5 Cara Ampuh Menghilangkan karat Pada Sasis Mobil


Cara menghilangkan karat pada sasis mobil - Seperti yang kita ketahui karat/korosi merupakan musih utama pada besi. Jika besi sudah berkarat akan berubah warna menjadi kuning(warna khas karat) dan berbau menyengat seperti besi. Jika besi sudah berkarat tentunya akan terlihat kotor dan jika dibiarkan secara terus menerus karat tersebut akan mengrogoti besi dan akan menjadi kropos.

image by gudangcara.net
Timbulnya karat sendiri terbentuk karena adanya uap air maupun udara disekitar lingkungan kita yang selalu lembab, uap garam dari air laut dan akibat terlalu sering terkena embun di malam hari. Selain itu air hujan juga akan membuat besi cepat berkarat, karena air hujan banyak mengandung zat asam tinggi.

Baca juga 10 Cara Yang Benar Merawat Mobil matic Yang Perlu Anda ketahui

Karena seluruh bodi mobil terbuat dari besi seiring dengan berjalanya waktu jika kita kurang perawatan noda karat akan muncul dengan mudah dan bisa membuat bodi mobil menjadi kropos. Selain bisa terjadi pada bodi, karat juga bisa muncul pada kaki-kaki mobil seperti pada bagian sasis mobil.

Pada bagian kolong/bagian bawah mobil ini akan cepat sekali berkarat. Mengapa demikian ? karena letakna dibawah pada bagian ini akan langsung bersentuhan dengan air terutama saat musim hujan. Dan lebih parahnya lagi  pada bagian kolong mobil akan sulit dibersihkan jika tidak mencucinya mengguanakn mesin hidrolis.

Baca juga Cara Sederhana Membuat Semir Ban dari Sunlight 

Namun tenang jika bagian kolong mobil saat ini berkarat, kami memiliki cara menghilangkan karat pada sasis mobil dengan menggunakan bahan yang sangatlah sederhana dan sangatlah murah. Setidaknya ada 5 bahan yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan karat.

Bagaimana ?jika penasaran bahan sederhana apa yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada mobil, berikut adalah penjelasanya :

1. Cara menghilangkan karat dengan garam, bubuk soda kue dan air jeruk

Pastinya hal ini terdengar aneh kok bisa jeruk dan garam digunakan untuk menghilangkan karat. Jika belum mengetahuinya pasti akan terdengar aneh, namun tidak ada salahnya anda bisa mencobahnya dan bahanyapun mudah didapa atau mungkin sudah ada didapur rumah kita.

Baca juga Cara Mudah Mengecat Mobil Sendiri dirumah Agar Mengkilap

Bagaimana ? jika tertarik untuk mencobanya, berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan garam,bubuk soda kue dan air jeruk untuk menghilangkan karat. Berikut adalah penjelasan dan tahapan cara menggunakanya.

Pertama, campurkan setengah sendok garam, setengah sendok makan soda kue dan perasan air jeruk secukupnya(akan lebih baik anda gunakan air jeruk lemon). Aduk hingga ketiga adonan tersebut menyatu. Kemudian oleskan pada bagian sasis maupun pada bagian bodi mobil yang berkarat. Anda bisa menggunakan kuas cat untuk mengoleskan adonan tersebut.

Diamkan beberpa saat, dan amati apakah terjadi pemudaran pada karat. Setelah dirasa karat sudah menghilang bersihkan dengan lap yang kering. Jika noda karat cukup luas anda bisa menyesuaikan membuat adonan dari garam,soda kue, dan air jeruk yang lebih banyak.

2. Cara menghilangkan pada besi dengan air cuka biasa

Tips ke dua cara menghilangkan pada sasis mobil adalah dengan menggunakan air cuka biasa yang dapat dengan mudah kita temui dirumah atau ditoko dekat rumah kita. Jika ada cuka putih akan lebih baik jika anda menggunakan air cuka putih, karena air cuka putih lebih cepat menghilangkan karat. Namun jika tidak ada cuka putih anda bisa menggunakan air cuka biasa.

Cara menggunakan air cuka pun cukuplah mudah yaitu dengan menyiaramkan air cuka pada karat dengan waktu kurang lebih 24 jam. Untuk lebih memaksimalkanya, gunakan spons berbahan dasar aluminium foil yang digunakan untuk mencucu piring untuk menggosoknya jika ada.

3. Cara menghilangkan karat pada besi dengan amplas

Selain digunakan untuk mengamplas dempul agar alus dan rata, amplas juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan karat yang menempel pada sasis mobil anda. Namun, amplas yang kita gunakan berbeda dengan amplas yang digunakan untuk menghaluskan dempul.

Amplas yang kita gunakan untuk menghilangkan karat adalah amplas yang lebih kasar ketimbang amplas untuk dempul. Kita bisa menggunakan amplas meteran nomor 80 atau juga bisa menggunakan amplas norton.

Cara menggunakan amplas ini pun cukuplah mudah yaitu dengan menggosok-gosokan amplas ke semua bidang yang berkarat. Proses ini akan membutuhkan sedikit tenaga, namun demi noda karat menghilang ngak masalah capek sedikitšŸ˜

Perlu anda ingat, saat proses pengamplasan jangan menggunakan air dan pastkan bidang yang kita amplas kering terbebas dari air. Karena jika masih noda karat justru akan menempel pada amplas.

4. Cara menghilangkan karat dengan menggunakan kentang dan sabun cuci piring 

Mungkin dibenak anda berfikir kentang kok dibuat menghilangkan karat, mana bisa ? ya selain enak dimakan kentang ternyata juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan karat pada bodi mobil dengan cara yang cukup mudah.

Potong kentang dalam berbagai ukuran kemudian blender atau tumbuk hingga halus. Kemudian campurkan kentang yang sudah halus dengan sabn pencuci piring. Aduk hingga kedua bahan tersebut tercamppur, kemudian oleskan pada noda karat tersebut. Biarkan hingga beberapa saat dan gosok menggunakan sponsberbahan alumunium foil atau dengan menggunakan sikat kawat. Kemudian cuci dengan sabun detergen atau sabun cuci piring setelah noda karat menghilang.

Untuk mempermudah proses menghilangkan karat, anda bisa membuka ban terlebih dahulu dan dongkrat body mobil agat tinggi sehingga kita bisa leluasa masuk dibagian kolong mobil.

Setalah sasis mobil bersih dari noda karat, alangkah baiknya agar karat tidak muncul kembali anda bisa menyemprotkan cairan flingkut atau mengecatnya dengan cat hammerton. Sehingga bagian sasis mobil akan awet dan terlindungi dari karat.

Anda juga bisa melakukan perawatan dengan cara menyemprotkan solar pada bagain yang rawan kropos seperti kolong-kolong mobil dan juga lantai bawah terutama pada mobil berjenis sedan. , Mengapa harus dengan solar ? karena solar bersifat lama menguap dan jika terken air, air tersebut tidak akan menempel pada besi.

Cara menghilang karat pada sasis mobil juga bisa nda aplikasikan untuk menghilangkan karat pada velg mobil maupun pada piringan cakram mobil. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel