Cara Menghitamkan Knalpot Motor Matic Yang Sudah Kusam dan Pudar


Cara menghitamkan knalpot motor matic - Yang namanya suatu barang pastinya jika kita rawat dengat baik pasti akan awet dan berumur panjang. Begitu sebaliknya jika dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan pasti akan mengalami kerusakan. Yah sama halnya dengan knalpot motor jika tanpa tersentuh oleh perawatan tentu akan menuai berbagai masalah.



Setiap motor memiliki jenis dan ukuran knalpot yang berbeda beda mulai ada berbentuk stenliss yang mengkilap seperti chrome dan ada juga knalpot yang berwarna hitam doff. Knalpot motor yang berwarna hitam ini biasanya sering digunakan pada motor matic namun ada juga motor bebek maupun motor sport yang memiliki knalpot berwarna hitam pada ujungnya.

Letaknya yang ada dibawah dan selalu dalam kondisi panas, jika kurang perawatan akan mengalami berbagai malasah. Salah satu contoh misalkan knalpot akan cepat berkarat, berubah warna jadi kuning(khusus untuk knalpot sntenless), faktor usia atau bahkan bisa menyebabkan warna hitam pada knalpot cepat kusam dan pudar.

Baca juga Cara Mudah dan Murah Menghitamkan Ban Motor Dengan Minyak Goreng

Sebenarnya di google maupun youtube banyak sekali turtotial bagaiaman cara menghitamkan knalpot motor matic. Karena saya orang yang suka coba coba ternyata ada salah satu cara yang sudah saya coba diknalpot motor matic vario tahun 2013. Awalnya knalpot motor terlihat kusam dan kurang enak dipandang. Setelah mencoba tips dibawah ini knalpot motor vario pun terlihat mengkilap kembali seperti beli motor baru.

Penasaran bagaimana caranya ??

Pasti temen-temen sudah menebak paling menggunakan sejenis semir atau silicon. Memang tidak salah, menggunakan kedua bahan tersebut juga membuat.kenalpot motor terlihat mengkilap, namun seiring beralanya waktu bahan tersebut justru akan merusak palisan cat hitam pada knalpot. Yah namanya juga bahan kimia pasti ya ada efek sampingnya gitu..

Cara menghitankan warna knalpot motor dengan baby oli

Cara sederhana yang sudah kami coba adalah menggunakan baby oli atau minyak bayi. Ya selain harganya terjangkau menggunakan bahan alami tanpa mengandung silicon juga tidak membuat lapisan cat menjadi rusak. Nah berikut adalah beberapa langkah-langkah yang benar cara menggunakanya.

Baca juga Cara Paling Mudah Mengitamkan Body Motor Kulit Jeruk 
  • Tahap awal yang bisa kita lakukan adalah parkirkan motor ditempat yang teduh agar kita lebih santai untuk mengerjakanya.
  • Berikutnya cuci dengan sabun motor terlebih dahulu agar semua kotoran dan debu yang menempel hilang atau anda bisa mencuci knalpotnya saja. Kemudian keringkan.
  • Namun, jika suhu knalpot masih panas karena habis digunakan maka diamkan motor tersebut hingga suhu knalpot dingin.
  • Jika ada bekas aspal yang menempel gunakan bensin/pertalite/pertamax untuk menghilangkanya.
  • Selanjutnya siapkan baby oil berbagai merk, busa, kain lap/tissu.
  • Teteskan baby oil pada busa secukupnya kemudian ratakan pada permukaan knalpot, jika masih belum rata oleskan kembali baby oil hingga merata. Jika tidak ada busa, gunakan lap yang bersih atau dengan tissu kering.
  • Dan Lihatlah warna knalpot motor anda yang awalnya kusam kini kembali hitam mengkilap.
Baca juga Cara Menggunakan Autosol Metal polish Pada Knalpot 

Sedikit tambahan tips jika ada noda karat atau warna knalpot jadi menguning gunkanlah autosol metal polish untuk menghilangkanya. Selain harnya murah autosol ini mudah sekali penggunaanya jadi kita bisa mencobanya sendiri dirumah tanpa bayar ongkos jasa untuk menghilangkanya.

Bagaimana temen-temen cukup ringan bukan cara menghitamkan knalpot motor matic, dan ternyata baby oli juga bisa kita gunakan untuk mengkilapkan velc motor terutama velg warna hitam original pabrik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel