribadi waktu saya chrome blok mesin satria FU butuh waktu 2 minggu lebih blok mesin saja jadi. Itupun pas tukang chrome lagi sepi kalau lagi rame bisa nyampek satu bulan. Kata pemilik usaha bengkel chrome".


Selain proses chrome sebenarnya kita sendiri bisa mengkilapkan blok mesin motor sendiri kok. Ngak percaya ? Kita cukup bermodalkan uang 15-20 ribu untuk membeli autosol dan batu hijau/watu ijo ditoko bangunan. Watu ijo dan autosol merupakan salah satu obat yang banyak digunakan untuk mengkilapkan besi dan juga bahan stenliss.

Baca juga Cara Paling Mudah Mengitamkan Body Motor Kulit Jeruk

Bagaimana ? jika tertarik untuk mencobanya, berikut ini adalah beberapa cara ngekrom motor sendiri:

Cara Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome

Autosol Metal Polish

Bahan pertama yang bisa kita gunakan adalah autosol, si kecil ajaib ini memang memiliki berbagai kemanpuan. Ya, selain mampu mengkilapkan besi autosol juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat dan juga noda kusam pada permukaan besi. Kita bisa membeli autosol ini di ditoko bangunan dan minimarket dengan harga 15rb saja.


Cara mengkilapkan mesin motor dengan autosol

Sebelum autosol digunakan kita amati terlebih dahulu blok mesin motor, jika blok mesin tertutup/masih dilapisi cat maka kita wajib menghilangkanya terlebih dahulu. mengapa demikian ? Seperti yang sudah kami jelaskan diatas tadi autosol merupakan bahan pengkilap besi jadi jika permukaan mesin masih terlepis cat maka kita wajib untuk menghilangkanya terlebih dahulu.

Sobat bisa menggunakan soda api maupun paint remover untuk menghilangkan cat yang ada di blok mesin. Karena bahan ini termasuk bahan kimia berhati-hatilah saat menggunakanya dan bacalah petunjuk penggunaan terlebih dahulu.

Setelah lapisan cat menghilang, tahap selanjutnya anda  bisa mengamplasnya dengan amplas halus nomor 1000. Selain untuk menghaluskan pengamplasan ini juga untuk memudahkan saat mengkilapkan mesin motor seperti crom.

Baca juga Cara Menghitamkan Ban Dengan Soft Drink Coca cola

Selanjutnya oleskan autosol pada blok mesin secara merata dan gosok menggunakan kain levis. Ingat kain levis ya jangan gunakan kain microfiber. Berbeda dengan kain microfiber yang memiliki ekstur halus, kain levis memiliki tektur yang keras sehingga akan mempermudah proses mempoles dengan autosol. Namun jangan terburu-buru memotong celana levis kita untuk lap ya, karena ditoko bangunan banyak kok yang jaualan kain levis khusus poles.

Ulangi tahap diatas hingga beberapa kali agar mendapatkan kilap yang kita inginkan. Selain mengguras tenaga proses ini juga dibutuhkan ketelatekan kesabaran agar mesin motor kita dapat mengkilap secara maksimal.

Batu Hijau/Watu Ijo

Cara mengkilapkan mesin motor seperti chrome berikutnya adalah dengan menggunakan batu ijo. Seperti namanya batu ijo ini berwarna hijau seperti sabun batang dan memiliki tekstur seperti gula merah. Watu ijo sendiri banyak kita temukan ditoko bahan bangunan yang dijual sekitar 30rb/ tergandung berapa gram/ons ukuran batu tersebut.


Cara mengkilapkan blok mesin motor dengan batu ijo

Sama halnya dengan autosol batu ijo ini tidak memiliki kemampuan untuk menghilangkan lapisan cat jadi kita harus menghilangkanya terlebih dahulu dengan remover pain ataupun soda api. Berbeda dengan blok mesin moto tua yang tidak dilapisi cat sehingga langsung bisa kita poles.

Berbeda dengan autosol yang bisa langsung pakai, watu ijo ini sebelum kita gunakan harus dihaluskan terlebih dahulu dengan cara mengirisnya tipis tips layaknya gula merah. Tempatkan batu ijo kewadah gelas plastik bekas dan campurkan bensin/pertalite secukupnya aduk hingga menyatu dengan bensin.  Untuk adonanya sendiri tidak ada takaran yang pas hanya saja buatlah adonan watu ijo tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.

Baca juga Cara Yang Benar Cat Velg Motor Warna Gold atau Emas

Oleskan adonan batu ijo ini dengan kuas cat atau sikat gigi pada permukaan mesin kemudian gosok menggunakan kain levis secara berulang-ulang. Selain menggosoknya dengan manual anda bisa menggunakan mesin gerinda untuk mempoles mesin motor.

Brasso

Cara ke 3 atau yang terakhir yang bisa kita gunakan adalah dengan menggunakan brasso. Brasso merupakain cairan yang dijual dalam bentuk kaleng yang dijual seharga 24rb untuk ukuran 100ml. Brasso banyak dijual ditoko bangunan dan banyak juga dijual ditoko online.

Cara mengkilapkan mesin motor seperti crom dengan brasso

Sama halnya dengan tahap diatas sebelum brasso digunakan kita harus menghilangkan lapisan cat yang menutupi mesin motor.  Kemudian tuangkan cairan brasso pada kain levis dan gosokkan pada permukaan mesin hingga blok mesin motor anda mengkilap bagaikan kaca.

Cara menggunakan brasso ini hampir sama dengan menggunakan autosol yaitu dengan mengoleskanya pada permukaan mesin kemudian gosok dengan kain levis hingga blok mesin jadi mengkilap seperti habis di crom.

Catatan : Agar mesin motor awet mengkilap anda bisa melakukan perawatan ringan seperti membersihkan dari debu dan kotoran. Dan yang paling terpebnting adalah jika motor dipakai hujan-hujan maka segeralah keringkan dengan lap kanebo. Kita tahu sendiri bahwa air hujan menggantung zat asam yang tinggi sehingga jika terkena blok mesin yang sudah dipoles maka akan kusam sehingga untuk mengkilapkan kembali kita harus mempolesnya kembali menggunakan salah satu bahan diatas.

3 cara mengkilapkan blok mesin motor seperti chrome juga bisa digunakan untuk mengkilapkan velg maupun untuk mengkilapkan bagian lainya. Yang perlu di ingat adalah karena bahan diatas dibuat untuk besi jadi jangan kita gunakan untuk mengkilapkan dek yaaa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel