Cukup Gunakan Bahan Ini Mesin Mobil Kembali Kinclong Seperti Baru


Cara membersihkan mesin mobil dengan sitrum - Merawat mobil merupakan salah satu rutinitas yang bisa kita untuk menjaga tampilan mobil selalu terlihat bersih. Yaa jika mobil kita bersih tentunya kita akan betah berlama-lama didalam mobil terutama saat berpergian ditempat yang jauh. Bisa dikatakan mobil saat ini menjadi rumah ke 2 yang juga harus selalu dirawat.

image by mobilmo.com

Selain menjaga kebersihan dari sektor interior dan eksterior bagian mesin juga harus kita rawat dengan cara membersihkanya secara berkala agar performa mesin tetap prima. Namun karena letak mesin yang ada di dalam dan tidak terlihat banyak otomania yang menyepelikan tentang kebersihan pada sektor pacu ini.


Baca juga 5 Cara Ampuh Menghilangkan karat Pada Sasis Mobil

Salah satu noda yang sering kita jumpai adalah noda kerak dan debu yang sudah menempuk dan menebal. Selain itu oli yang merembes dari blok mesin juga bisa membuat mesin mobil terlihat kotor. Sebenarnya jika kita ada niat sangatlah mudah untuk membersihkan mesin mobil agar terlihat kinclong. Hanya bermodalkan 5000rb untuk membeli sitrum dan meluangkan waktu satu jam noda pada mesin yang cukup menggangu akan hilang.

Mari kita simak ulasan berikut ini bagaimana cara membersihkan mesin mobil dengan sitrum :

Tahap awal sebelum melakukan eksekusi adalah dengan menyaiapkan peralatan dan beberapa bahan terlebih dahulu yang meliputi :
  • Kuas cat ukuran kecil
  • Botol semprot, bisa menggunakan semprotan untuk mandi burung atau semprotan kispray
  • Wadah, bisa menggunakan botol air bekas yang sudah dipotong separo/setengah
  • Satu shaset asam sitrum
  • Mama lemon/sunlight
  • Batang kayu untuk mengaduk
  • Solar, untuk menghilanhkan noda oli
  • Kain lap dan
  • Kanebo
Setelah semua alat dan bahan sudah lengkap semua anda bisa langsung memulainya dengan mengikuti turtorial yang sudah kami buat dibawah ini.

Baca juga Cara Menggunakan Autosol Untuk Mengkilapkan Velg Mobil Anda

Tahap pertama adalah pencampuran bahan, tuangkan air bersih sekitar setengah liter ke dalam wadah yang sudah disiapkan tadi. Masukan mama lemon/sunlight sekitar 1-5 sendok makan dan jangan lupa untuk mencampurkan satu shaset asam sitrum. Aduk hingga ketiga bahan ini tercampur rata menggunakan batang kayu maupun sendok.

Apa ngak membuat komponen mobil berkarat menggunakan garam sitrum untuk membersihkan mobil ? tenang, berbeda dengan garam dapur biasanya sitrum merupakan garam asam jadi aman kita gunakan beberapa kali.

Jika proses mixing bahan tadi sudah selesai, tuangkan adonan tersebut ke dalam botol semprot, tutup rapat dan siap digunakan.

Cara membersihkan ruang mesin mobil avanza berikutnya ialah dengan membuka bagian kap mesin dengan cara menarik tompol yang menempel pada bagian bawah dasboard sebelah kanan. Kemudian angkat kap mesin dan pasang menyangganya.

Baca juga 5 Penyebab Mobil Keluar Asap Dari Kap Mesin

Semprotkan cairan tadi ke seluruh bagian mesin hingga merata, selain pada bagian bagian mesin semprotkan juga pada samping kanan dan kiri mesin. Untuk meratakanya gunakan kuas cat kecil, selain untuk meratakan fungsi kuas cat ini adalah untuk menghilangkan kotoran kotoran dan kerak yang menempel pada permukaan mesin mobil. Agar nantinya mendaptakan hasil yang maksimal ratakan sampak kesela sela mesin maupun pada selang kabel. Untuk memudahkan menghilangkan noda pada mesin, potong bagian ujung kuas cat atau bagian kuas yang halus. Selain menggunakan kuas anda juga bisa mengunakan sikat gigi yang bulunya agak kasar.

Setelah seluruh bagian mesin sudah disemprotkan cairan pembersih serta dipastikan tidak ada noda yang menempel, segera bilas menggunakan air yang bersih. Kemudian segera keringkan dengan lap kanebo yang meminili daya resap air yang baik.

Anda bisa mengoleskan obat pengkilap untuk menghitamkan warna kabel-kabel yang sudah terlihat kusam dan juga untuk menghitamkan bagian mesin seperti tutup sekring, tutup aki, tutup filter dll.

Jika saat membersihkan mesin banyak oli yang menempel anda bisa menggunakan solar untuk membersihkan blok mesin yang penuh oli tersebut. Setelah oli menghilang kemudian semprotkan cairan pembersih dari sabun cuci piring tadi untuk menghilangkan bekas solar tersebut.

Karena ada bagian mesin mobil yang tidak boleh terkena air usahakan bagian seperti busi, altenor, dinamo starter, kabel kabel busi, bok tempat sekering, ECU engine control unit. Tutuplah bagian tersebut dengan plastik agar tidak ada air yang mengenai bagian tersebut.

Bagaimana bro and sis ? cukup mudah bukan turtorial cara membersihkan mesin mobil dengan sitrum, dan kabar baiknya trurtorial diatas banyak digunakan tempat cuci mobil untuk membersihkan bagian ruang mesin maupun bagian mesin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel