3 Cara Untuk Menghilangkan Goresan Pada Mobil Warna Hitam


Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Warna Hitam - Mobil warna hitam meruapakan salah satu warna yang menjadi primadona saat ini. Tidak bisa dipungkiri mobil warna hitam memang terlihat elegan dan terkesan mewah ketimbang warna lainya. Mobil yang dipakai presiden kita saja warnanya hitam.


Namun selain beberapa kelebihan yang sudah kami jelaskan diatas tadi, mobil cat warna hitam memiliki kelemahan tersendiri ketimbang warna mobil putih aatau waran mobil lainya. Salah satu kosekuensi  yang harus ditanggung adalah harus selalu rajin membersihkan mobil. Mengapa demikian ?

Memang warna mobil hitam lebih terlihat mengkilap ketimbang mobil lainya namun, mobil warna hitam akan mudah kotor dan debu akan mudah mempel terutama saat mobil parkir dipinggir jalan. Selain itu, karena warnaya terlihat mengkilap jika ada noda lecet sekecilpun akan terlihat. Berbeda dengan warna mobil putih atau silver jika terdapat goresan akan terlihat samar.

Baca juga 5 Cara Ampuh Menghilangkan karat Pada Sasis Mobil

Sehingga agar mobil warna hitam selalu terlihat mengkilap dan elegan kita harus memberikan perawatan yang ekstra. Lalu jika ada bekas goresan pada bodi mobil bagaimana cara menghilangkanya ?

Sebenarnya kita bisa menghilangkan noda goresan tersebut tanpa harus membawanya ke bengkel cat. Jika bisa menghilangkan baret pada mobil kan lumayan bisa menghemat budget. Karena tak sedikit ih dari biasa menghilangkan gersan dibengkel mobil. Mungkin harganya bisa mencapai 300-500rb bahkan bila noda baretnya parah harganya bisa lebih dari itu. pada

Nah.. jika berkeingin untuk mencoba mengatasi baret pada bodi mobil sendiri dirumah, berikut ini kami memiliki beberpa tips ampuh cara menghilangkan goresan pada mobil hitam.
  • Gunakan kompon putih
Ya kompon merupakan cara pertama yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan goresan pada bodi mobil. Berikut adalah cara menghilangkan goresan pada mobil menggunakan kompon putih.

Untuk mempermudah proses pengerjaan, pertama bersihkan permukaan cat dari kotoran dan debu yang menempel. Oleskan kompon putih secara merata pada permukaan bodi mobil yang lecet. Kemudian gosok menggunakan kain yang bersih dan halus atau anda bisa menggunakan kain microfiber.

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil

Agar noda lecet cepat menghilang gosok dengan gerakan memutar dengan memberi sedikit tekanan. Bila diperlukan ulangi langkah diatas hingga beberapa kali jika noda lecet belum menghilang. Memang pada tahap ini akan terasa pegal ditangan, namun rasa capek kita nanti akan menghilang setelah melihat mobil kita kembali mulus.

Untuk hasil lebih maksimal oleskan obat pengkilap(kit,turtell) agar bodi mobil kembali mengkilap seperti semula. Selain mengkilapkan obat pengkilap juga berfungsi untuk menghilangkan kebas kompon yang menempel pada permukaan cat.

Anda bisa membeli kompon dengan harga 45rb untuk ukuran 1kg, jika hanya membutuhkan kompon sedikit anda bisa membeli kompon yang ukuran kecil dengan harga 7rb untuk ukuran 1ons.
  •  Gunakan pasta gigi 
Yaa.. pasta gigi saat ini banyak digunakan para otomania untuk menghilangkan beberapa luka lecet pada mobil mereka. Cara ini bisa dikatakan sangatlah praktis karena dikamar mandi pasti sudah ada pasta gigi. Nah jika anda juga berminat, berikut adalah cara menghilangkan baret pada mobil dengan pasta gigi 

Bersihkan permukaan cat yang baret hingga tidak ada debu yang menempel. Kemudian oleskan pasta gigi secukupnya dan gosok menggunakan kain yang halus hingga noda lecet menghilang. Sama halnya dengan kompon, pasta gigi juga berfungsi sebagai obat poles alami.

Perlu anda ketahui, Pasta gigi yang kita gunakan adalah pasta gigi yang berwarna putih dan tidak berbentuk jely. Jika kita menggunakan pasta gigi berbentuk jely maka akan percuma.

  • Gunakan obat nyamuk(autan)
Mungkin ini terdengar aneh ditelingga kita, kok bisa obat nyamuk bisa menghilangkan lecet pada mobil. Namun selain fungsinya sebagai pengusir nyamuk, obat nyamuk juga bisa kita aplikasikan untuk menghilangkan lecet pada mobil anda. Bahkan cara ini diklaim sangatlah irit karena cukup 2rb bekas lecet menghilang.


Sama halnya dengan kompon, fungsi obat nyamuk disini adalah untuk mempoles noda baret yang menempel pada permukaan cat. Perlu anda ingat, disini obat nyamuk yang kita gunakan adalah jenis obat nyamuk oles jangan gunakan obat nyamuk bakar. Berikut adalah cara menghilangkan baret dengan autan.

Pertama, bersihkan permukaan cat dari partikel debu dan kotoran yang menempel terutama pada bagian yang terdapat bekas lecet. Oleskan autan secara merata pada permukaan cat dan gosok dengan menggunakan kain yang halus dengan gerakan memutar dan beri sedikit tekanan. Sama hal nya dengan yang diatas ulangi beberapa kali tahap ini hingga baret benar-benar menghilang.

Tahap terakhir adalah dengan mengoleskan obat pengkilap agar cat kembali mengkilap seperti semula. Selain bisa kita gunakan untuk menghilangkan baret, autan juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil.
  • Proses pengamplasan
Proses pengamplasan ini kita lakukan jika noda lecet cukup dalam atau noda lecet sulit dihilangkan dengan kedua cara diatas. Apa malah ngerusak permukaan cat jika diamplas ? tidak, karena amplas yang kita gunakan adalah amplas paling halus. Untuk tahap ini gunakan amplas air nomor 2000 atau anda juga bisa menggunakan amplas bekas nomor 2000. Berikut adalah cara menghilangkan baret dengan proses pengamplasan.

Pertama basahi permukaan cat dengan air yang bersih begitu juga amplas yang digunakan. Hal ini bertujuan agar menghindari gesekan amplas dengan cat sehingga akan mempermudah proses pengamplasan.

Lakukan proses pengamplasan hingga noda baret menghilang. Pengamplasan ini bertujuan untuk mengikis permukaan clear coat yang lecet sehingga permukaan cat akan terlihat rata kembali.

Karena pengamplasan bersifat megikis permukaan cat, maka hati-hati saat melalukan tips ini dan segera lah hentikan pengamplasn jika bekas lecet menghilang. Akan lebih aman jika anda mengguanakn amplas 2000 bekas yang tidak terlalu tajam. Namun jika sudah mahir anda bisa langgsung menggunakan amplas 2000 yang masih baru.

Setalah melakukan tahap pengamplasan maka permukaan cat akan berubah menjadi doff/tidak mengkilap. Nah..untuk mengkilapkan kembali gunakan kompon untuk memolesnya hingga permukaan cat kembali mengkilap dan noda lecet pun menghilang. Agar hasilnya lebih maksimal anda bisa mengoleskan obat pengkilap.

Tips-tips diatas hanya bisa kiita aplikasikan pada goresan yang ringan dan goresan sedang. Jika bekas lecet sangat dalam bahkan sampai terken cat dasar maka akan percuma. Goresan yang sangat dalam bisa anda hilangkan namun dengan proses pendempulan dan pengecatan.

Cara menghilangkan goresan pada mobil warna hitam juga bisa anda aplikaksikan pada warna mobil lainya. Selamat mencoba...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel